CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Amankah Hamil Di Masa Pandemi Covid-19? Apa Kata Statistik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f71900d337f937c11038b6e/amankah-hamil-di-masa-pandemi-covid-19-apa-kata-statistik

Amankah Hamil Di Masa Pandemi Covid-19? Apa Kata Statistik?

Amankah Hamil Di Masa Pandemi Covid-19? Apa Kata Statistik?

Beberapa orang yang saya kenal, baru saja melangsungkan upacara pernikahan di masa-masa pandemi covid-19 ini masih berlangsung. Ketika saya bertanya sambil bercanda, "Pakai kondom ga nih?"

Maka kompak jawabannya kurang lebihnya, "Nggak donk, buat apa juga pakai kondom? Dah resmi ini."

Secara moral, etika dan agama, jawaban mereka benar, dapat nilai 100.

Namun apa tidak mengkhawatirkan ya sebenarnya, kalau sampai terjadi kehamilan di masa pandemi covid-19 ini?

Kalau secara bahaya covid-19 terhadap kehamilannya sendiri, juga terhadap janin yang ada di dalam kandungan, sebenarnya secara logika tidak ada masalah, karena virus covid-19 (sampai saat ini, cmiiw), hanya menyerang lewat saluran pernafasan. Tidak menyerang atau menginfeksi lewat darah, ataupun saluran pencernaan.

Sehingga mestinya (dlm pikiran TS, cmiiw), virus covid tidak secara langsung membahayakan kandungan dan janin di dalam kandungan.

Namun ketika TS googling tentang kehamilan di masa pandemi, maka ada fakta statistik yang mengejutkan. Dari berbagai belahan dunia, angka statistik menyatakan bahwa terjadi lonjakan kasus bayi gugur dalam kandungan selama masa pandemi covid-19 ini.

Kalau bukan virus covid-19, lalu apa penyebabnya?

Ada beberapa dugaan, bahwa pemicunya bukanlah virus covid-19 itu sendiri, tetapi situasi yang tercipta akibat pandemi covid 19, situasi-situasi itu antara lain seperti :

1. Lockdown menyebabkan ibu hamil yang harusnnya rutin diperiksa selama masa kehamilan, akhirnya tidak bisa memeriksakan kandungan ke dokter kandungan secara langsung, mungkin hanya lewat telepon, atau bahkan tidak diperiksa sama sekali.

2. Orang tua kuatir adanya penularan covid-19 di RS, sehingga menunda pemeriksaan, atau tidak mau memeriksakan kehamilan ketika merasa ada gejala yang kurang baik. Padahal bisa jadi, gejala tersebut merupakan symtom dari kondisi yang berbahaya.
Amankah Hamil Di Masa Pandemi Covid-19? Apa Kata Statistik?

Jadi bagaimana dengan pasangan yang menerima kabar gembira berupa kedatangan calon bayi di masa pandemi ini?

1. Jangan jadikan kekhawatiran akan covid-19, menghalangi anda dan pasangan untuk memeriksakan kondisi ibu yang sedang hamil dan bayi yang ada di dalam kandungan secara rutin.

Cari klinik atau rumah sakit yang :
- Menyediakan fasilitas khusus bagi ibu dan anak yang terpisah dari fasilitas lainnya.
- Menerapkan protokol pencegahan covid-19 dengan ketat dan tegas.

Sehingga kondisi kandungan tetap diperiksa secara rutin, dengan meminimalkan kemungkinan terpapar covid-19 saat memeriksakan kandungan.

2. Kumpulkan informasi-informasi penting mengenai masa-masa kehamilan, terutama tentang diet dan pola gaya hidup yang positif bagi kehamilan. Bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati.

Apalagi di masa seperti saat ini, sebisa mungkin lengkapi diri kita dengan informasi yang tepat. Tujuannya agar terjaga dari kondisi yang beresiko, dan jika ada gejala yang penting, tidak pula terlambat memeriksakan diri.

3. Siapkan peralatan ukur seperti alat timbang badan, pengukur tensi darah dan termometer untuk memeriksa suhu tubuh. Misalnya jika ibu yang mengandung punya riwayat diabetes, siapkan juga tes gula portable.

Dengan demikian, ketika ada halangan untuk memeriksakan diri, masih bisa menyampaikan parameter-parameter penting seperti tekanan darah, peningkatan berat badan, dsb; saat pemeriksaan kandungan mau tidak mau cuma dilakukan lewat telepon, dsb.

Amankah Hamil Di Masa Pandemi Covid-19? Apa Kata Statistik?

Tentu saja segala macam tindakan pencegahan selalu menyisakan resiko, menurut TS pribadi, alangkah baiknya jika untuk sementara waktu ketika pandemi masih berlangsung, tidak ada salahnya jika kita (pasutri) menghindari kemungkinan terjadinya kehamilan di masa pandemi ini.

Bagaimana pun juga, kondisi tubuh seorang wanita saat hamil, tentu berbeda dengan ketika tidak hamil. Ada beban lebih yang harus dia tanggung, asupan nutrisi harus berbagi dua dengan jabang bayi yang ada di dalam kandungan, dst.

Akhir kata, semoga semuanya bisa melewati pandemi ini dengan selamat, dan bagi yang menerima kabar bahagia tentang adanya calon bayi mau datang ke dunia, semoga dilindungi selalu baik kedua orang tua maupun bayi dalam kandungannya.

Salam....


Sumber referensi :
1. https://www.the-hospitalist.org/hosp...uring-covid-19
2. https://www.newswise.com/coronavirus...covid-lockdown
3. https://www.jwatch.org/na52028/2020/...use-stillbirth
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
iyaaa ane pernah baca jg kt dokter kandungan kl bisa dihindari ya hindari duluuu untuk punya anak sampe pandemi setidaknya udh terkendaliii. kasia bumil dan babynyaaaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cobanamakamu dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Bumil itu termasuk rawan gampang terinfeksi.
Mending pandemi gni...ikutan KB dah...soalnya klo hamil taruhannya bukan 1 nyawa, tapi 2 sekaligus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinggirankali dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Istri saya termasuk yg hamil dimasa pandemi, waktu awal hamil belum ada pandemi, tapi waktu sudah masuk ke trimester kedua pandemi corona baru masuk Indonesia, mana pekerjaan kami berdua termasuk yg beresiko paling tinggi tertular, tapi alhamdulillah istri dan anak saya sehat walfaiat sampai lahiran, sekarang demi keamanan anak saya, saya titipkan dulu kepada orang tua saya, selagi saya sama istri masih bekerja ditengah pandemi gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blues... dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Di saat pandemi hamil?
Gak ada yang salah

udah bener calon anak itu tempatnya di dalam rahim,bukan di closet emoticon-Angkat Beer

Jaga kesehatan,patuhi protokol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
34222 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ya nggak masalah sih emang takdirnya dikasih anak saat pandemi, yang penting ada bapaknya, bertanggungjawab
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Termasuk ane gan, yg baru nikah kmrn agustus, takut jgn hamil dulu lg pandemi, ekonomi jg lg susah..

tp kita gamau KB gamau pake kondom juga, jadi nya manual aja emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Gpp lah. Berdoa ma yang Kuasa ajah. Asal ada bapaknya pastinya yaaemoticon-Leh Uga
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Program hamil udah 6tahun, lahdalah malah dikasih positif pas pandemi.. Hanya Tuhan yang mengatur yang terbaik untuk keluarga kami. Hanya bisa berusaha maksimal menjaga kesehatan sesuai protokol yang ada. Untungnya dokter kandungan bisa praktek datang ke klinik pribadi yang ada USG 4D juga sehingga tidak harus datang ke rumahsakit buat checkup. Semoga saat kelahirannya nanti covid sudah terkendali dan dapat bersalin dngan tenang, aman dan lancar. Aamiin
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan newbiepolll memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ya yg berbahaya emang pas persalinan kalau harus ke rumah sakit misal, kan bahaya terpapar juga
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
sedih sih, temen deket ane lagi hamil nih, jadi lebih rempong aja, parno ke RS sedangkan harus periksa. udah gitu tar pas lahiran juga lbeih ribet dari biasanya harus menaati aturan rumah sakit.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
resikonya hamil saat pandemi itu penghasilan berkurang, sementara biaya lahiran relatif tetap bahkan nambah karna wajib rapid/swab dsb. belum lagi biaya ngerawat anak.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gabisa dipungkiri tapi pandemi giniiii bikin banyak yang hamil siiih karena dirumah aja teruuuus
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Iya emang bener berisiko sih, tapi tentu saja sebagai orang tua yang sedang menantikan kelahiran anaknya harus siap dengan situasi di masa pandemi
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sehat-sehat para bumil emoticon-Kiss
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Emm berarti bakal beresiko juga yak ,,,
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Insha Allah baek baek ajah

Eh betewe kalo beresiko ngeri juga ya. Emm.

Singgah lagi, bakar jagung numpang yaa
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Jadi kalau dibilang covid-19 berbahaya dlm artian resiko ke janin sebenarnya nggak.

Kalau ibunya, ya resikonya kurleb sama spt orang lain.

Ditengarai yg sering terjadi adalah, karena orang tua kuatir pandemi, kemudian jd jarang memeriksakan kondisi ibu dan kehamilan-nya.

-++-

Jd masalahnya skrg ada pada bgmn orang tua atau pasutri bisa ttp mengawasi proses kehamilan, kondisi ibu dan pertumbuhan janin, dgn ttp menjaga prosedur2 utk menghindari paparan covid.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
untung saya tak hamil
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Hamil ngga masalah, tapi yg rawan itu kondisi wanita sedang hamil rentan terhadap kandungan
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di