CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BREAKING NEWS! Klarifikasi CIA Soal Tudingan Terlibat Peristiwa 1965 G30S/PKI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7473c48d94d07f9b673980/breaking-news-klarifikasi-cia-soal-tudingan-terlibat-peristiwa-1965-g30s-pki

BREAKING NEWS! Klarifikasi CIA Soal Tudingan Terlibat Peristiwa 1965 G30S/PKI

BREAKING NEWS! Klarifikasi CIA Soal Tudingan Terlibat Peristiwa 1965 G30S/PKI

JAKARTA - Tudingan bahwa Amerika Serika dan CIA terlibat dalam peristiwa G30S/PKI sudah sangat lama

Bahkan CIA pun akhirnya sampai membuat klarifikasi terkait tudingan tersebut.

Klarifikasi dari CIA ini ditayangkan dalam film Shadow Play.

Film Shadow Play merupakan film dokumenter garapan Chris Hilton yang tayang pada tahun 2003.

Shadow Play merupakan film dokumenter yang berisi wawancara dengan orang-orang yang menjadi saksi mata peristiwa G30S/PKI, dan mereka yang menjadi tahanan politik pasa G30S/PKI.

Orang-orang ini mengisahkan mulai dari ada di mana mereka ketika peristiwa G30S/PKI terjadi.

Lalu ada pula yang menceritakan soal peristiwa ketika mereka ditangkap dan ditahan pemerintah.

Pada akhirnya film ini juga membahas dugaan keterlibatan Amerika Serikat dan CIA dalam peristiwa G30S/PKI.

Alasan-alasan mengapa dugaan Amerika Serikat dan CIA terlibat pun diframing cukup detail dalam film ini.

Bahkan film ini juga menceritakan tentang para jurnalis asing yang bekerja di Indonesia ketika peristiwa G30S/PKI pecah.

Pada akhirnya film ini juga meminta konfirmasi dari pihak CIA menyangkut dugaan keterlibatan CIA dalam peristiwa G30S/PKI.

CIA Head Station of Jakarta pada 1964 – 1966, Hugh Tovar, lalu memberikan klarifikasi mengenai desas-desus keterlibatan CIA.

Hugh Tovar pun membantah bahwa CIA terlibat.

“Di masa saya, 1964, 1965, dan 1966, CIA tidak pernah diminta melakukan hal semacam itu. Saya dikirim ke sana untuk mengumpulkan intelijen dan melaporkannya ke markas besar untuk memberitahu negara kami atas nama Tuhan apa yang sedang terjadi di negara itu (Indonesia),” kata Hugh Tovar.

“Ya begitulah, jika orang tidak percaya hal itu, tak ada yang bisa saya katakan untuk meyakinkan mereka,” ujar Hugh.

https://www.harianaceh.co.id/2020/09...-g30s-pki/amp/

KOMENTAR TS:

Saya gak bahas tentang PKI, bosen! emoticon-Big Grin

tapi sebenarnya ada yg menarik dari berita ini, secara logika, mengapa amerika bisa tau keadaan Indonesia bahkan seluruh dunia sebenarnya apa yg terjadi?

berarti mata mata amerika itu tersebar di banyak negara ya?

Amerika juga bertanggung jawab atas tragedi atau kejadian dibawah ini:

1. Tiananmen China 1989

2. Runtuhnya Uni Soviet 1991

3. Kerusuhan Suku di Rwanda 1995

4. Pembantaian Srebrenica 1995

5. Penghancuran Masjid Babri di India 1992

dan sebenarnya masih banyak lagi, silahkan bagi yg mau menambahkan..

jadi intinya yg mau saya tanyakan adalah:

1. Kok amerika bisa mempengaruhi negara lain?

2. Bagaimana bisa mata mata amerika masuk di banyak negara di seluruh dunia

3. Apa untungnya amerika mempelajari negara lain sampai menghambur hamburkan begitu banyak uang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Ada yg buat isu PKI
Dan ada yg rajin nyebokin PKI

Seru ya nontonnya wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 13 lainnya memberi reputasi
Udah biasa mah CIA nyangkal emoticon-Big Grin

Lihat saja kasus Osaman bin Laden emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Ane saranin kalian semua nonton film Saw (2004)
Baru analisa G30S
Dah gitu aja

profile-picture
profile-picture
profile-picture
zero.harm dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ameriki nyari proxy ke 3rd world country buat lawan rusia pas perang dingin

Dimana ada commie, ameriki jg pasti jadiin oposisi yg bkn commie sbg proxy

Pribadi sih kalo buat indon, kan si kusno lagi deket"nya sama pkc dulu, ampe bikin nasakom plus pesinden seumur hidup

Ya ameriki takut lah ini indon jd babu commie alias rusia via cinak

Makanya asuharto digoyang buat gulingin kusno
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Yg aneh nya, kok mirip bgt sama kisah naruto,

Mulai dari desa hidden leaf naruto yg penuh hijau, karakter masyarakatnya yg heterogen dari berbagai klan, karakteristik hokage pertama dan seterusnya, pembantaian klan uchiha.

Anjir lah cocoklogi tapi bisa gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
mamarika itu punya duit dan kekuasaan, pusat kongsi kapitalis terbesar di dunia saat itu. satu-satunya saingan mereka ya komunis ussr.
mereka open membership buat negara-negara yang mau gabung, dan bersedia pinjamin modal untuk penguasa lokal.
cia itu cuma pengawal agar modal yang dikucurkan itu tidak sia-sia.
jadi, nggak usah salahin tengkulak dan tukang pukulnya deh kalo minjam dengan kesadaran sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


horang kaya mah bebas

Quote:


ada kedubes yaa perangkat negaranya pasti ikut ada

Quote:


mudah kapling dan garap sda orang lain, sedangkan sda sendiri ditabung


kurang lebihnya
saya serahkan ke bawah
untuk nambahin...

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


sumbernya gak ada yg lebih kredibel selain Harian Aceh? wong operatornya bukan orang2 yg disebut di atas, G 30 S & penggulingan Soekarno bahkan dikordinir sendiri oleh direktur CIA lgsg saat itu...Allen Dulles, dan bbrp agen CIA termasuk Dubes AS ( & agen2 CIA lokal)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a.dirnt dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Yg jelas hbs lengsernya Soekarno, itu Mamarika mulai masuk dan mulai melebarkan sayapnya disini. Freeport contoh terbesarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
ADUH ENTONG....AMRIK ITU SENATNYA RATA2 DI SETIR YAHUDI ....KAUM YG MEMANG AMA TUHAN DI KASIH TINGKAT KECERDASN DIATAS RATA2 MANUSIA .... TAPI MAYORITAS BERHATI JAHAT SEDIKT SEKALI YG KEMBALI KEJALAN YG LURUS ....PADAHAL MREKA LBH TAU DN FAHAM ISI ALQUR~AN DIBANDING KITA2 INI YG ISLAM TURUNAN TONG ....MATA2 MREKA AMPE LIANG CAING JG ADA TONG....KSIMPULANYE HURU HARA DI DUNIA INI KARNA YAHUDI TONG ...GITULAH KIRE2 ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
semua juga tau kali gan ada unsur Amerika di gerakan "pemberontakan" G30S/PKI gan.. coba liat semenjak bapak partai cemara naik berapa banyak kontrak minerba yang didapat ke negeri paman Sam itu.. yang antek asing sekarang pertanyaan besarnya tuh siapa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 7 lainnya memberi reputasi
1. Kok amerika bisa mempengaruhi negara lain?

2. Bagaimana bisa mata mata amerika masuk di banyak negara di seluruh dunia

3. Apa untungnya amerika mempelajari negara lain sampai menghambur hamburkan begitu banyak uang?

Jawab yaaa:

1. Amerika punya uang dan sumberdaya untuk melakukan itu.

2. Sesuai jawaban pertama, karena punya uang, dan ditambah ada kepentingan.

3. Nah ini yang agak panjang. Kepentingannya, untuk memenangkan persaingan dengan Uni Soviet. Keduanya pemenang utama Perang Dunia 2. Keduanya mulai panas karena AS tidak bagi2 desain bom atom, jadi Uni Soviet bikin bom atom sendiri, trus AS jadi takut. Lalu mereka berdua saling rebutan pengaruh ke semua negara.

Kalau kasus di Indonesia, AS jengah karena Soekarno sangat anti AS, UK dan sekutunya. Karena mereka mendukung Belanda saat perang kemerdekaan. Sehingga Soekarno dekat sekali dengan Soviet, juga China. Ditambah dengan perang Vietnam, Kamboja yang pro komunis. AS tidak sanggup membiayai perang lagi, jika Indonesia berubah jadi komunis. Maka dibuatlah skema G30S PKI.

Sebenarnya kalaupun mau, Soekarno bisa saja tetep berjuang mempertahankan posisinya, karena pada saat itu AURI tetap loyal pada Soekarno, dan banyak perwira yang masih pro Seokarno. Tapi hasilnya mungkin Indonesia pecah jadi 2 seperti Korea, Jerman, Vietnam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yaa salaaam

ajaran jihad ikhwan2 CIA Yahudik melawan komunis patut ditiru yaa akik
emoticon-Recommended Seller

mari sama2 kita basmi Partai Kadrun Indonesia
vv
BREAKING NEWS! Klarifikasi CIA Soal Tudingan Terlibat Peristiwa 1965 G30S/PKI
^
^
nyunnah rasul aidit emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
xdewa dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muka.tikus
Apapun peristiwa di dunia ini yg sulit untuk dijelaskan, maka tinggal tunjuk wahyudi dan mamarika lah sebagai alasannya
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 747.400 memberi reputasi
cia itu bisanya adu domba negara lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
setelah ganti hokage
gunung emas di papua lsg jatuh ke tangan mamarikaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ruuki
Sebenarnya keterlibatan CIA di Indonesia bukan hanya th 1965 saja sampai sekarang pun masih ada melalui kelompok-kelompok radikal yang mengatasnamakan agama dan isu PKI dan yang selalu menyerang pemerintahan Jokowi mereka kesal terhadap Jokowi karena kepentingan perusahaan Amerika banyak yang terganggu... Amerika tidak bodoh Amerika akan selalu merecoki negara manapun di muka bumi ini yang memiliki sumber daya alam yang melimpah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Apakah CIA terlibat?
Mgkn adnan buyung nasution bisa menjawab nya,tp sayang nya doi udah gk ada
Klo prof salim,sori dah gw gk bs percaya kaya nya terlalu mustahil buat dia bs objektif klo menanggapi persoalan yg melibatkan TNI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
wajar dunia tahu kejadian ini...berapa ribu jiwa tak bersalah di ganyang atau di gorok PKI...krn obsesinya menguasai Indonesia mengalami kegagalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Projo.Id
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pki daat ini gak berbahaya... Yg berbahaya orang yg jual kedaulatan atas nama investasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di