CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Budaya /
Menjemput Jodoh Lewat Istikharah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f80128fc8393a4e7879e449/menjemput-jodoh-lewat-istikharah

Menjemput Jodoh Lewat Istikharah

Menjemput Jodoh Lewat Istikharah
Jika membicarakan tentang pernikahan, maka dapat dilihat dari dua sisi. Yakni sebagai perintah Allah SWT yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, lalu disisi lain pernikahan juga sebagai satu-satunya jalan untuk menyalurkan syahwatnya sesuai dengan aturan-Nya.

Perkimpoian atau pernikahan secara bahasa ialah berkumpulnya dan bercampurna antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan, dimana pada keduanya terdapat rasa saling mencintai dan membutuhkan. Sedangkan menurut syara' ialah melakukan ijab qabul yang dapat menghalalkan persetubuhan antara lelaki dan perempuan yang diucapkan dengan kata-kata yang menunjukan pernikahan sesuai dengan aturan syari'at Islam.

Beragam cara dalam menjemput jodoh, salah satunya adalah dengan melakukan istikharah, kenapa demikian? karena dalam agama disebutkan bahwa memilih adalah pekerjaan manusia, sedangkan agama memberikan rambu-rambu agar memilih dilakukan dengan cara yang baik. 

Istikharah atau shalat istikharah memiliki fungsi untuk mendapatkan petunjuk yang benar tentang pilihan kita, karena manusia tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dalam hidup ini maka dengan melakukan istikharah ini, akan mendapatkan pilihan yang tepat yang memang terbaik bagi kehidupannya.

Dalam artikel ini akan diceritakan sebuah kisah tentang salah seorang sahabat yang telah menjemput jodohnya melalui istikharah. Sebagai manusia kita tidak tahu apa yang akan terjadi kemudian hari dan pula apa yang akan dialami dimasa depan, begitupun dalam urusan jodoh, siapa sangka tempat parkiran menjadi awal mula pertemuannya. 

Menjemput Jodoh Lewat Istikharah


Ya! berawal dari sebuah tempat parkiran, sahabat berpapasan dengan seorang lelaki yang sama sekali belum dikenalnya, padahal lelaki itu satu kelas disekolahnya. Singkat cerita setelah pelajaran usai, sahabat ini bergegas pulang dan menuju parkiran, diluar dugaan ketika sahabat saya ini akan menaiki motornya, ada lelaki yang bertanya, ternyata dia juga sama mau pulang dengan motornya yang tepat ada di sebelah sahabat. 

Terjadilah perkenalan singkat pertama kalinya, pada keesokan harinya dosen mata kuliah tafsir menempelkan daftar nilai ujian yang diperoleh mahasiswanya. Dan ternyata laki-laki yang kemarin mengenalkan diri dan bertanya itu terlihat di daftar nilai mendapat nilai ujian yang paling tinggi. 

Pada malam harinya sahabat ini mendapat chat dari lelaki itu, dia bertanya dalam chat itu perihal rumah dimana?, pulangnya lewat jalan mana?,  dan beberapa pertanyaan lainnya, ternyata mereka melalui jalan yang satu arah, percakapan chat itu tidaklah berlangsung lama.

Satu minggu kemudian suatu malam dia mendapatkan chat lagi dari laki-laki itu yang memepertanyakan jalan yang berbeda telah dilalui "teh kemarin ko teteh lewat jalan pintas yah?" lalu sahabat ini menjawab seperlunya. Kemudian satu minggu setelahnya laki-laki itu bertanya lagi dan meminta izin kepada sahabat untuk bersilaturahmi kerumahnya. Dan sahabat, meminta izin kepada kedua orang tuanya perihal kedatangan laki-laki itu, kemudian orang tuanya memberikan izin. Maka datanglah pada suatu hari laki-laki itu lalu berbincang dengan ibunya karena kebetulan bapaknya sedang bekerja dan ternyata laki-laki itu berhasil menarik perhatian ibunya karena sikap sopan dan sholeh yang dia perlihatkan didepan ibunya itu. Tak disangka keesokan harinya dia menyampaikan niat baiknya terhadap sahabat dan dia menyampaikan keinginannya untuk berjumpa dengan ayah sahabat sebagai bukti keseriusan untuk melanjutkan ke jenjang silaturahmi yang lebih jauh lagi.

Sahabat ini sempat kaget kemudian bertanya "apakah ini tidak terlalu terburu-buru?" kemudian lelaki ini menjawab dengan tenang dan mantap "insya Allah tidak, karena sejak pertama kali bertemu di parkiran saya telah melakukan istikharah dan mendapat jawaban bahwa kamu adalah jodohku" Lalu lelaki ini menyarankan sahabat untuk melakukan istikharah sebelum lelaki ini menemui ayahnya. akan tetapi sahabat ini tidak mendapatkan jawaban lewat mimpi setelah melakukan istikharah, hanya ia merasa lebih mantap dan kuat untuk menerima lelaki itu!

Sampailah pada suatu hari lelaki itu bertemu dengan ayahnya, dia menyebutkan maksud baik untuk menikahi sahabat, dan ayah sahabat ini pun merelakan anaknya untuk dipinang oleh lelaki ini. Kemudian satu minggu setelahnya datanglah lelaki itu beserta rombongan keluarganya untuk melakukan lamaran pada sahabat, singkat cerita lamaran itu diterima dengan baik dan tidak lama setelah terjadi pertunangan itu lalu mereka melangsungkan pernikahan.
Menjemput Jodoh Lewat Istikharah
Kemudian setelah menikah mereka melalui kehidupan rumah tangga yang harmonis, sebuah kenyataan ditemukan oleh sahabat dari suaminya itu, ternyata dia seorang yang hafidz Al-Qur'an.

Sahabat semakin bersyukur dengan mamantapkan diri untuk hidup selamanya dengan lelaki ini sambil pelan-pelan mempelajari dan menghapal al-Qur'an dengan bimbingan suaminya setiap hari dengan tujuan agar rumah tangganya menjadi wasilah dan sarana yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Penulis : Siti Rochmah Dirgantini (Mahasiswa PAI-FPIK Universitas Garut)
Editor : Anton Kaskuser
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Diubah oleh anton2019827


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di