CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7345604601cf0c80737181/sejarah-dibalik-bus-sahabat-yang-terkadang-tidak-bersahabat

Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Sudah lama TS tidak membahas sejarah suatu PO bus, pada kesempatan kali ini ane mau membahas bus legend dari Kota Udang. Nama busnya adalah Sahabat,bus ini biasanya melayani trayek dari Cirebon menuju Jakarta.

Pada awalnya bus ini didirikan oleh Bapak Ade Wiyana di Cirebon pada awal 1970 (cmiiw). Dari beberapa sumber tidak disebutkan pasti kapan tahun berdirinya, tapi kemungkinan bus ini mulai beroperasi diawal 1970.

Awalnya bus ini bernama Pedoman, kemudian namanya berganti menjadi Kesatuan. Bus satu ini dilihat dari sejarahnya sering berganti nama, setelah memakai nama Kesatuan, terjadi perpecahan dalam manajemen. Sehingga melahirkan PO baru dengan nama Sahabat. Selain itu muncul juga PO Bhineka dari perpecahan tersebut.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Dalam kenangan bus Mitsubishi BM milik PO Sahabat.

Sumber Ilustrasi Foto


Dari beberapa sumber di internet menyebutkan bahwa PO Bhineka Sangkuriang masih ada hubungan keluarga dengan pemilik PO Sahabat, namun mereka menjalankan usahanya sendiri dengan manajemen yang berbeda.

Awalnya Sahabat melayani trayek dari Cirebon-Kuningan-Jakarta, kemudian pada tahun 1970 mereka juga membuka trayek menuju Merak. Selain itu mereka juga melayani trayek dari Cirebon menuju daerah Jogja dan Jawa Tengah (Purworejo, Semarang, Solo.)

Pada masanya, mereka juga memiliki armada bus Patas dengan trayek Bandung-Semarang. Sepertinya trayek ini sudah tidak beroperasi gan sist (cmiiw), yang sering TS lihat adalah bus kelas ekonomi mereka yang melayani trayek Semarang-Cirebon PP.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Sumber Foto Ilustrasi


Pada masa kejayaan transportasi bus, Sahabat juga mencoba peruntungan dengan membuka trayek menuju pulau Sumatera. Mengisi trayek dari Pati sampai Pekanbaru, trayek ke Sumatera ini sudah tidak beroperasi lagi. Berikut ini beberapa trayek yang pernah dilayani:

●Pati-Kudus-Semarang-Bandung-Jakarta-Lampung-Jambi-Palembang-Pekanbaru.

●Bandung-Cirebon-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Batang-Semarang.

●Bandung-Cirebon-Semarang-Salatiga-Nguter-Solo-Wonogiri.

●Jakarta-Cirebon.

●Merak-Cirebon.

●Merak-Kuningan via Cilimus dan Sindang Laut.

●Bandung-Cirebon-Purwokerto-Gombong-Kebumen-Jogja.


Kebanyakan trayek sudah off, yang masih aktif adalah trayek Cirebon-Kuningan-Jakarta, Cirebon Merak, serta Semarang-Cirebon (cmiiw). Untuk bus AKAP Ekonomi dulu masih non AC, tapi sekarang kelas Ekonomi sudah mulai beralih ke AC.

Untuk garasi utama ada di Cirebon didaerah Plered, berisi bus yang digunakan untuk rute AKAP dan Pariwisata. Selain itu mereka juga punya garasi di Bekasi (Cibitung), disini berisi bus yang digunakan untuk keperluan antar jemput karyawan.

Sedangkan dua garasi lain ada di Cikopo serta Soreang berisi unit bus Pariwisata, bus Priwisatanya bernama Sahabat Kita. Sesuai aturan pemerintah, PO bus ini juga sudah memiliki badan hukum dan sudah berada dibawah naungan PT Sahabat Prima Abadi.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Kelas Ekonomi PO Sahabat.

Sumber Ilustrasi Foto


Untuk livery busnya identik dengan warna abu-abu, putih dengan striping warna biru, pada masanya bus ini memakai berbagai jenis chasis bus. Mulai dari Mercedes Benz 1518 (King), Mercedes Benz 1521 (Kuler Jahat), Hino sampai Mitsubishi. Tapi saat ini mereka lebih banyak memakai bus bermesin Hino.

Untuk karoseri yang dipakai mulai dari karoseri Trijaya Union, Laksana serta Adiputro. Untuk saat ini mereka kebanyakan memakai body bus buatan karoseri Laksana dan Adiputro untuk bus AKAP dan Pariwisatanya.




Sahabat yang Terkadang Tidak Bersahabat


Bukan tanpa alasan TS memberi judul tersebut pada thread ini, jika kalian search nama PO Sahabat di google maka hasil yang muncul justru berita negatif. Salah satunya adalah penumpang yang sering dioper ke bus lain ditengah perjalanan, hal ini banyak ditulis dibeberapa media.

Dulu ada agan yang membuat thread tentang pengalaman buruk naik bus ini di Kaskus juga, mungkin agan TS-nya ada disini ? Ini dia threadnya, bisa baca disini, tinggal klik.

Bukan bermaksud menjelekan bus asal Cirebon gan sist, berdasar dari pengalaman teman TS juga. Sebenarnya bus asli Cirebon itu banyak yang suka mengoper penumpang ke bus lain ditengah jalan, termasuk bus Sahabat ini. Sehingga para penumpang gak sampai tujuan, pasti dongkol kan kalau kita naik bus harus dioper-oper gitu ? (Lah kayak main bola aja, padahal kita lagi naik bus emoticon-Hammer (S))


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

PO Sahabat dengan baju Discovery dari Laksana.

Sumber Ilustrasi Foto


Kejadian oper-mengoper penumpang ini biasanya terjadi dibus yang hendak menuju Cirebon atau Semarang atau arah Jakarta dan sebaliknya, kadang penumpang pun diturunkan ditengah jalan atau dioper ke bus lain. Selain suka oper penumpang, bus Cirebonan juga dikenal dengan kecepatannya.

Hal ini yang menyebabkan citra bus Sahabat ini jelek dimata masyarakat, selain itu meski sudah berbentuk PT. Untuk bus AKAP-nya kebanyakan masih mengadopsi sistem setoran, dimana krunya dituntut bisa mendapat penghasilan yang banyak.

Dilansir dari detik.com (26/05/2016), ada juga seseorang yang naik PO Sahabat dari Cirebon. Sesampainya Cikampek, orang tersebut bersama seluruh penumpang dalam bus Sahabat dioper ke bus Setia Negara yang dalam kondisi penuh. Untuk versi lengkapnya gan sist bisa baca disini.


Semoga ada pembenahan dari pihak manejemen PO, karena dijalur tersebut kini sudah masuk bus asal Jawa Timur yaitu Sugeng Rahayu dengan kelas Patas. Dengan trayek Surabaya-Madiun-Solo-Semarang-Cirebon-Kuningan.

Bukan tidak mungkin kedepannya eksistensi Sahabat dijalur Semarang-Cirebon akan segera menghilang jika tak ada pembenahan, padahal jalur ini tergolong gemuk. Tapi penumpangnya tidak mendapat pelayanan maksimal.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Sumber Ilustrasi Foto


Jika bus ekonomi mereka bermasalah, maka divisi Pariwisatanya justru kelihatan lebih baik dengan terus menghadirkan bus dengan body baru seperti Jetbus atau SR2.

Untuk livery bus Pariwisata mereka kini identik dengan warna putih strip hijau serta warna biru, sementara bus AKAP-nya kini identik dengan warna hijau daun. Meski kini mereka sudah mulai membenahi armadanya dengan body baru, kedepannya manajemen juga diharapkan terus memberikan inovasi baru untuk bus AKAP-nya. Agar kejadian oper-mengoper tidak akan terjadi lagi.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

PO sahabat dengan baju SR2, Kuningan-Jakarta.

Sumber Ilustrasi Foto


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

PO Sahabat Pariwisata, Hino RK 8 dengan baju Jetbus 3+ dari Adiputro.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Pariwisata PO Sahabat, Hino RK 8 dengan baju Legacy SR 1 buatan Laksana.

Sumber Ilustrasi Foto


Sebagai salah satu bus legend dari Kota Udang, sudah seharusnya Sahabat terus memperbaiki layanan dan armadanya agar tetap terus bertahan dijalurnya. Semoga PO satu ini bisa lebih baik lagi kedepannya, terutama dilayanan kepada penumpang.

Gan sist ada pengalaman seru, lucu atau bahkan menyebalkan dengan bus ini. Silakan nanti ikut berkomentar dibawah, sekian dulu ulasan dari TS, semoga bisa menambah wawasan baru buat kita semua. Sampai jumpa lagi dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rieruphie dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 5
Shabat yang kadang tidak bersahabat emoticon-Sorry

Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'


Komentar para juragan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Ternyata banyak yang punya pengalaman seru, lucu sampai tidak mengenakan dengan Sahabat kita ini emoticon-Ngakak

Terimakasih sudah berbagi disini emoticon-Nyepi


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
FYI gan sist, ane lupa nulis diatas. Kebanyakan bus bekas PO Sahabat dibeli oleh PO lain untuk dipakai ditrayek jarak dekat.

Salah satu yang membeli bus bekas mereka adalah PO Rela dengan trayek Solo-Purwodadi. Serta PO Setia Usaha dengan trayek Solo-Karangpandan-Tawangmangu emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Oper oper penumpang sih biasanya dilakukan oleh supir yang malas. Mau enaknya aja... eehhh bdw itu setia negara coba di ulas, kan ada si mr gaplex sang idola disanaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pool nya dulu Deket empal gentong enak Om di Plered.

Tapi emang bus Cirebonan image nya buruk, oper di jalanan, banyak pengaman, asongan maksa, tarif seenaknya.. kalo pulkam ane lebih suka naik kereta cirex atau bawa mobil sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
sering ngalamin sih naik bus dioper oper gitu di era '90an. dan rasanya emang dongkol banget. apalagi kalau bawa bawaan banyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu pernah naik sekali nih pas mau balik ke jkt, tp naiknya jurusan cirebon - merak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 6 lainnya memberi reputasi
dulu waktu masi rame Cerbon-Bandung, pernah ada kejadian konyol...

kehabisan solar di daerah Tomo...emoticon-Ngakak
..nongkrong lama dah..emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalau bicara sahabat ane jadi teringat alm mertua yang kerja di sahabat dari mulai di pool soreang sampai terakhir di pool plered. terakhir ane ke pool plered waktu ngurus uang pensiun dan bpjs, kondisinya udah lumayan tertata busnya lumayan banyak yang baru terutama untuk bus pariwisata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 5 lainnya memberi reputasi
Gilakk bus taun berapa nih gan 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane nggak pernah engeh ada armada ini deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 5 lainnya memberi reputasi
bus besar UHD sekalian aja dipakai khusus buat patas AKAP , kalau kelas ekonomi AKAP busnya SHD tarif biasa pasti males sopirnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
Sudah sangat lama tidak naik bis gan, dan untuk sahabat belum pernah naik. Saat ini kota menjadi tempat yang cukup tidak nyaman dengan kondisi saat ini. Jadi kembali ke desa saja dengan baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
Sahabat kalo yang ke Kuningan hidup segan mati gak mau gan!

Orang-orang lebih pilih anak, cucu, keponakan, kakek, nenek, paman & bibi Luragung jaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Waktu kecil sering naik bus ini dari Terminal Kalideres ke Rajagaluh, soalnya Nenek tinggal di Leuwimunding. Klo sekarang lebih suka naik kereta dari Gambir ke Cirebon trus lanjut naik elef ke Rajagaluh, soalnya bisa jalan2 dulu di Cirebon.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecong3 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pernah naik sekali, langsung ga pengen lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
pantesan primajasa mulai masuk Kuningan
siap siap deh .....
secara manajemen bus ( juragan) tasik rata rata lebih baik terutama Budiman dan primajasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Baca thread ginian tu jadi kangen naik bissss tapi corona bikin ane takut ey
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


coba nanti ane ulas gan, masih cari referensi emoticon-Big Grin



Quote:


terkenal kecepatannya juga ya gan, sempat viral juga tuh. tapi ane ngelihatnya malah ngeri




Quote:


yang lebih kasihan kalau yang dioper itu wanita atau ibu2 yang bawa anaknya gan


Quote:



dioper gak waktu itu gan ?


Quote:


waduh, dongkol banget pasti gan. apalagi kalau lagi dikejar waktu emoticon-Hammer (S)



Quote:


alm mertua bekerja sebagai staffnya kah gan ?

sekarang divisi pariwisatanya lebih baik, untuk akapnya kok ane belum begitu yakin emoticon-Hammer (S)



Quote:


70-an gan tapi masih eksis emoticon-Big Grin



Quote:


di Bekasi ada gan garasinya, kata temen deket pabrik co** c**a, untuk antar jemput karyawan. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


UHD setahu ane masuknya eksekutif gan, riskan kalau dibuat patas. cmiiw

tapi di sumatera banyak bus shd yang dijadikan ekonomi, dengan kursi 2-2 dan toilet. ekonomoi luxury kalau gak salah ingat kelasnya, beda daerah beda selera mungkin. cmiiw



Quote:


lebih adem ya gan, gak ribet emoticon-linux2



Quote:


luragung legend juga tuh gan emoticon-Big Grin

Quote:


paling enak kalau naik kereta ya gan emoticon-Big Grin



Quote:


ada pengalaman buruk apa nih gan ? emoticon-Big Grin



Quote:


betul lebih bagus manajemen primjas sama budiman gan, profesional menurut ane mereka.



Quote:


yang penting tetap mentaati protokol kesehatan gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane gembok ya, silakan pindah ke belakang emoticon-Shakehand2
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di