CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f87e244af7e9315ea2a12eb/thread-pengumpulan-postingan-lomba-silakan-submit-postingan-lombamu-di-sini

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini

bit.ly/cochp2020
(Info Event silakan ke sini)


[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini


[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini


Sesuai dengan Judul ya...:

- NO Chit-chat
- NO Reserved
- No Quote
- No Reply Post
- Nanya-nanya or else silakan ke https://kask.us/iHnQ7 atau copas di browser "bit.ly/cochp2020"
- Yang membandel akan delete post. Jika perlu akan diban selama perlombaan.


[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini


[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bomcha dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 999999999
Halaman 1 dari 2
[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini
[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini
ane sekarang pakai dua-duanya, iPhone 6S plus 64GB ios 14 dan huawei nova 5t emui 10 android 10. dua-duanya gak di jail break dan root

perjalanan awal ane pakai samsung galaxy S3 beli pas baru keluar, semuanya baik-baik aja pas mulai nyentuh 3 tahun mulai lag parah lalu 4-5 tahun dead kena emmc sekitar tahun 2016 pertengahan - akhir.

berhubung budget gak ada cuma ada 600 ribuan, di counter cuma ada iphone 4S 16GB, ane beli hpnya buat gantiin S3 eh gak taunya jackpot dapat 64 GB dan benaran 64 GB cuma pernah ganti baterai, masih mulus.

secara mengejutkan, iphone 4S ini malah lebih nyaman dari samsung galaxy S3 dulu lebih stabil, gak ngelag dibandingkan S3 sejak itu belok ke iosemoticon-Ngakak (S) iPhone 4Snya masih hidup normal sampai sekarang, ane simpan mau tukar tambah 6S/SE gak laku dijual, cuma laku 50 ribuemoticon-Ngakak (S)

2018 akhir beli android lagi asus zenfone max pro m1 sementara iphone 4S cuma buat WA dan musik nah, asus zenfone max pro m1 ini awalnya juga baik-baik aja, 2019 akhir mulai bermasalah yang paling parah, baterainya bocor mulai agak ngelag dikit

2019 pertengahan ambil iphone 6S plus second 64GB (awalnya incer 6S dan SE karena suka yang kecil, malah dapat 6S plusemoticon-Ngakak (S) untungnya dapat warna yang ane incar, gold) iphone buat wa, game, musik

pertengahan 2020 akhirnya give up dengan asus zenfone max pro m1 ganti huawei nova 5t sampai sekarang, iPhone 6S plus juga masih ane pakai. game beberapa pindah ke Nova 5t.

iphonenya ganti tahun depan atau 2022 nunggu iphone SE 2020 atau iphone 12 mini second emoticon-Ngakak (S)

kelemahan ios : masuk lagu lebih ribet, gak bisa transfer lagu via Bluetooth, install aplikasi pihak ketiga susah, harus jailbreak sementara android bisa tanpa root, gak bisa beli aplikasi dan item via pulsa

kelebihan ios:lebih stabil dibanding Android pengalaman saya Android buat gaming 3 tahun nyerah, daily use 5 tahun sementara ios 5 tahun gaming nyerah, 7 tahun daily use (samsung S3, Sony xperia ZR, Z3+, Acro S vs iPhone 6S plus dan 4S)

update os lebih lama dari Android biasanya sekitar 4-5 tahun, bisa beli lagu ori di iTunes seharga 7ribu/lagu, harga game dan item game di ios entah kenapa lebih murah dari Android emoticon-Ngakak (S)

kelebihan android: gampang dioprek, pilihan hp banyak dan harga beragam, ada NFC dan NFC bisa dipakai buat top up dan cek saldo emoney, flazz dkk, bisa transfer data via Bluetooth, lupa bawa charger bisa pinjam emoticon-Ngakak (S), nyari acc pihak ketiga kayak kabel, charger di counter offline lebih gampang kalau kepepet, beberapa hp android ada otg, bisa transfer data via FD bahkan HDD external, bisa beli aplikasi pakai pulsa.

kelemahan Android : update os gak panjang apalagi kalau bukan flagship max 2 tahun dan 3 tahun security update, lebih stabil ios (tergantung custom android os yang dipakai dari vendor juga), aplikasi di play store ada yang scam, gak jelas dkk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mr.kevin95
Kalau berbicara tentang pengalaman memakai sebuah gawai atau lebih tepatnya memakai sebuah Operaring System mungkin berbeda-beda untuk setiap orang.

Ada yang lebih menyukai brand tertentu, ada juga yang lebib menyukai OS tertentu. Oke kali ini kita akan bahas tentang pengalaman saya memakai OS ios dan android karena 2 OS ini paling populer di dunia, padahal kangen sama OS Sybian.

Ane salah satu orang yang kurang tertarik dengan product product yang dikeluarkan oleh Apple (kalau gratis ya enggak nolak), dulu pernah punya ipad 2 yang wifi only untuk kebutuhan ngampus, dari segi OSnya sih cukup oke sangat stabil, buat game2 berat juga oke padahal ram masih 512. Buat project project desain juga bagus di ipad karena layar besar juga banyak aplikasi yang mendukung di Ios.
Kesulitan ios dulu itu adalah mobilitas data, karena sulit untuk mengisi lagu, berbagi dokumen, berbagi file. Ada Bluethoot tidak bisa di sharing ke Device lain, dan sharing ke komputer cukup sulit.
Kelebihan dari Ios sendiri itu masa upgrade iosnya panjang bahkan kalau engga salah saya masih dapet upgrade ke ios 10, systemnya sulit dioprek sehingga keamanan data lebih terjaga.

Itu sedikit pengalaman pakai Ios, karena ane memang hanya punya 1 device.

Untuk andorid sendiri cukup banyak pengalamannya ya tapi enggak pernah yang aneh aneh kaya di Root.

Buat Android pertama ane itu Redmi note 5 yang baru 1 tahun sudah almarhum di vonis kena mmc nya dan mayatnya masih di konter dari Januari katanya terlalu sering di colok ke speaker aktif. Skip, sedih cuk emoticon-Frown foto dan video semasa kerja ada disitu semua dan itu hp pertama yg ane beli pake hasil keringet sendiri.

Pengalaman yang ane dapat dari Andorid, lebih mudah untuk instal sesuatu yang ane butuhkan karena sangat banyak pilihan aplikasi di store. Dan lagi dulu kerjaan itu mobile banget jadi HP sering colok sana colok sini biar bisa transfer data cepat. Ya yang ane butuhin memang sharing file dengan cepat tanpa banyak halangan, bisa pakai apk pihak ke 3 bahkan ga perlu lagi download source dalam game yang banyak macam pubg yang sampai 3gb.

Udah sih itu aja, jeleknya andorid itu kadang berat banget di RAM jadi kalau sekarang RAM cuma 2gb rasa rasanya kurang ya, dan masih banyak malwere yang siap mengancam HP.

Ya gitu deh, ini lagi cobain android 10, agak berat di vivoz1pro, mungkin masih ada beberapa bug yang harus di perbaiki oleh pihak vivo, seperti google assisten yang keluar dewek kalau tekan lama di VN Whatsapp.

Overall untuk untuk sekarang udah enggak banyak neko neko masalah HP, kebutuhan utama hanya WA, Kaskus, Twitter + Youtube. Kebutuhan kerja ya apalah, belum kerja lagi ane tuh jadi ya ga muluk2. Palingan Sosmed aja sedikit kenceng buat spam produk.

Buat gambar ane ga pakai ya, soalnya engga punya dokumen pribadi.

Ane datang kemari untuk badge tapi kalau menang lomba bolehlah merchandise nya baju dari kaskus cukup adem bahannya.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan NecroTorture memberi reputasi
Pengalaman pertama pake android mulai dari HTC Sensation. Waktu itu demen banget oprek2, unlock bootloader, install custom ROM, dll. semua yang bisa dioprek dicobain. waktu itu nyoba iphone 3gs punya temen, dan merasa kurang cocok soalnya lebih ribet (gak ada file explorer, mau copy data aja harus install itunes). tapi emang ane akui iphone lebih smooth waktu itu.

abis itu gonta ganti android dan sempet cocok sama Nexus (4 dan 5). Vanilla Android berasa enteng dan jauh lebih smooth daripada custom UI kaya HTC Sense dan Samsung Touchwiz. waktu itu 100% fanatik android dan anti iphone. di android bahkan sempet anti Samsung karena gak suka sama UI Touchwiz nya.

setelah itu mulai pake 2 HP, dan akhirnya pengen nyobain sendiri pake iphone (biar ada first hand experience). jadi sempet pake iphone 5s. di iphone tetep pake google sebagai layanan utama. google keep, drive, gmail semua dipake di iphone. kendala utama cuma di whatsapp yang gak bisa dibackup ke drive dan harus dibackup ke icloud. pake iphone 5s sekitar 6 bulan dan akhirnya 2 HP jadi android semua.

pas Galaxy S7 ane mulai nyoba pake Samsung dan merasa kalo UInya udah improve banget dibanding yang sebelum2nya. abis S7 trus larinya ke LG. sempet pake LG G3, G4, sampe G6. suka dengan UI LG terutama dengan knock on yang dulu blom ada di Samsung. tapi LG terlalu banyak masalah (G3 retak, G4 bootloop, G6 sim tray patah). akhirnya G6 jadi LG terakhir. setelah itu balik ke Samsung dan sampe sekarang blom pindah merek untuk HP utama. mulai S9, S10e, sekarang S20 FE.

HP kedua jadi ajang coba2 berbagai merek. mulai Xiaomi (Mi5, Redmi Note 7), HTC (E8), Motorola (lupa tipenya), Oneplus (3T, 6), Huawei (P30 lite), Nokia (6.1 plus) dan pernah sekali lagi nyobain iphone (6 plus). lagi2 pake iphone gak lama karena lebih terbiasa android.

sebetulnya kalo dari sisi software, ane mengakui iphone lebih unggul dalam hal optimisasi. Android itu secara sistem gak bisa smooth dan efisien kaya iphone, makanya dicounter dengan hardware yang "berlebihan" kaya RAM 8GB (udah kaya RAM laptop). untuk umur juga iphone lebih menang, karena sampe iphone 6 aja masih dapet ios 13. optimisasi game dan apps baru juga menang iphone karena iphone gak banyak macem. meskipun ane ga maen game di HP, tapi cukup tau jelas bahwa android paling powerful pun (bahkan yang dilabeli gaming phone) akan kalah soal gaming lawan iphone.

ane sekarang pake android terus karena udah terbiasa aja. udah nyaman banget pake 3 button navigation di bawah (bahkan fitur navigation yang swipe di android juga ga pernah pake), plus udah ga bisa lari dari google integration di HP. untuk pilihan HP flagship di Indonesia jelas gak banyak, makanya sekarang stuck sama Samsung terus. sebetulnya ane paling suka sama Oneplus, tapi sayang udah gak beredar resmi di sini. sekarang males ribet jadi maunya pake HP yang resmi aja.

sebenernya sekarang masih penasaran sih coba iphone lagi, karena udah lama ga coba (terakhir 6s). tapi harga iphone sekarang udah gak layak lagi untuk dibuat sekedar coba2 dan jadi HP ke 2 emoticon-Big Grin trus masih males juga nyediain kabel lightningnya, karena ane tipe yang sedia kabel di mana2 (meja kerja, kamar, kantor, mobil, rumah ortu, pouch travelling, pouch powerbank). males kan kalo harus beli kabel tipe baru sebanyak itu.

kesimpulan ane, android dan iphone punya kelebihan dan kekurangan masing2, gak bisa dibilang satu lebih unggul mutlak dari yang lain. tinggal menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan aja dalam memilih HP. yang penting kita jangan fanatik sampe ngata2in pengguna lain.
profile-picture
NecroTorture memberi reputasi
Diubah oleh forzanetti
Wah akhirnya ada juga perlombaan Android dengan IOS, ane ikut bercerita ya, yuk ambil cemilan sambil baca baca, btw ane ambil dari sudut pandang komunitasnya yaa emoticon-Big Grin



1. DULU

Ane mulai masuk dunia Android saat peluncuran awal Samsung Galaxy SII, seinget ane saat itu hape Android satu satunya yang menggunakan layar baru AMOLED dengan keunggulan pada warna hitam yang benar benar hitam dan ukuran layarnya yang besar serta spesifikasi yang tinggi pada masanya. Pada tahun yang sama ada iPhone 4 dengan kemewahannya terbuat dari KACA dan aplikasinya yang unyu-unyu, bisa membuat iPhone jadi seruling-piano kecil dan gamenya banyak. Tapi yang seru pada tahun tahun ini adalah KOMUNITASNYA!! Beneran gan! Pengguna Hp sampai terbagi jadi 2 grup! Sampai bertebaran meme lucu Android-Iphone! Dan fenomena ini gak cuma di lokal kita loh, seisi DUNIA terbagi jadi 2 blok! (3 blok deh, masih ada fansboy dari merek N cuma ga bergaung saja)

Para pengguna Android kesal melihat orang orang yang membeli iPhone karena Androiders melihat iPhone dari segi hardware dan flexibilitas transfer data. Jelas saat itu dari segi hardware iPhone kalah dari Hp Android flagship. Layar masih standar, ukuran kecil, transfer data susah kalau gak pakai Mac dan di banderol mahal beut! Dan yang lebih parah adalah beli saat perdananya ngantrii!!

Para pengguna iPhone juga kesal melihat orang orang membeli Hp Android karena iPhoners melihat Android dari segi pembajakan inovasi yang mencontek iPhone dari segala sisi dan keamanan yang diragukan! Memang harus diakui kalau bentuk gadget dan tampilan antar muka kedua perangkat ini MIRIP! Hal tersebut membuat iPhoners merasa kesal dan tak akan sudi mendukung segala tindakan pencurian hak cipta dan menjunjung tinggi orisinalitas serta kemanan gadget dari malware dll (iPhone yang booming pertama dengan layar sentuhnya)
Agan tau aplikasi Instagram? Saat itu aplikasi ini eksklusif hanya ada pada Apple store, iPhone terasa aura eksklusifnya dan pengguna android merasa dianak tirikan namun semua berubah ketika Instagram memutuskan untuk melepas aplikasinya ke Playstore. Langkah Instagram ini membuat marah para iPhoners sampai masuk berita!

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini
Sumber: http://www.jagatreview.com/2012/04/p...am-di-android/

Dilevel bawah para komunitas ini menuangkan ekspresinya lewat meme dan video parodi, di level atas para pejabat penting Apple dan Samsung Android bertarung di pengadilan AS tentang hak cipta!



2. Kini

Persaingan antara Android dan iOS sudah tidak terasa sekali seperti dulu, sengketa antara Apple dan Samsung di AS sudah selesai, masing masing mengembangkan ekosistemnya dan memunculkan fitur fitur baru yang sebenarnya sudah ada di gadget lain. Bagaimana dengan komunitasnya? Saat ini mereka sudah dewasa, ya karena mereka udah puas saling sindir satu sama lain dan juga sudah menyadari bahwa gadget manapun tidaklah sempurna. Punya gadget baru keren tercanggih saat ini? Itu cuma bertahan 1 tahun broo, tahun depan sudah muncul gadget yang lebih wah, lebih keren dan lebih canggih terlepas itu Android atau iPhone. Banyak pengguna iPhone yang pindah ke flagship Android atau sebaliknya pindah ke Apple. Sekarang mereka melihat kebutuhan sebelum beli gadget. Alasan bertahan pada satu brand karena ekosistemnya atau sudah terlalu banyak beli aplikasi / musik di brand tertentu.


3. Nanti

Tidak ada yang abadi, begitu juga dengan Android dan iPhone. Perusahaan besar selevel Samsung menyadari hal itu, dan mereka pernah berusaha untuk tidak bergantung pada android dan membuat OS sendiri yang namanya Tizen OS namun sayang gagal dipasaran (menurut ane kematian OS ini tidak lepas dari g***** yang ikut berperan mematikan OS ini dan berusaha menancapkan kukunya dalam dalam ke tubuh Samsung agar tidak bisa lepas dari cengkramannya), berikutnya akan datang Harmony OS dari Huawei akibat perang dagang AS dan China. Huawei juga sedang berusaha mendekati Oppo, Xiaomi dkk agar berminat memakai Harmony OS buatan Huawei, menurut ane perusahan perusahaan tersebut akan mendukung Huawei karena nasionalsime dan juga, mereka mengetahui kalau suatu saat nanti mereka bisa diperlakukan sama seperti Huawei oleh Pemerintah AS. Semua hanya spekulasi bisa saja pasar beralih ke Harmony OS atau sebaliknya gagal atau bisa juga Trump tidak terpilih lagi dan pelarangan Huawei di cabut dan kembali ke android. Apapun itu kita sebagai pengguna akan semakin diuntungkan dan menuju era seperti di film 'Ready Player One'

Oh ya tulisan ini jangan dianggap serius yaaa, kalau merasa keberatan yah anggap aja tulisan ini receh dan tak pernah ada, kalaupun menang ane gak mau ambil hadiah fisiknya (kalau ada),
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan sushiramen memberi reputasi
pengalaman aku ...
dulu smartphone pertama aku android samsung series y 2011.
terus aku nabung ganti android lagi samsung series j 2016.
sampai sekarang aku masih android samsung series j 2016.
udah 5 tahun an lebih gak ganti smartphone sampai sekarang.
rencana sih kalo ada uang mau beli android samsung s20 fe.
sempat ada pikiran dulu mau beli iphone se.
tapi ...
mendingan android aja lah ...
karena spesifikasi android lebih ... dari pada ios.
ibaratkan windows sama mac.
karena aku terkadang suka main game.
jadi butuh perangkat yang powerful dengan harga terjangkau.
jadi aku lebih pilih android sih.
karena kan aku lebih melihat spesifikasi.
tapi gak menutup kemungkinan kalo nanti aku beli ios atau mac.
profile-picture
NecroTorture memberi reputasi
Diubah oleh Rickin

Pengalaman Pribadi

Menurut ane semua hal memiliki plus dan minus masing-masing, begitupun dengan kedua os smartphone ini (iphone dan android).

Saat ini ane menggunakan kedua os smartphone tersebut (iphone xs max & android samsung note 8), nah dari kedua nya memiliki keunggulan masing-masing dan kenyamanan bagi para penggunanya. "Kita ambil contoh, jika kamu penyuka dengan os android dan sudah nyaman sampai mendarah daging, pasti ketika ditawari keunggulan iphone, kamu akan sedikit menolak dan mngkin tidak tergiur" Begitupun sebaliknya.

Menurut pengalaman pribadi

Jika ditanya pilih android atau iphone?

Ane akan menjawab 60% pilih iphone dan 40% pilih android. Kenapa demikian?

Ane lebih cenderung memilih iphone karena, dari keamanan, kenyamanan, graphic dan resolusi lebih unggul iphone dibanding dengan android (perlu digarisi bawahi ini menurut ane pribadi yah, bukan pendapat secara umum). Dari segi penggunakan sosial media serta beberapa aplikasi chat, ane sangat nyaman menggunakan iphone.

Jika ada pertanyaan kembali, jika unggul iphone? mengapa masih menggunakan android

Seperti yang sudah ane sebutkan diatas, keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang berbeda. Di android menurut ane kaya akan aplikasi karena banyak aplikasi pihak ketiga yang begitu mudah di instal meski keamanan aplikasi tersebut belum aman 100%.

Selain kaya akan fitur, diandroid lebih mudah dalam mengoperasikan editing video jika ingin menyertakan music dalam video tersebut. Musik bisa dipilih sesuai keinginan kita di daftar musik, yang bisa kita download secara gratis. Sedangkan di iphone untuk aplikasi musik itu berbayar, walaupun kamu memiliki aplikasi musik seperti spotify atau yang lainnya, musik tersebut tidak dapat dimasukan kedalam editing video tersebut.

terus untuk download video android jauh lebih mudah, seperti saat kamu mendownload video menggunakan instaview.me atau saveform,net. Nah di iphone saat download video dengan menggunkan aplikasi tersebut, bagi saya terasa sulit dan belum pernah berhasil.

Kesimpulan menurut ane pribadi:

Iphone: Lebih efisien, canggih, high, graphic ok untuk main game, resolusi menjamin saat menonton. Hasil jepretan kameranya smooth
Android: Mudah mencari aplikasi dan menambahkannya walau aplikasi dari pihak ketiga, sebagian besar sudah mendukung NFC, aplikasi Bixby yang cukup keren dan membantu beberapa kepeluan seperti barcode label, translate via kamera.dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeuskraetos dan 2 lainnya memberi reputasi
Perbandingan Android dan iOS

Android
Sebenarnya ane adalah pengguna android semenjak 10 tahun belakangan ini, pertama kali benar-benar pemakai android adalah Andromax A keluaran Smartfren, memang dari hypenya sendiri ane juga punya kotaknya fitur-fitur terlebih selagi terdapat dual sim 4G LTE + GSM dengan Dual Camera 5 megapixel dan RAMnya 1 GB + memori 8 GB. Fitur ini juga ada kekurangannya yakni yang mana kapasitas yang tersedia akan berkurang karena berbagi dengan sistem. Namun setelahnya, semenjak smartphoneku tidak bisa berjalan -_- beralih lagi ke Andromax E2 berwarna putih karena kebutuhan sekolah saat itu. Memang dari tampilan tersendiri selagi berwarna putih fitur ini memiliki dual sim sama halnya dengan andromax ku yang sebelumnya. Kadang, sering dibawa di saku celana sekolahku jadi kayak gampang gitu bisa dibawa kemana-mana, enaknya bisa ngumpet nonton yt sambil tiduran dikelas gegara numpang wi-fi guru *maaf nostalgia hehe..,
lanjut setelah ane lulus sekolah menengah atas dan lanjut kuliah, ane dibeliin hp Mi Max 2 keluaran Xiaomi. dengan fitur yang ada yakni hanya dukung satu kartu sim dengan RAM nya 4 GB ane merasa lebih puas dibandingkan sebelumnya sampai saat ini, jadinya hp Andromax E2 sudah tidak ane pakai lagi dikarenakan Mi Max 2 menawarkan fitur-fitur yang memudahkan bagi pengguna dalam aktivitas pekerjaan seperti akademis maupun lainnya.

Lanjut lagi...

Iphone

Sebenarnya menurut ane yang bukan pengguna ini, Iphone dengan iOS memiliki fitur yang cukup terutama dalam menu interfacenya yang khas, ditambah dengan desainnya menuruttku elegan dan sederhana dibandingkan dengan android hanya mengandalkan menu interface yang abstrak dan terlalu banyak fitur-fitur tambahan pada slide lainnya. Disamping itu, iOS juga belum mendukung port berbeda os yakni Android untuk mendapati seperti Google Maps, kita hanya bisa menggunakan maps bawaan iOS ini. Namun, iOS ini menawarkan kejutan bagi pengguna seperti player music dan sistem keamanan yang terjaga.

Sekian dari ulasan singkat dari ane, semoga bermanfaat...
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Diubah oleh goal481

CoC IOS Vs Android

Mohon izin berpartisipasi menyampaikan pandangan dari pengalaman penggunaan Ponsel berbasis OS Ios dan Android

IOS :
  1. secara performance lancar dengan start awal cukup cepat
  2. kecepatan pada saat membuka beberapa fitur/aplikasi masih optimal
  3. keamanan dalam berselancar di dunia maya juga baik dari sisi proteksi
  4. lumayan jarang minta update dan kalaupun proses update system relatif cepat, ditambah jarangnya aplikasi-aplikasi meminta update kecuali aplikasi pihak ketiga/bawaan dari store
  5. aplikasi pendukung via store juga mulai banyak yang merambah dan bergabung

Android :
  1. secara performance cukup lancar dan start awal menyalakan HP masih batas toleransi
  2. kecepatan saat mengakses beberapa fitur/aplikasi secara bersamaan membutuhkan waktu terutama yang memakan RAM
  3. sistem yang terintegrasi dengan google dalam berselancar sehingga beberapa akses cukup memudahkan
  4. proses update mungkin bisa cukup sering dan cukup memakan waktu sampai restart, dan update aplikasi-aplikasi via playstore cukup sering
  5. mudahnya mendapat aplikasi pendukung di playstore namun perlu filter yang jeli dari pengguna mana yang riskan dari sisi keamanan data atau jebakan advertising

Secara keseluruhan dari performance dan keamanan berselancar, IOS sedikit lebih baik securitynya (jarang ada jebakan web "selamat anda terpilih menjad pemenang bla bla"), sedangkan Android kemudahan untuk mengakses berbagai situs sangat membantu terutama yang terintegrasi dengan google

Mungkin ketersediaan aplikasi di playstore Android terutama aplikasi-aplikasi pendukung transportasi atau sistem kepegawaian internal masih banyak yang berbasis Android (misal Tije-Ku, Maps, dll) namun disisi lain menjamurnya aplikasi belum diikuti filter keamanan, sedangkan IOS bermaksud mengedepankan eksklusivitas dengan aplikasi-aplikasi terpilih di store mereka namun untuk beberapa negara belum teriset dengan baik jenis aplikasi yang sebenarnya banyak diminta pasar pengguna negara tersebut

Sedangkan untuk kamera, RAM, dll, tergantung dari Spek bawaan jenis dan tipe HP masing-masing, kadang RAM 8 GB dan ROM 128 GB pun ketika dinyalakan malah terisi separuh dengan aplikasi bawaan yang susah didelete (bukan pengaruh dari OS nya kecuali untuk instal aplikasi tertentu yang terkadang harus OS tipe tertinggi yang dibutuhkan)

Spoiler for 4 OS yang pernah singgah:

Demikian ulasan singkat yang diharapkan tidak terlalu memihak karena sesungguhnya kelemahan atau kelebihan tergantung pada keperluan dari pengguna bahwasanya HP yang dibeli akan lebih banyak difungsikan untuk apa, dan ane sendiri sudah pernah merasakan 4 jenis OS dari Windows Phone, Blackberry OS, IOS, dan Android, dan sepanjang untuk office, email, dan Medsos, semua hampir merata kualitas dan performa yang diberikan.


Sekian dan mohon maaf atas kesalahan redaksional dan sebelum sesudahnya dihaturkan terima kasih
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan delia.adel memberi reputasi
Pertama bokul hape Android sekitar tahun 2011, waktu itu ane beli Samsung Galaxy Gio. Beberapa waktu berselang ganti Samsung Galaxy Wonder. Waktu itu internet masih mehong, 100.000 cuma dapet 1 GB provider Si Merah.

Nih penampakannye :

Galaxy Gio

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini

Galaxy Wonder

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini

Lalu dari tahun 2017 until now ane pake Asus Zenfone 3, belum ganti sampe sekarang karena hape jaman now ukurannya gede-gede.

Nih penampakan Zenfone 3

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini

Asiknya pake Android aplikasinya banyak gretongan terus harganya murah-meriah.

Kalo iphone yang ane pake ya iphone jadul, iphone 7. Ane suka karena dimensinya pas, kagak kegedean. Layar 4.7 inch itu cukup buat ane

Nih penampakannye

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini

Enaknya pake ini kamera bagus, dan berasa ekslusif pada masanya (awal launching). Sampe sekarang juga masih bisa diandalkan menurut ane, paling yang bikin agak ngeganggu ya baterenya aja yg cepet abis. Maklum dah kudu ganti rilisan baru wwkwkwkwk, tapi selama banyak colokan ya kagak masalah.

Ditengah Android dan Iphone ane pernah pake Windows Phone, yakni Lumia 730 dan Lumia 640 XL. Berdasarkan feel genggaman tangan sampai sekarang ane masih merasa Lumia 730 adalah yang terbaik. Namun sayangnya dukungan aplikasi terus berkurang, hal ini yang membuat ane berpaling dari Windows Phone.

Nih penampakan Lumia 730

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira

jadi gini om kuh kenapa ios lebih better dri android, guggle membeli android dari orng lalu di kembangkan, ios yg ngedev orng pengalaman bikin os, termasuk os pc, di tmbah arsitektur iphone di req sendiri mka dri itu ios lebh2 sangat halus. eh tapi dlu om emoticon-Ultah android sekrng yg pure yah jgn bandingin andoird itu samsung,xiaomi,opoo emoticon-Najis (S) paham kan kalian? karna android nya bukan pure udh di rubah nama skin rom emoticon-Najis (S) nah itu yg bikin andorid di bilang ngelag lemot lah situ nya aja make prosesor low-mid end lalu rom skin rom emoticon-Hammer (S)

terkadang membandingkan nya dgn spek berbeda gue ngga setuju bandingin ios vs android lebh kenceng mna dri prosesor nya kalah jauh bionic selalu win dri snapdragon apa lgi mediatek emoticon-Betty (S) dri situ aja bisa kelihtan menang nya sebelum lari ke rom masing2 jdi jgn bandingkan lgi sebelum spek nya sama emoticon-Embarrassment

buat ade2 yg di forum efbeh jago ngoprek pdhal cuma install custom doang minggir dlu emoticon-kisssing
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan delia.adel memberi reputasi
Halo gansis..., apa kabarnya nih? semoga semuanya masih dalam keadaan baik dan tetap bersemangat ya... emoticon-Smilie

Kalau kita bicara soal handphone, tentu semua akan kembali pada selera dari masing-masing dong ya, tapi bagi ane pribadi, sebuah handphone yang paling tepat untuk dimiliki adalah ponsel yang memiliki spesifikasi, fitur serta teknologi yang sesuai untuk mengakomodir kebutuhan kita sehari-hari.

[THREAD PENGUMPULAN POSTINGAN LOMBA] Silakan Submit Postingan Lombamu di Sini

Lalu bagaimana pengalaman ane menggunakan IOS Phone dan ANDROID ?
handphone atau ponsel apakah yang akhirnya jadi pilihan tepat buat ane? apakah yang harganya mahal keluaran dari merk-merk terkenal yang memiliki spesifikasi processor tertinggi serta ram yang besar? atau sebuah ponsel dengan layar besar ditambah kamera yang banyak beresolusi besar? hmmm...,

Pertama ane akan sedikit bercerita pengalaman ane ketika menggunakan android phone dan IOS phone,
dulu ane pernah menggunakan ponsel berbasis IOS yaitu Iphone 6s, memang harus diakui feel pertama kali menggunakan ponsel Iphone itu cukup luar biasa, kualitas bahan yang digunakan serta spesifikasi yang disematkan didalamnya benar-benar tidak ada komplain, semuanya sangat lancar dan smooth, intinya pengalaman ane menggunakan Iphone 6s dari sisi performa memang sangat memuaskan, hanya saja ada beberapa poin yang kemudian menjadi sebuah kekurangan dan akhirnya ane anggap Iphone 6s ini tidak mampu mengakomodir kebutuhan ane, salah satunya adalah pada sektor baterai yang terasa kurang awet dan keterbatasan software (dibandingkan pada os android).
hal inilah yang kemudian membuat ane dengan terpaksa melepas Iphone 6s tersebut dan kemudian kembali menggunakan ponsel android, ya dari pengalaman ane menggunakan Iphone 6s saat itu, ini sedikit menjelaskan kenapa banyak orang rela mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli Iphone, bukan karena untuk sekedar gaya tapi memang Iphone adalah ponsel yang sangat nyaman untuk digunakan, hanya saja karena memang daya tahan batere serta IOS nya yang kurang cocok untuk penggunaan harian ane jadi ane harus mencari ponsel lain yang lebih tepat...

Bagi ane, pilihan yang paling bijak adalah memiliki sebuah ponsel yang mampu memenuhi segala kebutuhan ane, dengan beberapa kriteria sbb :

1. Resolusi layar yang baik (sehingga tampilan lebih memanjakan mata dan tidak membuat cepat lelah)
2. Processor dan memori ram yang sedang saja, karena kebetulan ane bukan hobi bermain game di ponsel, jadi tidak perlu spesifikasi processor yang super tinggi atau kencang, yang penting mampu menjalankan segala aktifitas tanpa kesulitan atau mengalami lag.
3. Kualitas Kamera yang bagus, nah ini salah satu poin penting bagi ane untuk mencari ponsel atau handphone yang tepat sesuai kebutuhan, karena ponsel dengan kualitas kamera yang bagus tentu diperlukan untuk mengabadikan berbagai momen seru atau dalam kebutuhan travelling karena memang ane hobi banget berwisata dikala ada waktu senggang.
4. Batere yang kuat dan bisa dilepas, hal ini juga tak kalah penting bagi ane, karena penggunaan ane dengan handphone bisa dibilang hampir seharian penuh atau sekitar 8 jam lebih perhari, ini artinya ane sangat membutuhkan sebuah ponsel dengan keawetan batre yang baik, selain itu ponsel yang memiliki kemampuan bisa dilepas dan diganti-ganti juga tentunya akan sangat membantu dalam kondisi tertentu, dan ini juga membuat kita lebih mudah menggantinya tanpa harus datang ke service center jika baterai ponsel kita rusak atau ngedrop.


Nah dari semua kebutuhan ane itu, ternyata hanya di ponsel android lah ane mampu menemukannya,
Ya, intinya memiliki ponsel itu bukan untuk sekedar gaya-gayaan semata tapi harus disesuaikan juga dengan kebutuhan kita sehari-hari ,
jadi buat gansis yang masih bingung dan sering ganti-ganti ponsel, ada baiknya mulai menetapkan satu pilihan ponsel saja untuk pemakaian jangka lama yang dirasa benar-benar sesuai dengan kebutuhan gansis...

Ya sekian tulisan ane mengenai pilihan ponsel pribadi ane, semoga berkenan dan menjadi pencerahan untuk kita semua...
emoticon-Kiss


Tulisan dan pengalaman pribadi : Fellgrey kaskus emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kaskus.TV. dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fellgrey
Perbedaan Android dan iPhone

Menurut aku sih ada beberapa hal yang membuat android begitu berbeda dengan iPhone. Namun pada dasarnya jika keunggulan yang dimiliki iPhone bisa di transfer ke android, maka sebuah ponsel akan lebih sempurna lagi bukan? Hehehehe pikiran gaje sepintas lewat begitu saja.

But, jika aku ditanya mana yang aku pilih, aku pasti lebih memilih ke android. Kenapa begitu? Ya karena kebanyakan apa yang aye butuhin adenye di android ketimbang iPhone yang agak sedikit ribet sih. Begitulah kira-kira dari pemikiran aku nyang sempit banget ini.

Emangnya apa sih yang dibutuhin oleh seorang aye? Gak banyak tapi sering kepake dah.

Ok akan aye kasihtauin dah ya...capcus aja dah hehehehe

Yang aye butuh di Android adalah sebagai berikut ini:

*Yang pertama adalah kemudahan dalam mengatur tampilan(widget) agar lebih menarik, android entuh memiliki pilihan tema yang bermacam-macam, sehingga aye entuh kaga bosen kalo lihat ponsel aye...hehehehe

Ya kaga bakalan bosan pokoknya dah, saban hari, jam, menit dan detik, selalu melihat tampilan yang ditampilkan oleh home screen entuh berbeda-beda. Sedangkan kalo di iPhone aye kaga akan pernah bisa nemuin banyak tema wallpaper. emoticon-Malu (S)

**Aplikasi berbayar lebih banyak di iPhone ketimbang Android.

Nah dalam hal enih aye paling setuju di android. Kenapa? Karena di iPhone entuh kebanyakan iklan, kadang juga aplikasi yang ditawarkan di iPhone entuh semuanya serba berbayar, padahal jika melihat di android bisa di gratisin loh. Hehehehe ...sebab nyang gratis pan lebih nikmat. Buat aye sih...

***Aplikasi bawaan android lebih bagus ketimbang iPhone.

Aplikasi bawaan iPhone entuh kinerjanya tidak sebagus android. Di iPhone entuh begitu sangat ketergantungan dengan si google aje, ketimbang penawaran aplikasi yang jauh lebih mempermudah pekerjaan.

**** iPhone entuh sulit untuk mentransfer file ke komputer windows

Pada android entuh cukup menghubungkan kabel USB, ke port USB pada komputer. Sedangkan kalo di iPhone, harus mengunduh terlebih dahulu. Ribet pan?

Segitu aja dah hehehe.

Kaga bakalan menang jugaan sih! Hehehehe
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
ANDROID
Saya ingat pertama kali punya android yaitu samsung galaxy mini 2 tahun 2012, yang sebelumnya menggantikan symbian Nokia C3.

First impression waktu pakai android, ternyata punya segudang aplikasi tool ataupun games dari playstore yang membuat saya jatuh hati sama OS ini, di masa itu temen ane masih banyak banget yang pakai BB karna pada ngikutin trend pada saat itu, Blackberry messenger jadi andalan pada waktu itu...

Saat itu pernah ngomong ke temen (aplikasi chat Blackberry messenger bakalan ada diandroid suatu saat nanti) dan ternyata kejadian di tahun 2013 ada aplikasi BBM di android dan akhirnya banyak orang yang ganti smartphone mereka dengan android, sampai akhirnya Blackbery gulung tikar.

Sampai saat ini ane udah ganti android dari Xperia M lalu ke Xperia M4 Aqua dan sekarang pakai OnePlus 5T. Masih nyaman banget pakai android sampai saat ini dari segi fitur dan aplikasi yang ngga ada matinya.

IPHONE
Untuk iphone saya ngga pernah punya, tapi pernah lah sekali-sekali pinjam punya teman emoticon-Hammer2 yang bikin ane kagum sama ini smartphone yang satu ini adalah sistem operasinya yang enteng banget dan UI yang adem dipandang emoticon-Mewek pengen nyoba beli satu takut ketagihan pakai iphone emoticon-Ngakak

Saya pribadi udah nyaman banget pakai android emoticon-Peluk
profile-picture
Richy211 memberi reputasi

Ijin posting pengalaman juga yee

Quote:


Quote:
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Diubah oleh Rogue.EXE
delete
Diubah oleh hadinternisti
Kalo disuruh memilih saya lebih memilih Android karena memudahkan kinerja dalam segala situasi dan terjangkau. Berikut Kelebihan dari berbagai sisi antara Iphone dan android.

Quote:



Quote:


IOS ane dulu udah dijual semua
Spoiler for Jualan:




Kalo dilihat IOS keuntungannya lebih banyak dari andorid. Tetapi 3 faktor keunggulan android di atas adalah hal yang sesuai dengan kebutuhan sekarang saat ini memudahkan dalam mengisi emoney NFC, transfer data dan murah. Mungkin kalo IPhone/IOS sudah dibuka regulasi NFCnya saya bisa beralih, soalnya saya dulu punya banyak perangkat IOS.. Sekian Wasalam..

profile-picture
NecroTorture memberi reputasi
Diubah oleh h_azzuri
Ane ga pernah pake IOS jadi ane cuma bisa ceritakan pengalaman ane pake Android aja.
Cerita ane ambil dari awal-awal kenal HP Android sampai sekarang, Cekidot:

Dimulai dari tahun 2013 ketika itu ade ane beli HP baru dengan OS Android (Samsung Galaxy Young) sedangkan ane pas waktu itu masih memakai HP Nokia Symbian (Nokia C6).
Waktu itu ane inget masih jamannya HP BlackBerry, sedangkan popularitas Android sedang merangkak naik. HP dengan teknologi capasitive touchscreen juga belum begitu familiar seperti sekarang . Ane pinjem dah tuh HP punya ade, ane otak atik, UI-nya bener-bener beda sama Symbian. Yang paling keliatan adalah kemampuan multitasking yang jauh lebih bagus dari Symbian, setelah memakai aplikasi walaupun sudah di-exit tapi masih tetap berjalan di background, alhasil ketika membuka aplikasi itu lagi tidak butuh waktu lama (loading). Tapi ini juga yang jadi penyebab HP Android jadi boros baterai, selain dari data internet yang selalu ON (walaupun sedang tidak memakai aplikasi yang memakai internet, berbeda dengan Symbian). Yah itulah cerita awal dari OS Android yang masih early development dan masih perlu disempurnakan. HP ade ane kalo ga salah juga masih android Jelly Bean waktu itu.

Karena tertarik dengan HP Android dengan segala kustomisasi dan aplikasinya yang beragam (banyak yang free juga) ane putusin untuk beli satu. Sehabis gajian langsung deh tuh pergi ke toko HP, terbelilah Sony Erricson Xperia Neo (ketika SONY masih Sony Erricson). Speknya ga gahar-gahar banget, dengan chipset Qualcomm MSM8255 Snapdragon S2, GPU Adreno 205, 512MB RAM dan OS Android 2.3 (Gingerbread). Yang bikin ane kesengsem adalah layarnya yang bening dengan menggunakan teknologi BRAVIA engine, enak buat browsing dan main game. Bosan otak-atik dan kustomisasi sana sini, ane jelajahi forum-forum android seperti XDA. Di sinilah ane kenal dengan yang namanya ROOT/Jailbreak, unlock bootloader, pasang Custom ROM, ganti kernel, dll. Ane semakin semangat dah untuk oprek HP. Alhasil HP tersebut menjadi kelinci percobaan, udah ga keitung berapa kali HP ane gonta-ganti Custom ROM, bootloop, mati total/ matot (tapi masih biasa diselamatkan dengan cara flash), hehehe. Sampai akhirnya tiba saatnya HP ane menghembuaskan nafas terakhirnya. Ya, HP Android pertama ane akhirnya mati karena malfungsi hardware. Ceritanya suatu hari karena gabut ane iseng-iseng overclock, paksain main game Need For Speed, main secara intensif, dibiarin overheat lalu... BOOM tiba-tiba mati. Ane tanyain ke tukang servis katanya chipsetnya mati (ane ga tahu chipset yang mana). Ya udah karena biaya servis mahal akhirnya HP tersebut berakhir jadi rongsokan.

Dari situ ane gonta-ganti HP selalu pakai Android. Ya, karena kemampuannya untuk bisa dikostumisasi. Bosan UI ini bisa ganti UI itu, aplikasi kamera terlalu standar dengan kualitas gambar standar? bisa flash memakai aplikasi bawaanya hape premium (aplikasinya kameranya google PIXEL), bosan Android versi ini bisa di upgrade versi yang lebih tinggi (dengan pasang Cutom ROM) .
Kalau mau beli HP baru juga selalu ane pastiin itu Hpnya bisa di-root & unlock bootloader apa ga. Karena emang hal pertama yang ane lakuin pas HP udah di tangan pasti ROOT. Ane benci tuh yang namanya aplikasi bloatware cuma menuh-menuhin kapasitas penyimpan aja, padahal ga pernah dipake (di ROM bawaan HP aplikasi bloatware ga bisa di-uninstall). Dengan HP yang udah di-root bisa dengan mudah membuang aplikasi sampah tersebut.

Hape Android tuh komunitasnya banyak banget, dari merk A sampai Z bisa dengan mudah menemukan komunitasnya di XDA. Dari peran komunitas inilah HP jadul masih bisa merasakan OS terbaru. Ane sendiri sekarang memakai HP Asus MAX PRO M1 dengan ROM komunitas Android 10, Paranoid android. Untuk dipakai keseharian stabil-stabil aja, ga kalah dengan ROM official. Ada plus minusnya sih menggunakan ROM kumunitas, tapi ane lebih nyaman dengan ROM komunitas, karena kebanyakan ROM komunitas tuh adalah ROM official/standar bawaan HP yang sudah ditambah fitur ini-itu agar lebih baik dan sesuai selera user.

Untuk pengguna yang suka oprek seperti ane, sepertinya ane akan masih lama menggunakan HP Android, dan sampai sekarang belum ada keingingan untuk pindah ke lain OS. Android is THE BEST!
Diubah oleh sarnosantosa
gadget pertama ane android, samsung galaxy tab namanya. lumayan buat main angry bird, fruit ninja dkk. gak lama setelah itu kakak beli ipad (lupa tipenya), dari situ ane merasa ada perbedaan yang nyata antara hardware dan ekosistem dari kedua OS ini. ane langsung jatuh cinta dengan ipad karena game yang sama terasa lebih menyenangkan daripada di tablet samsung ane dan app store milik apple lebih lengkap daripada google play store. next cerita sampai sekarang ane lebih milih make iphone daripada android
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di