CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ditanya PKI Dimana Nggak Tahu, Siapa yang Jualan Komunis, Jawab Begini, Duh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f730e745cf6c44ec3667b40/ditanya-pki-dimana-nggak-tahu-siapa-yang-jualan-komunis-jawab-begini-duh

Ditanya PKI Dimana Nggak Tahu, Siapa yang Jualan Komunis, Jawab Begini, Duh

Ditanya PKI Dimana Nggak Tahu, Siapa yang Jualan Komunis, Jawab Begini, DuhSuara.com - Di tengah ramainya pembicaraan tentang isu komunisme dan ajakan nonton film Pengkhianatan Gerakan 30 September PKI tahun 1965 -- yang sudah menjadi semacam agenda rutin tahunan tiap bulan September -- politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean berharap agar bisa membedakan antara Partai Komunis Indonesia dan komunisme.

Sebelum bisa membedakan kedua hal itu, Ferdinand menyarankan untuk membaca buku-buku sejarah terlebih dahulu supaya bisa bicara secara tepat.

"Kalau belum bisa bedakan PKI dengan komunisme, dan belum bisa bedakan PKI sebagai organisasi dengan oknum anak PKI, ya sebaiknya banyak baca dulu biar tidak salah memahami substansi," kata Ferdinand.

"Ditanya PKI dimana nggak tahu, ditanya siapa yang jualan komunis? Jawabnya ada orang yang bangga jadi anak PKI. Duhh!"

Menurut penjelasan Ferdinand, PKI bukan ideologi, tetapi partai atau organisasi. Yang ideologi adalah komunisme.

"Jelas komunisme sebagai ideologi tak akan mati meski semakin ditingggal oleh dunia. Tapi PKI, jelas sudah mati...!!" katanya.

Kendati sebagian orang belum bisa membedakan PKI dan komunisme, tetap saja ramai kalau membahas isu kebangkitan.

Beberapa waktu yang lalu, Ferdinand menanggapi pernyataan sosiolog dari Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar.

"Komunis tidak pernah mati, tapi PKI sudah mati Pak. Rusia dan Cina saja tidak murni lagi komunis. Agama sudah tumbuh di sana. Jadi nggak usah menakut-nakuti. Jangan samakan komunis di Rusia dan Cina dengan PKI yang pernah kudeta. Kenapa PKI dilarang? Karena melakukan pemeberontakan. Profesor kok begini," kata Ferdinand.

Ferdinand juga pernah menanggapi pernyataan mantan Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo yang mengatakan kebangkitan komunis tidak bisa dilihat, tetapi bisa dirasakan.

"Pak Gatot, apakah artinya bahwa PKI ini baru hantunya yang bangkit hingga tak bisa dilihat tapi bisa dirasakan? Padahal bahkan hantu saja tak bisa dirasakan, kenapa bisa-bisanya PKI hanya bisa dirasakan? Apakah ini memang soal perasaan seperti cinta terpendam kepada PKI?" kata Ferdinand.

Ferdinand menilai kalangan yang lebih memercayai isu kebangkitan komunis ketimbang intoleransi sebagai "hanya orang bebal."

"PKI masa lalu dan tinggal sejarah. Itupun tidak jernih sejarahnya hingga sekarang, apakah kudeta pada penguasa atau kudeta pada Pancasila," kata dia.

"Hanya orang bocoh bebal yang lebih takut dan khawatir pada masa lalu yang sudah mati daripada masa depan yang nyata-nyata terancam oleh kaum intoleran HT, ISIS, Al Qaeda," Ferdinand menambahkan.

Menurut Ferdinand sebenarnya membosankan terus menerus membicarakan isu tersebut. Itulah sebabnya, dia mengajak untuk membicarakan tema lain yang menyangkut pembangunan negeri.

"Bosan ah bicara PKI, pokoknya besok 30 September 2020, kibarkan bendera merah putih setengah tiang di rumah masing-masing, kita berduka bahwa PKI pernah membunuhi para jenderal kita 1965 silam, dan PKI meski sudah mati adalah musuh abadi bangsa. Lebih baik bicara membangun negeri!" kata Ferdinand.

https://www.suara.com/news/2020/09/2...ini-duh?page=2



"Ditanya PKI dimana nggak tahu, ditanya siapa yang jualan komunis? Jawabnya ada orang yang bangga jadi anak PKI. Duhh!"



khas mereka yg suka teriak2 PKI...

Lagipula jati dirinya mank anak PKI masa ngaku2 anak kyai...

Lalu apakah dengan begitu dia PKI...

Buktinya mana.....

Apakah ngaku kalau bangga jadi anak presiden lalu dia jadi presiden gitu...

Apakah ngaku kalau bangga jadi anak polisi lalu dia jadi polisi...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Isda555 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
maklum agenda tahunan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunity dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kapan ketiduran?
video kapan hari ?

ternyata tahun 2018

profile-picture
profile-picture
profile-picture
saoyuan dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ILW
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Persis...

Ditanya PKI Dimana Nggak Tahu, Siapa yang Jualan Komunis, Jawab Begini, Duh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cemplonzzz dan 19 lainnya memberi reputasi
Jualan pki dan agama lah gatot bisa dapat panggung emoticon-Big Grin
Sukur" ada partai yang mencalonkan doi jadi pres/wapres emoticon-Big Grin



Bat@!
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan Judess memberi reputasi
Diubah oleh cacatsekali
Nunggu kaskuser goblok yang komen bahwa komunis = atheis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunity dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tebak nama tokoh
Sebelum teriak komunis
Spoiler for Tokoh:


Baca ni buku
Spoiler for Buku:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
Apakah ini memang soal perasaan seperti cinta terpendam kepada PKI?" kata Ferdinand.

Jleb ini, seperti rindu sangat pada maskot ban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Teriak anj@ng = PKI emoticon-Big Grin


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ILW dan 3 lainnya memberi reputasi
Nunggu ternakan sisa mca model yg idnya sniper" apa itu beserta cecunguk dan klonengan


Kalo pedo series yg demen hina uclim ampe ngetag sejuta umat sih udh nongol yg batu auto tebus

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ap_kt_or2 dan 5 lainnya memberi reputasi
G usah protes lah, itu acara tahunan, ada g da pki blkngan yg pnting koar dulu. Bendera nya bs d bikin dan sablon. Pokoknya beres lah
profile-picture
profile-picture
ap_kt_or2 dan agus774 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pki hanya isu, khilafah itu NYATA.
GanyangKhilafah
profile-picture
profile-picture
agus774 dan .Kadrun.Onta. memberi reputasi
Siapa yg bilang ga tau dimana PKI berada ??.. emoticon-Mad (S)

Ini buktinya ada.. emoticon-Mad (S)

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Ditanya PKI Dimana Nggak Tahu, Siapa yang Jualan Komunis, Jawab Begini, Duh


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cemplonzzz dan 7 lainnya memberi reputasi
Gw jg udh bilang
Sblm nya sepakati dulu yg mau dimusuhi PKI atau komunis nya?
Ya gpp klo lo jd antek orba toh itu gk dilarang kok,cm ya jgn diterima tanpa dipikir jg lah bacodan gank endana
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan galuhsuda memberi reputasi
Gak cape bahas ginianemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
tenang 2024 PKI akan hancur tanpa sisa
profile-picture
agus774 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo tuh anak PKI ngerencanain/ udah bikin gerakan/Neo PKI..lapor polisi.. klo ga ditanggapi lapor TNI yg paling alergi Ama pa kumis.. klo merasa nggak ditanggapi juga.. lapor USA yg udah pengalaman kontra kuminis di banyak negara... Klo mash nggak ditanggapi juga.. yah nasib percaya Ama kabar burung..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 6 lainnya memberi reputasi
Woi TS ada yg ngaku anak habib trus dia auto-habib walo kelakuannya gk mencerminkan seorang habib, trus tu habib lagi kabur ke negeri para habib disono status habib nya kurang menjual hingga cecunguknya dimari sering bikin baliho "pulangkan habib pulangkan habib, kami rindu habib".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cemplonzzz dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
abis tanggal 30 september bakalan gimana ceritanya isu PKI nih, kalo nunggu taun depan lg masih lama. yang semangat ya gorengnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 3 lainnya memberi reputasi
flopesor linglung
gatot gagal total merasakan pki sejak 2008
dianggapnya orang indonesie itu bodo semua

padahal mereka sendirinya yang geelooo
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan agus774 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di