CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
[IHATEBIKES] Kalau Tarikan Motor Terasa Berat, Periksa Bagian-bagian ini Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7ecc78facb95506b12b4c1/ihatebikes-kalau-tarikan-motor-terasa-berat-periksa-bagian-bagian-ini-gan

[IHATEBIKES] Kalau Tarikan Motor Terasa Berat, Periksa Bagian-bagian ini Gan!

[IHATEBIKES] Kalau Tarikan Motor Terasa Berat, Periksa Bagian-bagian ini Gan!
Haloo gan sis yang masih setia pakai motor buat ngapelin si sayang emoticon-Wowcantik
Gak pakai mobil bukan berarti misqueen, ini adalah pilihan.. jiaahh.. Pilihan untuk bertahan hidup ketimbang gengsi sok dengan kemewahan. Dahlah. Skip.

Berhubung ane juga masih setia dengan Bubu, ane mau berbagi tips buat gan sis jika motor yang biasa kalian pakai sehari-hari terasa berat tarikannya. 

Bukan hal yang luar biasa kalo motor jadi berat, ya namanya motor dipakai sudah lama pasti ada-ada saja masalah yang timbul. Khususnya pada motor matik yang pakai transmisi otomatis. 

Masalah ini akan lebih cepat terasa jika gan sis jarang melakukan servis secara berkala. Rasa-rasanya pasti nggak nyaman, digas tinggi tapi kecepatan nggak bertambah. Baiklah kita langsung saja cek apa saja kemungkinan yang wajib dirawat agar tarikan motor gan sis enteng.

Bagian filter udara
[IHATEBIKES] Kalau Tarikan Motor Terasa Berat, Periksa Bagian-bagian ini Gan!
sumber: gridoto

Dalam proses pembakaran dibutuhkan udara untuk menghasilkan tenaga. Udara masuk melalui filter udara dan disaring menuju ruang pembakaran. Oleh karena itu tak heran pada bagian ini banyak ketempelan kotoran-kotoran akibat proses filtering.

Karena kotor, udara yang masuk pada bagian pembakaran akan berkurang. Tenaga yang dihasilkan pun ikut berkurang yang meneyebabkan tarikan terasa lebih berat.

Bagian kampas kopling 
[IHATEBIKES] Kalau Tarikan Motor Terasa Berat, Periksa Bagian-bagian ini Gan!
sumber: otomotif kompas

Kampas kopling yang terus-menerus bekerja juga bisa membuatnya habis. Jika semakin habis biasanya motor akan kekurangan tenaga dan serasa tertahan di jalan. Suaranya pun jadi kasar, menimbulkan suara tak beraturan. 

CVT belt
[IHATEBIKES] Kalau Tarikan Motor Terasa Berat, Periksa Bagian-bagian ini Gan!
sumber: amazon
Fungsi CVT belt adalah sebagai penghubung roda belakang dengan mesin sehingga motor dapat bergerak maju ke depan. Khusus untuk motor matik CVT belt ini bisa saja getas dan putus karena usia pemakaian. 

Bagian CVT belt ini bisa dibilang paling penting karena kalo sampai putus di jalan, roda nggak bisa berputar lagi. 

Itulah 3 bagian penting yang harus diperiksa ketika tarikan motor terasa berat. Bagian yang harus dikoreksi adalah 3 komponen di atas seharusnya dicek secara berkala, yaitu dengan servis rutin.

Namun filter udara, kampas kopling, dan CVT merupakan bagian yang sulit untuk dicek sendiri. Agan bahkan harus ke bengkel yang khusus bisa menangani bagian-bagian di dalam CVT.

Solusinya udah pasti komponen-komponen tersebut dibersihkan dan diperiksa kondisinya. Supaya motor gan sis kembali rasanya seperti sedia kala.

Ada dua cara untuk menanganinya. Pertama dengan membongkar semua komponen tersebut. 

Atau cara kedua servis rutin pakai cara modern seperti yang ditawarkan oleh Planet Ban. Setiap komponen di atas dibersihkan dengan cairan khusus pembersih bagian motor. Pastinya proses kedua ini lebih cepat dan biayanya terjangkau. 

Prosesnya yaitu dengan membuka cap CVT. Kemudian setelah CVT dibuka, dibersihkanlah isi bagian-bagian dalamnya seperti rumah roller, kampas kopling, belt, dan mangkok koplingnya. Bagian CVT belt juga diberikan belt conditioner agar tetap lentur dan sehat. 

Sekian dan terimakasih gan sis. Ini informasi servis rutinnya ya: 
klik Cara Mudah Servis Rutin  emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 2 lainnya memberi reputasi
Coba CVT matic pake rantai, kalau belt mudah menipis. Apalagi kalau RPM tinggi
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kesuwen gan, mending langsung ke dealer buat servis
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ohh gitu.. berhubung ane kaga bisa bongkar bongkar soal motor.. maka ane percayakan masalah ini 100% sama dealer aja wkwk
gua abis ditipu ama bengkel kemaren gan, baru aja ganti kampas kopling, beberapa hari motor gw rusak parah, jalan datar aja kaga kuat
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kalau ga paham mgkn bisa dibawa ke bengkel, tp untuk cek2 spt ini harus bisa s3ndiri sih
Ane bisa cek sendiri, ada yang mau pinjem kunci 🔧...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di