CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Begini Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f72a74f10d295498a50d406/begini-mengatasi-mobil-mogok-karena-banjir

Begini Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir

Ada beberapa titik banjir di wilayah DKI Jakarta, agan harus berhati-hati berkendara saat banjir. Tanpa agan sadari genangan air dapat merusak mesin mobil. Maka dari itu agan harus ketahui cara mengatasi mobil mogok karena banjir.

Yuk ketahui lebih dalam bagaimana mengatasi mobil mogok karena banjir.

Cara Mengatasi Mobil Mogok Kebanjiran
Jangan Langsung Menyalakan Mesin Mobil
Mobil tidak boleh langsung dihidupkan saat keadaan mesin masih basah, apalagi posisi mobil masih terendam banjir. Lebih baik diderek dan periksa kondisi mesin mobil terlebih dahulu, serta membuatnya benar-benar kering.

Jika agan memaksa menyalakan mesin mobil saat masih dalam kondisi basah atau terendam, kerusakan yang terjadi bisa semakin parah, bahkan bisa menyebabkan korsleting dan terbakar.

Melepas Aki
Penanganan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melepas aki mobil setelah posisi mobil sudah diamankan dari genangan air. Dengan melepas aki mobil, agan bisa menghindari terjadinya korsleting dan kerusakan yang lebih parah.

Derek Mobil
Seperti yang sudah dikatakan pada poin pertama, langkah terbaik untuk menyelamatkan mobil yang terendam banjir dalam kondisi mesin mati adalah mendereknya.

Agan langsung hubungi layanan derek dan tunggu sampai pihak derek datang untuk membantu. Pada intinya, jangan langsung menghidupkan mobil ya!

Bawalah Ke Bengkel
Apabila mobil sudah di derek bawalah mobil ke bengkel. Kebanyakan bengkel telah mengetahui cara mengatasi mobil mogok. Perlunya penanganan khusus pada mobil mogok supaya tidak terjadi water hammer. Teknisi akan langsung membuka mesin dan mengeringkannya, serta melakukan pertolongan pertama dengan cepat.

Segera Keringkan Mobil
Mengeringkan bagian yang terlihat merupakan penanganan awal dari cara mengatasi mobil mogok karena genangan air. Seperti, bagian bawah mesin, eksterior, dan interior mobil.

Gunakan alat-alat pengering yang mudah didapat di rumah. Namun, jika merasa kesulitan untuk melakukannya, agan bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat.

Catat Ketinggian Banjir
Jangan lupa mencatat batas ketinggian air yang merendam bagian mobil. Dengan begitu, teknisi bengkel akan lebih mudah menindaklanjuti perbaikan yang kira-kira akan dilakukan.

Para teknisi akan memeriksa dengan saksama mengenai bagian mobil mana yang mengalami kerusakan dan bagaimana cara mengatasi mobil mogok akibat banjir dengan ketinggian air yang telah agan catat.

Segera Periksa Komponen Kelistrikan
Jika mobil agan sudah dibawa ke bengkel jangan lupa untuk memeriksa kabel dan komponen listrik yang saling terhubung. Pastikan tidak basah dan tidak ada air yang masih menggenangi bagian tersebut. Sangat bahaya jika dibiarkan, kondisi terparah bisa menyebabkan konsleting dan terjadi kebakaran.


Setelah mempelajari bagaimana cara mengatasi mobil mogok karena banjir, diharapkan agan bisa mengambil langkah lebih bijak supaya kerusakan mobil nantinya tidak bertambah parah.






Sumber: tunastoyota


profile-picture
bedypop memberi reputasi
Nah info ini niih gan sis yang dibutuh kan oleh banyak orang khususnya di daerah ibukota dan sekitarnya yang sering banjirr, kan jadi bisa jaga jaga kalau gini mah wkwk
Semoga aja nih gan sis wabah dan musibah bencana seperti banjir kaya gini lagi udah ga terjadi di Indonesia, sehingga tidak ada lagi korban baik secara fisik maupun materi
Makasih gan sis infonya menarik banget selain servis mobil yang rutin hal hal yang tidak terduga seperti banjir ini juga harus bisa diatasi dan dipelajaringan sis agar bisa teratasii
nice info gan, berguna banget nih soalnya musim ujan bentar lagi dan kemungkinan besar akan banjir. walaupun amit amit bakal terjadi tapi seenggaknya bisa siap siap.
Wihhhh ane jadi tau nih gan kudu apa kalo mogok gegara banjir
Ane selalu panik kalo kena banjir dan mogok gitu, mesti pengennya nyalain mesin
Apalagi masih musim ujan gini ya gan, jadi serem kan kalo gatau penanganannya
Harus tau kudu apa sih kalo mogok entah banjir atau engga
Nice info nice thread gan
Sukses kedepannya
Semoga bermanfaat
Dorong pak Eko
Harus tau trik2 kaya gini bagi daerahnya yg rawan banjir gan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di