CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Transkip Perbincangan Aidit dengan Mao Zedong Terkait Kudeta PKI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f757399f4d695785808077b/transkip-perbincangan-aidit-dengan-mao-zedong-terkait-kudeta-pki

Transkip Perbincangan Aidit dengan Mao Zedong Terkait Kudeta PKI

Transkip Perbincangan Aidit dengan Mao Zedong Terkait Kudeta PKI

Disertasi Taomo Zhou, sejarawan dari Nanyang Technology University, Singapura ternyata mengungkapkan beberapa catatan menarik terkait pergolakan politik di Indonesia yang melibatkan Partai Komunis Indonesia (PKI). Salah satunya rencana PKI untuk melakukan kudeta atau yang lebih dikenal dengan G30S/PKI.

Dari data yang didapat Taomo Zhou lewat arsip-arsip sejarah yang disimpan di Beijing, terungkap jika DN Aidit ternyata pernah mengutarakan rencananya untuk melakukan kudeta kepada Mao Zedong dan petinggi Partai Komunis Tiongkok saat ia berkunjung ke negeri Tirai Bambu itu.

Pertemuan ini juga diabadikan lewat sebuah foto jadul dimana Mao Zedong diapit DN Aidit dan istrinya, Tanti serta anggota Politbiro PKI, Jusuf Adjitorop. Baca juga: Arsip Sejarah di Beijing Beberkan Bukti Kudeta Aidit dan PKI

Nah berikut ini transkip lengkap percakapan DN Aidit dengan Mao Zedong berdasarkan disertasi Taomo Zhou pada tanggal 5 Agustus 1965:

Mao: Saya rasa Sayap Indonesia bertekat merebut kekuasaan, apa kau juga ingin seperti itu?

Aidit: (Mengangguk) jika Soekarno mati, ini akan menjadi sebuah pertanyaan besar siapa yang akan mendapatkan kuasa

Mao: Saya menyarankan Anda jangan terlalu sering pergi ke luar negeri. Anda bisa mewakilkan orang nomor dua di partai Anda untuk pergi ke luar negeri sebagai gantinya.

Aidit: Sayap Kanan akan melakukan dua kemungkinan aksi. Pertama, mereka dapat menyerang kami. Jika benar, kami tentu akan punya alasan menyerang balik. Kedua, mereka dapat mengadopsi metode yang lebih moderat dengan membangun pemerintahan Nasakom. Tanpa Soekarno ini akan menjadi mudah bagi mereka untuk mendapatkan dukungan dari kalangan tengah untuk mengisolasi kami. Skenaro terakhir akan sulit untuk kami. Bagaimanapun kita harus menghadapinya. Amerika telah meminta dia (Nasution) untuk lebih fleksibel dibanding sebuah kudeta. Dan dia menerima saran Amerika.

Mao: Itu tidak bisa diandalkan. Situasi saat ini telah berubah

Aidit: Skenario pertama, kami berencana membentuk komite militer. Mayoritas komite adalah Sayap Kiri tapi juga harus memasukan elemen moderat. Dengan cara ini, kami bisa membuat bingung musuh kita. Musuh tentu tidak yakin dengan arah komite ini dan para komandan militer yang simpatik ke Sayap Kanan tidak akan langsung melawan kita. Jika kami menunjukkan bendera merah tentu mereka akan langsung menentang kami. Itu kepala komite militer ini akan menjadi anggota bawah tanah dari partai kami, tetapi dia akan mengidentifikasi dirinya sebagai pihak netral. Komite militer ini tidak boleh bertahan lama karena orang baik akan berubah menjadi jahat. Setelah didirikan, kami perlu mempersenjatai para buruh dan petani secara tepat waktu.

Dari isi percakapan ini, Taomo Zhou menganggap sangat mirip dengan situasi yang terjadi di internal PKI saat melakukan Gerakan 30 September.

https://www.viva.co.id/berita/nasion...ait-kudeta-pki

di bold merah : isu dewan jendral?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dispenserr
Halaman 1 dari 4
Selain membeberkan percakapan pentolan Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit dengan Mao Zedong yang saat itu menjabat sebagai Ketua Partai Komunis Tiongkok terkait rencana kudeta PKI, buku sejarawan Taomo Zhou dari Nanyang Technology University, Singapura juga membeberkan fakta menarik lainnya.

Ternyata, beberapa jam sebelum kudeta PKI lewat Gerakan 30 Septembater 1965 (G30S/PKI) bergolak di Indonesia, Mao Zedong justru tengah asik berbincang-bincang dengan Menteri Kabinet Chairul Saleh yang memimpin kunjungan puluhan delegasi ke Tiongkok. Maklum saja, selama ini polemik bagaimana keterlibatan China dalam kudeta tersebut masih ramai dibicarakan.

Menurut Taomo Zhou, meski Mao Zedong mengetahui rencana Aidit jauh-jauh hari namun sejatinya ia tidak mendukung secara langsung gerakan yang dilancarkan PKI saat itu. Bahkan Mao Zedong tak tahun rencana tersebut telah dijalankan Aidit. Itu didukung dengan catatan menarik dari Taomo Zhou ini.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Konsul dulu
Korbannya aja 30 juta, tapi dia diktator yg lembut, Ampe gak setuju emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
segala jenis kudeta dan makar --apapun ideologi yang diusung-- itu cuma untuk orang ambisius yang berpikiran pendek..

turbulensi luar biasa pasti menyebabkan jatuh banyak korban, kekacauan dan kesengsaraan rakyat..

yang bisa menganggap jatuhnya korban2 itu hanya sebagai bagian dan ongkos kecil dari perjuangan menegakkan kebenaran versinya sendiri, adalah psikopat..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
songsong masa depan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
strategi PKI mirip dgn HTI, berkamuflase

dan saat itu lawannya sangat bengis, sehingga kamuflase pun tidak berdaya, semua dibantai

apakah harus demikian juga untuk HTI?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 38 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 38 balasan
beda ya sama teori danau angsa nya fic
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
Trit kuminis lagi...
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan scorpiolama memberi reputasi
astagfirullah emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
tanya langsung ke profesor lulusan S1 sesembahan kadrouwn
vv

Transkip Perbincangan Aidit dengan Mao Zedong Terkait Kudeta PKI

Sumber hoax terbaik dari masa ke masa
vv

NKRI era reformasi, orba, orla
United States of America
United Kingdom
People Republic of China
Kingdom of Saudi Arabia
Republik Islam Iran
Republik Turki
Uni Sovyet USSR 1980
Empire of Russian Tsar 1721
Empire of Ottoman Caliphate 1453
Kerajaan Khilafah Islam Demak 1517
Kerajaan Majapahit, Sriwijaya 1290
Empires of Islamic Caliphate 1100
Khilafah Madinnah Muhammad 600M
Empires of Roman Constatinopel 28SM
Kingdom of Judah 10SM
Ancient Greece 12SM
........ tambahin sendiri sampe goblog kata Rocky Gerung
emoticon-Leh Uga

Transkip Perbincangan Aidit dengan Mao Zedong Terkait Kudeta PKI
^
^
nyunnah rasul aidit emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nyimak sambil nonton Ebong kaskus
Auto kejang di trit komunis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anuku20cm
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
otak saya nggak sampai... gestok itu kudeta pki? kok presidennya baik2 aja habis kudeta? jawaban paling mungkin adalah kudeta merangkak dari orba...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
transkrip CIA saat peristiwa itu ? adakah yang bisa membuka.....dan transkrip SUPERSEMAR....siapa saksi dan ada dimana SUPERSEMAR ?
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Hmmm... mulai kebuka..
Hmm..
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
Kirain udah lewat suasana kemeriahan pki nya emoticon-Malu












































emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
Aidit berkunjung ke Peking

profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
poros Jakarta-Peking yak ini. Elit PKI dominan konsul ke peking.

Pun spt Vietnam, lebih prefer ke senior Uni Soviet, tanpa melupakan Peking tentunnya.
.
Pasca g30s, sentimen anti-RRT pun terjadi. so, complecated yess

emoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Yg dincar mati pki itu sukarno .... Tapi kenapa pki gagal yg kena getahnya sukarno ...pki berhasil sukarno salah pki gagal sukarno juga salah bagai pedang beramata dua .. Bingung bingung lah kalian
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan slider88 memberi reputasi
Diubah oleh dcp1968
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
kalo ngeliat isi transkrip pembicaraan itu, menurut ane, mao cuma sekedar nanya aja, wajar lah, kan sesama komunis itu kamerad, harus saling sumbang saran, demi komunis, sikap dia netral, paling mao cuma komen sebatas kepentingan perluasan paham komunis ke indonesia aja, gak lebih. soal caranya gimana, itu terserah aidit. mao cuma sumbang saran aja. tampaknya saran mao di abaikan oleh aidit, dan itu fatal, berujung pada gagalnya PKI berkuasa.

aidit juga pernah sowan ke stalin soal G30S PKI, stalin gak setuju sama rencana aidit, artinya stalin tau bakalan akan ada G30S PKI. stalin justru menyarankan aidit lebih fokus sama propaganda bawah tanah ketimbang kudeta berdarah. alasan stalin adalah, indonesia butuh waktu lebih lama utk menjadi komunis, mengingat masyarakat nya banyak yg religius. kondisi indonesia beda sama soviet dan cina kala lancarkan revolusi. typical warga di soviet dan cina tidak terlalu religius, makanya bisa di akselerasi dgn revolusi berdarah. tapi indonesia gak bisa kayak gitu. lagi2, saran stalin diabaikan aidit.

jadi udah ketauan kenapa PKI gagal berkuasa di indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
PKI gagal mulu ya
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di