CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Curhat Pria Melihat Teman tak Beradap Ketika Ditraktir Makan, Bikin Netizen Ribut!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f71b9b3c0cad70969422267/curhat-pria-melihat-teman-tak-beradap-ketika-ditraktir-makan-bikin-netizen-ribut

Curhat Pria Melihat Teman tak Beradap Ketika Ditraktir Makan, Bikin Netizen Ribut!

Quote:



Welcome To My Thread


Quote:


Hallo, selamat sore, Gansist. Jumpa lagi dengan ane. Kali ini ada berita yang bikin netizen ribut. Okay, langsung saja, yuk, disimak!

Di mana-mana, mentraktir teman merupakan suatu hal yang biasa. Baik itu ketika si teman mendapat rejeki lebih, atau karena sedang membutuhkan teman makan. Namun, ada juga yang mentraktir teman sebagai ucapan syukur karena akan melangsungkan momen bahagia dan lain sebagainya.

Setiap orang tentu punya pemikiran berbeda-beda dalam segala hal. Tidak terkecuali saat ditraktir makan oleh teman. Ada yang beradap, ada juga yang aji mumpung. Pesan sesuka hati karena tidak bayar sendiri. Kejadian seperti ini tentu banyak dialami oleh gansist, kan?

Bay the way, gansist sering berada di posisi yang mana, nih? Yang mentraktir atau ditraktir?

Yang mentraktir atau yang ditraktir bukan masalah, asal kedua belah pihak sama-sama saling menyenangkan hati. Tidak seperti kasus di bawah ini.

Beredar di media sosial perihal seorang teman yang mengundang 11 teman dekatnya untuk makan di restoran. Undangan tersebut sebagai rasa syukur karena telah berlangsungnya acara wisuda anaknya. Di antara ke sebelas teman, ada satu yang memesan makanan dengan harga yang cukup membuat kaget. Sampai-sampai istri dari teman yang mentraktir memandang dengan raut terkejut ke arah suaminya.

Quote:


Wow! Menurut gansist salah tidak, teman yang ditraktir itu memesan sesuka mereka? Jika iya, adakah alasannya selain karena disuruh memesan sesuai selera?

Ane sendiri termasuk orang yang sungkan saat ditraktir teman. Sekalipun ia teman dekat. Apalagi jika tahu seperti apa kondisi ekonominya. Lagi pula, kita semua tentu diajari adap oleh orangtua kita. Baik itu saat menerima pemberian atau pun dalam hal memberi.

Tetapi, kisah di atas mengundang keributan di antara warganet. Ada yang merasa wajar jika pesan sesuka hati. Ada juga yang tidak setuju dengan alasan adap dan etika.

Quote:


Sebelum memutuskan mentraktir teman, yang traktir tentu sudah menyiapkan diri untuk membayar alias menanggung apa saja yang dinikmati oleh teman-temannya. Akan tetapi, sebagai teman yang peka, saat ditraktir juga harus tahu batas dan punya rasa sungkan saat memesan makanan. Setidaknya, jangan berlebihan. Apalagi jika yang diundang itu hanya diri sendiri, tapi malah membawa serta anak dan istri. Yang traktir apa, iya, sanggup? Kecuali dia memang orang kaya raya.

Quote:


Nah, bagaimana dengan komentar yang ini? Apakah harus punya kondisi ekonomi yang wah dulu baru boleh traktir teman? Jika seperti itu, kapan bisa berbaginya, coba?

Hm, menurut ane, yang traktir ada baiknya mengundang teman-temannya untuk makan di rumah saja. Biar istri dan anaknya yang memasak. So, tidak terjadi hal-hal yang bikin nyesek dan kantong kering dalam waktu beberapa detik. Buat teman-teman yang ditraktir, juga berpikirlah tentang keuangan teman yang traktir. Jangan malah aji mumpung! Bawa keluarga pula, pesan makanan yang mahal-mahal. emoticon-Cape d...

Ane yakin, deh, bakal kapok itu orang yang traktir. Mungkin cukup sekali ngundang teman yang satu itu. Benar-benar bikin kaget jika tidak punya duit yang cukup.

Okay, sekian thread dari ane. Sampai jumpa lagi, Gansist. Jangan lupa seret teman-teman yang suka pesan seenak udelnya dimari, ya. Haha emoticon-Ngakak

Biar mereka paham, etika dan adap itu penting.


Penulis: @darmawati040
Referensi: Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deltadiaz dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
bodo amat , gua ga suka makan rame2 sukanya makan sendiri sambil nonton Netflixemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pendapatmu?
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
orang yang traktir nya juga gak akan suka kalo lihat curhatan dia
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan darmawati040 memberi reputasi
Saya sering nraktir sahabat2 saya. tapi saya bodo amat mau dia pesen lebih mahal dari saya, lebih murah dari saya. karena tiap orang pnya prinsip yang berbeda.

Kalo udah niat, traktir 2 jt pun pernah saya kluarin buat makan bareng sahabat

klo orang spt kasus diatas itu ciri khas manusia Drama. dikit2 dilebaykan padahal tinggal makan aja udah ada yg bayarin malah asik bikin drama emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh hansenraynaldhi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Hahaha emoticon-Ngakak
Quote:

wkwkwkw emoticon-Ngakak B ajah
Hmmmm pro kontra ya tapi kalo ane tim yang nggak lebih dari pengundang si
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fireznaya dan 2 lainnya memberi reputasi
Maksimal sama ky tuan rumah, secara kode etik kan sudah dikasih contoh.
Mula2 yg pesen tuan rumah.

Kalo ane emang agak beda paa di undang makan2, pasti dikasih porsi lebih dan dibawa pulang.

Secara ane dulu anak rantau dan kost.
Yg nraktir emak2 milenial, suruh bungkus buat sarapan.
Lumayan bisa irit ongkos sarapan katanya.
emoticon-Cendol Gan

Kadang kalo giliran ane yg traktiran, noh emak2 itu pesen yg sederhana.
Alesan nya, kasihan anak kost, rantau bujang lagi.
Duitnya dikumpulin buat nikahan.
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
Luthfi98 dan darmawati040 memberi reputasi
Selama ini belum pernah ketemu orang ajimumpung begitu, malah pas tau mau di traktir, dikasi opsi tempat makan yg gak mahal, yang penting bisa nongkrong lama dan ngakak bareng emoticon-shakehand


profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
asal gantian aj sih, hari ini ditraktir besok gantian nraktir.
emoticon-Jempol
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
jarang di traktir..,

tapi kalo prasmanan di resepsi nah itu baru..,

daripada ga abis dan di bawa balik ama catering nya..,
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Anjiirr itu sih kaya orang baru nemu makanan kampret emoticon-Leh Uga yg ngundang juga harus Terima konsekuensi nya emoticon-Cool
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
sebenarnya yang nraktir pasti udah nyiapin uang lebih sih, nggak bakal nraktir kalau nggak ada uang.. taaapiiii.. emang ada baiknya kalau di traktir jangan berlebihan..
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Klo pelit pelit ja njer jgn alasan kwn hrus sungkan ya resiko situ traktir tmpat yg lumayan keluarin kantong, ketika ada org traktir gw, gw gk sungkan2 ambil apapun bgitu juga pas gw traktir org krna apa ? krna LU YG TAWARIN & LU JUGA YG MEMULAI ya kan ?
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan comrade.frias memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini kya jd mkn bubur diaduk atau kaga emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan darmawati040 memberi reputasi
hmmm gimana ya.. ini kan sudut pandang orang ketiga, "tuan rumah" pun belum tentu merasa keberatan kalo ada undangan pesen lebih mahal kan?? orang itu baru berasumsi emoticon-Bingung

tapi, kalo ane secara pribadi sih menerapkan etika yang gak tertulis ini.. kasarnya "jangan aji mumpung lah, apalagi sampai kelihatan kayak orang gak pernah makan" hehehe emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
Aku ora melu komen....emoticon-Ngacir


*lha wong gak ada yg traktir
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tergantung mentalnya, mental pengemis atw bukan...

Waktu msh sd, ane pernah diundang bwt ngisi acara seni di salahsatu kampus. Trus ortu ane ngasih uang jajan sambil bilang "jgn ngerepotin kakak panitia ya..."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
menjijikan gak punya harga diri emoticon-Najis (S)
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Salah satu sifat orang jawa banget nih, ga enakan hahaha ane juga sering ngalamin, kalo ditraktir pesennya yang lebih murah daripada yang nraktir
profile-picture
profile-picture
knoopy dan darmawati040 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sosoan nraktir, tp gamau keluar banyak
Makanya jangan kebanyakan gaya
emoticon-Bingung
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di