CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Keren, Kecerdasan Buatan Bisa Ngegambar Hasil Baca Pikiran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f71ddb4b8408872ef56c4dd/keren-kecerdasan-buatan-bisa-ngegambar-hasil-baca-pikiran

Keren, Kecerdasan Buatan Bisa Ngegambar Hasil Baca Pikiran


Makin kesini perkembangan teknolgi makin “gila” GanSis. Hal – hal yang sebelumnya mungkin gak kepikiran ama banyak orang sekarang justru bisa dibikin. Teknologi kecerdasan buatan ini misalnya GanSis.

Tim peneliti dari University of Helsinki berhasil membuat antarmuka otak – komputer terbaru. Antarmuka ini bisa memahami apa yang dipikirkan seseorang dan membuat gambar berdasarkan apa yang dipikirkan orang tersebut. Dengan menafsirkan sinyal otak, sistem kecerdasan buatan (AI) ini mampu menghasilkan gambar umum yang sesuai dengan karakteristik yang dipikirkan.

Keren, Kecerdasan Buatan Bisa Ngegambar Hasil Baca Pikiran

kemampuan terbaru AI ni dengan sempurna menafsirkan dan menampilkan pikiran seseorang, sehingga memunculkan harapan untuk bisa mengembalikan kemampuan berkomunikasi orang-orang dengan penyakit di otak.

Tim peneliti ini melibatkan 31 partisipan yang diperlihatkan serangkaian gambar wajah manusia sambil merekam aktivitas sinyal di otak mereka. Para partisipan ini diminta untuk fokus pada ciri- ciri tertentu, seperti senyum wajah atau wajah lansia, sambil perangkat elektroensefalogram (EEG) dimasukkan ke dalam jaringan saraf.

Komputer kemudian mendeteksi pola aktivitas tertentu yang terjadi setiap kali seseorang melihat wajah yang cocok dengan yang mereka cari dan menggunakan data ini untuk membangun gambaran jenis wajah yang ada di benak orang tersebut.

Berdasarkan informasi tersebut, antarmuka akan menghasilkan citra wajah baru dengan karakteristik yang relevan, dan tingkat keberhasilannya 83%. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Scientific Reports ini menyebutkan, temuan tersebut selain membantu mereka yang memiliki masalah komunikasi, juga berpotensi digunakan membantu kreativitas orang agar mengalir.

Para peneliti juga menjelaskan kalau mereka ingin menggambarkan atau mengilustrasikan sesuatu tapi tidak bisa melakukannya. Nah, kecerdasan buatan inilah yang akan membantu tercapainya tujuan tersebut.

Meskipun teknologi ini masih dalam tahap awal, para peneliti mengatakan bahwa pekerjaan mereka ini penting karena ini membuktikan kalau komputer bisa dilatih untuk membaca pikiran subjektif berdasarkan EEG. FYI, teknologi ini dinamakan “pemodelan generatif neuroadaptive”. Kedepannya teknik ini akan dikembangkan lebih jauh lagi untuk menciptakan antarmuka yang mampu menguraikan elemen yang lebih halus dan detil dari pikiran seseorang.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivanddd dan 4 lainnya memberi reputasi
yang paling gw nantiin dari teknologi medis yaitu antiaging...
biar ketika udah umur 50 an,,sel-sel masih bisa regenerasi..
profile-picture
profile-picture
ivanddd dan jlamp memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Wah ini bisa sangat berguna untuk berbagai bidang sih gan
disatu sisi penemuan ini sangat bermanfaat.. tp disisi lain bisa jadi bumerang apalagi kalo dimanfaatkan oleh orang yg salah.. bisa jadi buat kejahatan nanti..
kedengarannya menarik ini emoticon-Matabelo

kadang muncul ide nada lagu yg ada elemen vocal (cewe/cowo) dan instrumen yg rasanya keren dipikiran dan hilang gitu aja dan gak bisa dicatat.

berhubung ane ga bisa nyanyi dan musik dari alat asli dan software. tanpa harus cari talent vocal dll, kalo teknologi ini bisa berkembang lebih jauh ane bisa bikin musik sendirian dong. emoticon-Ngakak

tp dari penjelasan masih sebatas gambar doang kayaknya huhuhu. emoticon-Frown
Waduuhh teknologi medis nih keren banget gan, makin pesat perkembangan sekarang gan kereenn
Wowww majunya teknkologi jadi makin beragan juga yaaa mantap
Jayaaa
ini bakal bermanfaat banget sih kalau dipakai sama orang yang bener tapi kalau dipakai sama orang yang salah pasti kacau
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jadi penasaran teknologi-teknologi di masa depan nanti kayak gimana ya apa benar di abad 22 nanti kayak Doraemon wkwkwk ane selalu penasaran dari dulu
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalau beneran alat-alat Doraemon bakal beneran ada di abad 22 wah keren sih banyak yang pengen ane cobain pakai alat itu
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Terimakasih infonya!
semoga bisa bermanfaat ke pembaca pembaca lainnya yaaaa.
nice thread gan!
.
.
#DirumahAja


Wihhhhh semakin maju jaman gaperlu pake tangan yak nggambarnya
Cukup dipikirin aja
Keren bgt sih ini, bisa ngegambar hal2 yg sulit digambar pake tangan hahahaha
Ini gampang kalo mau nggambar wajah cewek, tanpa harus minta fotonya
Makin makin ajah teknologi sekarangg
Ya emang namanya komputer dan algoritma skrg pokoknya bisa digunakan buat swmua hal ya gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Penting banget nih perkembangan teknologi seperti ini buat dunia kesehatan, bisa mempermudah para dokter dan perawat dalam mengambil keputusan disaat yang genting


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di