CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gawat! AS Izinkan Singapura Beli Jet Tempur F-35, Indonesia Kok Cuma Dapat F-16?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f731857c8393a500452ff10/gawat-as-izinkan-singapura-beli-jet-tempur-f-35-indonesia-kok-cuma-dapat-f-16

Gawat! AS Izinkan Singapura Beli Jet Tempur F-35, Indonesia Kok Cuma Dapat F-16?

Gawat! AS Izinkan Singapura Beli Jet Tempur F-35, Indonesia Kok Cuma Dapat F-16?

JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan sempat membahas F-16 Block 72 Viper ketika berjumpa Acting Under Sectretary of Defense for Policy US Department of Defense James Anderson. Pemerintah Indonesia memang sempat dapat penawaran pembelian seri tercanggih jet tempur F-16 tersebut oleh AS.

Hal ini bermula ketika rencana perkuatan persenjataan udara yang pernah diungkapkan Kepala Staf Angkatan Udara RI, Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, pada Oktober 2019 silam. Dikatakan bahwa F-16 Block 72 Viper akan didatangkan bertahap pada rencana strategis 2020 hingga 2024.

Laman resmi Lockheed Martin menyebutkan bahwa F-16 Block 72 adalah versi terbaru dan tercanggih dari F-16. Jet ini diklaim menghadirkan teknologi mutakhir kepada Angkatan Udara Indonesia dalam konfigurasi F-16 tercanggih yang ada di pasaran saat ini.

F-16 Block 70/72 menggabungkan peningkatan kemampuan F-16 tingkat lanjut dan peningkatan struktural. Konfigurasi F-16 Block 72 mencakup radar canggih Active Electronically Scan Array (AESA).

Kemampuan operasional Block 70/72 ditingkatkan lebih lanjut melalui tautan data canggih, pod penargetan, dan senjata; navigasi GPS presisi dan Sistem Penghindaran Tabrakan Tanah Otomatis (Auto GCAS).

Pesawat ini menggabungkan Sistem Electronic Warfare System (AIDEWS) Electronic Warfare (EW) internal. Sistem EW internal ini sepenuhnya terintegrasi dengan subsistem avionik lain dan memberi pilot kesadaran situasional yang kuat. Sistem EW ini juga mewakili teknologi digital EW paling modern yang tersedia, memberikan perisai elektronik yang aman terhadap rudal anti-pesawat dan ancaman dari radar musuh.

Dari segala kecanggihan itu, tetap kalah jauh dari jet tempur siluman F-35B. Yang sialnya, AS lebih bersedia memberikan pesawat F-35B ini kepada Negeri Jiran.

Menurut laporan, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan sudah sepakat menjual alat utama sistem persenjataan mutakhir itu dan tinggal menunggu persetujuan Kongres. kontrak pembelian pesawat tempur itu mencapai US$2,75 miliar (sekitar Rp37,5 triliun). Pesawat jenis ini lebih rumit karena bisa lepas landas dari landasan pendek dan mendarat secara vertikal.

"Usulan penjualan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat. Singapura adalah sahabat utama dan strategis dalam bidang keamanan dan menjadi kekuatan penting bagi stabilitas politik dan perkembangan ekonomi di kawasan Asia Pasifik," demikian isi pernyataan Badan Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan AS.

Niat Singapura untuk membeli jet buatan Lockheed Martin itu sudah diutarakan sejak Januari 2019. Pada Maret 2019, Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, menyatakan pesawat itu adalah cocok untuk menggantikan armada pesawat F-16 yang dianggap sudah uzur.

Tahapan pembelian itu adalah AS akan mengirim empat jet tempur F-35 ke Singapura terlebih dulu untuk uji coba, kemudian mereka akan dibolehkan menambah delapan unit lagi.

Nah, kembali pada persoalan pertemuan Luhut dengan petinggi Pentagon AS. Isu tersebut mengemuka, istilahnya AS memberikan pesawat tempur tercanggih ke Singapura, tapi untuk Indonesia cukup versi F-16 terbaru, yang secara kelas tentu jauh di bawah F-35B yang bakal jadi milik Singapura.

Dalam konteks ini, Luhut menaruh perhatian mengenai hal ini. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Menko Marvest Jodi Mahardi.

"Pak Menko juga angkat bahwa penjualan senjata berteknologi tinggi dari AS juga sepertinya tidak sepantar dengan yang diberikan ke Singapura. Jadi dibutuhkan signal bahwa memang betul AS melihat Indonesia sebagai mitra strategis," kata Jodi.

Saat dikonfirmasi apakah kekecewaan Luhut berkaitan dengan penjualan jet tempur F-16 Block 72 Viper ke Indonesia yang merupakan masih generasi ke-4, dan AS malah bersedia memberikan jet tempur lebih canggih generasi ke-5 yaitu F-35 ke Singapura, Jodi membenarkan hal tersebut.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ura-dapat-f-35

https://m.minangkabaunews.com/artike...dapat-f16.html

KOMENTAR TS:

terlepas dari topik thread diatas, Kadang saya bingung dan berpikir, kok bisa sih amerika menciptakan produk produk hi tech seperti ini?

Kok negara negara lain gak bisa, amerika bisa. Dalam arti sekedar membuat bisa, tapi yg berteknologi tinggi mengapa amerika selalu lebih unggul dari negara lain.

misalnya saja pesawat tempur, mengapa banyak sekali negara di dunia ini pakai pesawat tempur buatan amerika? Mengapa sih gak coba coba buat sendiri aja? Gak ada dana, atau SDM nya yg parah ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harunmasiku
Halaman 1 dari 5
lagi lagi anjing pemuja khontol amerika

bisa liat sendiri
anjing anjing amerika ini selalu memuja amerika
serta menjatuhkan indonesia

jadi ga heran
pemuja amerika di cap pengkhianat negara

emoticon-Traveller

-------------------------------
19 september
da lewat 1 minggu
semua di lakukan demi memuja khontol amerika

emoticon-Traveller
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Diubah oleh pasti2periode
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Emang Indonesia ada duit beli f35? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Emang kalo Indonesia diksh kesempatan beli F-35 duitnya ada??


emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GembelzBikerz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Oh.. ternyata TS klonengannya @lpdp cs. emoticon-Ngakak

Lanjut dah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mamarika sudah cukup kejet kejet kalau ada negara yang order SU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
redharbingerid dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Klo ada duitnya tinggal beli pesawat tempur siluman rusia aja. Beli pesawat pembom jarak jauh jg tuvolep yg bisa bolak-balik ke Australia tanpa takut kehabisan bahan bakar.

Kadang gw gregetan knp jendral kita trutama AD sangat ter obsesi ke barat. Pendidikan nya jg kebanyakan d amerika ky si prabowo jd mau gak mau kudu jd kacung Amerika.

Sekali2 ada orang kaya Megawati lg waktu pesawat F 16 milik Indonesia turun mesin di korsel tiba2 d sandra ga boleh di bawa pulang ke tanah air. Megawati lngsng beli 4 sukhoi sm 2 heli tempur. Belum dia beli jg kapal perang lain....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh smogal
Lihat 29 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 29 balasan
Negeri +62 ..baru rencana ... baru pengin sdh koar koar dolooan ..

Minta nya tipe yg wah ...

Giliran di tanya punya duit cash ... mingkem ..


Para sales jadi bingung emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Militer AS canggih...bs ngancurin negara2 komunis sampah
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Lagian mending ambil F-16V aja dulu, supaya gak kaget atas kemampuan penguasaan teknologinya terutama penggunaan dan perawatan radar AESA emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tucanoalf dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emang kuat miaranya/kasih makan ?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
SDMnya beda kualitas
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
Singpur bukannya lagi resesi ekonomi ya?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
Karena Indonesia udah punya pasukan 7jt onta idiot yg siap meleduk berjemaah. Hanya negara ini yg punya panci meleduk sebanyak ini jauh melebihi ISIS.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


terlalu jauh klo urusan teknologi... yg sederhana, alat perkakas saja banyak loh orang kaga tau namanya

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
Lha biarin aja singapore beli, mereka duitnya banyak, lagian pilotnya juga ga ada yang jago, dikasih pesawat canggih juga percuma
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
Pesawat mulu..

Roket sama kapal lautnya kapan ??
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
Indonesia kan haluan politik internasional nya itu NON-BLOK,atau nyari aman..zero enemy...ya tak bisa berhubungan erat sama negara lain dalam aliansi,dll..makanya tak di kasih beli alat tempur canggih..buat apa ? Kalau beli sama Russia pun paling di kasih barang KW..makanya harus di rubah politik nya ikut rombongan Amerika NATO, ikut rombongan Russia,atau ikut rombongan China..kalau Singapura kan jelas ikut rombongan Amerika..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mending gripen e aja, biaya operasional & perawatan lebih murah dari f16, apalagi f35.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan harunmasiku memberi reputasi
F-35 bukannya produk gagal
mending kerjasama sama rusky aja
US kampret
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan iri ama tetangga, punya kulkas baru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di