CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f73bfc2f4d69504ce533242/7-masakan-sederhana-khas-padang-ini-bikin-makan-siangmu-tambah-nikmat

7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat

HAI AGAN DAN SISTA!


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
Sumber : Orami Parenting

Pecinta masakan Padang pasti sudah tidak asing dengan menu rendang, gulai cancang, gulai usus, ayam bumbu, dan beraneka sambal matah. Namun, pernahkah Gansis mencoba masakan sederhana Padang yang bakal ane bahas kali ini? Biar pun sederhana, tapi untuk rasa pasti bikin ketagihan.

Penasaran?

Kuy ke list!

1. Gulai Cipuik


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
Sumber : Instagram salero.mondek

Cipuik (siput) adalah sejenis siput yang hidup di air tawar (sawah atau kolam ikan berlumpur). Ukurannya kecil-kecil dengan cangkang hitam legam. Bagian buntutnya lebih runcing daripada keong mas.

Di Padang (Minang), siput ini dijadikan bahan masakan. Biasa ditumis atau digulai. Namun, gulai lebih menjadi primadona. Gulai cipuik lumayan terkenal, terutama di daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh. Urang Pikumbuah (masyarakat Payakumbuh) biasa mencampurkan pucuk daun singkong atau batang talas ke dalam gulai cipuik, sehingga rasanya menjadi lebih nikmat. Btw, cara makannya cukup unik. Yaitu dengan menghisap atau menyedot mulut siput agar daging/isinya tersedot keluar.

***

2. Gulai Kincuang


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
Sumber : Masak Apa Hari Ini?

Pecinta masakan tradisional, mungkin sudah tak asing lagi dengan kembang kecombrang. Di Padang, kembang merah jambu ini dinamakan kincuang. Kincuang biasanya digulai dengan teri, daun singkong, dan kadang ditambahkan rimbang. Rasa dan aromanya yang khas, membuat menu sederhana yang satu ini cukup disukai masyarakat. Kata sebagian orang, gulai kincuang dianggap sebagai 'palamak makan' atau penambah nafsu makan.

Ada yang suka gulai kecombrang juga?

***

3. Olahan Jariang


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat


Siapa sih yang gak tahu jengkol? Yup, di Padang, jengkol disebut jariang. Orang Padang amat menggemari masakan dari olahan buah dengan rasa dan bau yang unik ini. Jengkol biasanya digulai, digoreng, dan dijadikan kerupuk. Untuk gulai, biasanya jengkol ditokok (dipenyet) dulu. Ditambahkan pucuk daun singkong akan terasa lebih nikmat. Untuk goreng, sesuai selera aja. Boleh ditokok dulu, atau dipotong biasa saja. Kalau untuk kerupuk, biasanya memakan proses yang agak panjang dan lama. Namun, soal rasa yang akan didapatkan, tidaklah main-main.

Agan tim jengkol gulai, goreng, atau kerupuk nih?

***

4. Samba Lado Tanak


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
Sumber : Publisheer

Kalau yang ini Minang banget! Menu yang satu ini merupakan menu legendaris yang amat digemari masyarakat. Terbuat dari cabe giling dan santan, kemudian dimasak di kuali dengan api sedang setelah menambahkan petai, teri, dan rempah-rempah ke dalamnya. Teksturnya yang seperti rendang basah atau kalio, akan terasa nikmat sekali bila dimakan dengan nasi hangat. Btw, untuk campuran di dalamnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Boleh pakai jengkol, telur, tahu-tempe, dan lain-lain.

***

5. Palai Bada


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
Sumber : Cookpad.com

Menu yang satu ini bikin ane kangen masakan Ibu. Saking legendarisnya! Terbuat dari ikan teri air tawar atau ikan bada, menimbulkan cita rasa tersendiri. Bumbu masaknya tak jauh berbeda dengan pepes ikan atau punju. Namun, ada sedikit keunikan daripada pepes. Bila pepes dimasak dengan cara diungkep atau dikukus, maka palai bada ini dimasak dengan cara dibakar dalam balutan daun pisang. Gurihnya aroma rempah bercampur wanginya daun pisang, betul-betul bikin makan lebih berselera.

Agan pernah mencobanya?

***

6. Goreng Maco


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
Sumber : blog dapur ikobana

Maco adalah sejenis ikan laut kering yang banyak dijual di warung atau pasar. Walaupun sangat sederhana, tapi banyak orang Padang yang menggemarinya. Ada berbagai macam jenis maco di pasaran dengan ukuran yang bervariasi, tapi cara memasaknya hampir sama. Yaitu dengan digoreng lado sirah (cabai merah) atau lado mudo (cabai hijau). Bisa digelimangi dengan tahu, tempe, kentang, kacang tanah, apa saja sesuai selera.

Btw, bahas maco, bikin ane kangen kampung, Gan.

***

7. Panggang Ikan Asin


7 Masakan Sederhana Khas Padang Ini Bikin Makan Siangmu Tambah Nikmat
Sumber : cookpad.com

Inilah definisi makan enak nggak harus mewah. Panggang ikan masin (asin) ini memang nggak mewah, tapi rasanya bisa diacungi jempol. Cara masaknya pun amat sederhana. Yaitu dengan membalut ikan asin dengan daun kunyit, kemudian dibakar di atas arang api (bara). Jangan lupa untuk menguaskan minyak goreng ke badan ikan tersebut. Cuma, selama proses pembakaran, harus tahan dengan baunya, ya. Biasanya akan menguar ka sabalik kampuang (ke mana-mana). Hehe. Btw, menu sederhana yang satu ini sangat nikmat bila dibandingkan dengan sambal matah dan nasi hangat.

***

Oke, Gansis. Sekian dulu thread ane hari ini. See you next thread!

***

Sumber : opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paimin07 dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh serbaserbi.com
Halaman 1 dari 5
Semoga pandemi segera hilang, jadi bisa pulkam, ya, Gan. Aamiin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lunar1980 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Taragak samba mandeh
widiih.. enak nih buat makan siang nanti emoticon-Wow

tapi kalo di rumah makan gitu ada gak ya siput emoticon-Bingung
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aduh kok enak2 bgt sih
Nyarinya dmn coba tuh makanan
Jrg2 ada emoticon-Mewek
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
masakan padang emang ueenaakk.. tambo ciek udaaaa emoticon-Recommended Seller
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Iklan yang mantap pada jamannya

"Nasi putih dua ......"
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Wow Masakan padang mah ngeri ngeri sedap brur emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak


Ngeri kolesterol walau rasanya sedap emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
motherparker699 dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Onde mande.......
Panggang ikan asin ciek da......
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makanan khas padang tidak cocok untuk dikonsumsi sehari2 (siang atau malam) bisa menimbulkan kolesterol, tapi untuk kulineran travelling sangat rekomendasi
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Makan siangnya tambah nikmat, tapi kan jarang rumah makan yg nyediain menu itu.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kesalahan ni ane buka jam segini astaga lapar betullll liatnyaaa
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
makan nasi padang munumnya es teh manis, sudah nikmat sekali
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
yg pertama itu enak banget dah..cipuik manjiw
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah jadi laper lihat masakan-masakan padang ini gan.. kalau ane seringnya makan di warung padang tu nasi, sayur ketela disiram kuah gulai, sambal ijo dan rendang.. itu juga udah nikmat banget..
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Katupek gulai paku atau cubadak emoticon-Leh Uga
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
gokil ngeliat beginian rasanya ingin makan. udh mau jam makan siang pula. emoticon-Wow
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Asem nih ts.
Jadi laper apalagi udh waktunya makan siang.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
palai bada favorit ane gan
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gulai kecombrang no.2 enak bgt itu...harum & gurih...
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di