CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f87b0059775131fc61bcfe2/hotman-paris-selesai-baca-uu-cipta-kerja-ini-sangat-menguntungkan-kaum-buruh

Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!

Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!
Judul dipotong karena kepanjangan : Malang Melintang di Dunia Hukum, Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!

Sosok.ID - Undang-undang (UU) Cipta Kerja Omnibus Law yang disahkan oleh pemerintah telah memantik problem baru di Tanah Air.

Munculnya pro dan kontra memunculkan gerakan aksi mahasiswa turun ke jalan mempersoalkan pasal-pasal yang diklaim merugikan para pekerja.

Demo di tengah pandemi yang belum terkendali menyebabkan PR pemerintah semakin bertumpuk.

Terlebih, aksi tidak berjalan dengan damai. Di mana banyak fasilitas publik dibakar, menimbulkan kerugian besar di saat perekonomian negara sudah sulit karena Covid-19.

Namun, disela-sela banyaknya kritik untuk pemerintah, pengacara kondang Tanah Air, Hotman Paris Hutapea bak mengabarkan angin segar.

Hotman menilai bahwa UU Cipta Kerja memiliki dampak positif luar biasa bagi kaum buruh.

Dilansir dari TribunWow.com, hal itu disampaikan Hotman Paris dalam akun Instagram pribadinya @hotmanparisofficial, Rabu (14/10/2020).

Menampilkan setumpuk draf UU Cipta Kerja, Hotman mengatakan bahwa sejatinya kaum pekerja dan buruh tidak sepenuhnya dirugikan oleh kebijakan tersebut.

"Berita bagus untuk pekerja, berita bagus untuk para buruh," kata pengacara dengan pengalaman lebih dari 30 tahun tersebut.

Pria berdarah Batak itu menyoroti sanksi tak membayar pesangon yang sekarang bisa dikategorikan sebagai tindak pidana.

"Di sini ada pasal yang menyebutkan apabila majikan tidak membayar uang pesangon sesuai ketentuan undang-undang ini, akan dianggap melakukan tindak pidana kejahatan," ungkapnya.

Dalam draf tersebut, dikatakan bahwa hukuman bagi yang tak membayar pesangon yakni penjara maksimal empat tahun.

Menurut Hotman, itu adalah perubahan besar yang mampu menolong buruh dan pekerja untuk mempertahankan haknya.

"Pasti majikan kalau di-LP, kalau dibuat laporan polisi ke kepolisian mengenai pesangon, bakal buru-buru membayar uang pesangon," kata Hotman.

"Ini merupakan suatu langkah yang sangat bagus, yang sangat menguntungkan para pekerja maupun para buruh," lanjutnya.

Hotman menilik banyaknya kejadian yang menurutnya merugikan kaum buruh, dimana uang pesangon sulit didapatkan, dan memakan waktu berbulan-bulan untuk mengurusnya.

"Selama ini berbulan-bulan untuk menuntut uang pesangon melalui pengadilan perburuhan, tapi dengan satu laporan polisi kemungkinan uang pesangon akan anda dapatkan," katanya.

Pengacara nyentrik yang identik dengan kemewahan itu lantas memberikan ucapan selamat kepada para buruh dan pekerja.

"Selamat untuk para buruh dan pekerja," tutup Hotman.

Adapun Hotman Paris sebelumnya sempat memberikan pesan untuk Presiden Joko Widodo terkait kebijakan mengenai pesangon untuk buruh.

Hotman dalam unggahan di akun Instagram @hotmanparisofficial pada Sabtu (10/10/2020), menutut agar masalah pesangon dibereskan secepat mungkin.

"Bapak Jokowi yang terhormat saya sebagai putra bangsa, yang sudah 36 tahun saya di pengacara tertarik untuk memberikan saran," kata Hotman.

Demi meyakinkan kredibilitasnya sebagai pakar hukum, Hotman menyebutkan beberapa tokoh publik yang pernah menjadi kliennya, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Tanya kualitas praktik hukum saya kepada Bapak Prabowo, bapak Menko, bapak Menteri BUMN Erick Thohir, yang semua mantan klien saya," ujarnya.

Baca Juga: Ditantang 100 Pengacara dari Ormas Pendukung Puan Maharani, Nikita Mirzani Nyolot, Tak Takut Dipolisikan: Sini Lawan Gue Satu Satu!

Dalam kesempatan tersebut, Hotman mendesak permasalahan pesangon agar segera dituntaskan, sebab buruh kesulitan menyelesaikan hal tersebut.

"Yang harus dibenahi adalah cara penyelesaian untuk perselisihan perburuhan khususnya pesangon yang kalau dari mulai Depnaker sampai di pengadilan perburuhan sampai Mahkamah Agung bisa makan waktu satu sampai dua tahun," katanya.

"Kalau gaji buruh cuma dua atau tiga juta bagaimana mungkin dia membiayai perkara yang begitu lama untuk melawan para pengusaha."

Bagaimana mungkin? Makanya buat undang-undang seperti di pengadilan niaga yaitu perkara penyelesaian perburuhan khususnya mengenai pesangon harus diputus dalam 30 hari," ungkapnya.

"Seperti yang ada di pengadilan niaga diputus 60 hari walau triliunan rupiah," tuntasnya. (*)


Sumber : https://sosok.grid.id/amp/412382132/malan-melintang-di-dunia-hukum-hotman-paris-selesai-baca-uu-cipta-kerja-ini-sangat-menguntungkan-kaum-buruh?page=all

=====================================

Emang sebelumnya ga bisa dipidana ya? emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karikai04 dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Ane yakin UU ini menguntungkan buruh
Pakde Jokowi kan dari rakyat kecil
Pastinya bakalan membuat keputusan berpihak ke rakyat kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FalianAridua dan 36 lainnya memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
ane buta hukum apalagi UU baru ini
tp kalo Hotman bilang baik ya muga muga bener baik
keseluruhannya gimana bang? apa baik semua secara umum? ( udah pasti plus minus ada)

bang hotman gak lagi di endorse pemerintah kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anggadas dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
yang kemaren bilang ga ada pesangon itu yg dibaca apa ya...? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Tenang, pengusaha sekarang bakal menerapkan sistem kontrak setiap tahun kok, jadi kalau buruh macem macem atau produktivitas turun, ga perlu nge-phk, cukup tunggu kontraknya habis. kontraknya habis, ga ada kewajiban harus bayar pesangon.

Hehehe

Quote:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
KuwuRT dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 64 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 64 balasan
in beda orang pinter sama orang bodoh
orang pinter baca dulu
orang bodoh ngamuk duluemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mapaygawir dan 37 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Win win solution emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meoomiuu dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ngga bisa.. aturan sebelumnya cuma mengatur pidana apabila pengusaha membayar upah dibawah UMP/K.. emoticon-Malu (S)

Quote:


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
starcrash dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
yah ujung ujungnya pengusaha memperkerjakan karyawan dengan sistem kontrak. kalo performa karyawan turun ya gak bakal diperpanjang tu kontrak.

dan satu lagi. dalam UU no. 13 th 2003 karyawan kontrak tidak berhak mendapatkan pesangon.

UU cilaka ini cantik dari luar tapi bosok di dalam karena banyak celah untuk penyelundupan hukum.

ngerti ra son?? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hardi.satria dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 42 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 42 balasan
hmmm kenapa pengacara lain ga ikut bersuara kayak hotman ya...karena buat mereka ruu ini ada atau ngga ga masalah, mereka trimo2 aja ya gitu? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ya syukurlah kalau gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Stephen.cau dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
kadrun yg mendadak jadi pengacara hebat, ayo tantang debat hotman emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meoomiuu dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tuh dengerin pakar hukum pengacara kondang De Hotman Paris emoticon-Ultah buruh2 bakal nyicil kriditan papanza.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
willywang dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
yang disampaikan pak hotman adalah sisi baiknya.
Sisi lainnya terkait kontrak kerja outsourcing. Perusahaan tentunya akan memaksimalkan kontrak pertahun yang ga ada batasnya.
Artinya, biaya pesangon akibat pemutusan hubungan kerja akan diminimalkan dengan sistem kontrak satu tahun.
Kontrak abis, perusahaan ga mesti bayar pesangon.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dickkk dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Bah!
Cem mana?!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
UU yang renyah bagian luar tapi mlodrok bagian dalam

gak banget dah
status negara udah level maju
upah buruh level negara berflower
pengusaha auto untung dobel dobel
gak heran pengusaha getol dukung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
hotman paris dilawan...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
ada sanggahan dari buruh kadroon?? emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dia aja udah baca...
nah elu yang ributnya karna ikut2an doang??
waras??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 10 lainnya memberi reputasi
makanya kerja yg bener bikin performa dan kontribusi yg bagus buat perusahaan...jangan punya mental asal gajian...ya mana mau perusahaan pertahankan orang malas. Klo gak mau jadi pegawai ya buka usaha aja.
Negara maju gak diisi sama orang malas...noh contohin Jepang sama Korsel...dedikasi mereka ke perusahaan tempat kerja gak usah ditanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rimba84 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh da23
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di