Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ms0Avatar border
TS
ms0
[COC BOARDGAME] Takenoko Game Rules
Komponen
28 Plots
36 Green Bamboo sections
30 Yellow Bamboo sections
24 Pink Bamboo sections
20 irrigation channels
9 Improvements
46 "objective" cards
4 Individual boards
8 action chips
1 weather die
1 Panda
1 Gardener
1 Rule booklet





Setup
Tempatkan "pond tile" khusus di tengah permukaan permainan. Tempatkan tukang kebun dan patung panda di plot ini. Campurkan ubin Tanah Kavling yang tersisa untuk membentuk tumpukan gambar, menghadap ke bawah.


Letakkan saluran irigasi dan perbaikan (disortir menurut jenis) di sebelah tiang pancang ini sebagai cadangan.


Sisihkan kartu "Emperor" dan urutkan sisa kartu berdasarkan kategori (plot, tukang kebun, panda) dan kocok menjadi tiga tumpukan, menghadap ke bawah.
Setiap pemain menerima papan individu, 2 chip aksi dan satu kartu untuk setiap kategori (setiap pemain memastikan untuk menyembunyikan kartunya).


Pemain tertinggi memulai permainan.



How to Play
Putar pesanan berjalan searah jarum jam. Saat gilirannya tiba, pemain harus melakukan dua langkah dalam urutan ini:
Tentukan kondisi cuaca
Lakukan tindakan dan selesaikan tujuan


I. Tentukan Kondisi Cuaca
Peringatan: cuaca mulai berlaku selama putaran kedua permainan. Di babak pertama, pemain mengabaikan langkah ini dan langsung melanjutkan ke babak berikutnya. Pemain memutar Die Weather dan menerapkan efek kondisi iklim yang diperoleh.


Matahari


Matahari yang cerah bersinar di taman bambu.


Pemain mendapatkan tindakan tambahan. Tindakan ini harus berbeda dari dua tindakan reguler mereka.


Hujan


Hujan yang deras menyirami rebung muda.


Pemain dapat menempatkan bambu di plot irigasi pilihannya, hingga batas empat bagian per plot.


Angin


Angin segar bertiup melalui taman bambu.
Pemain dapat, tetapi tidak diharuskan, melakukan dua tindakan yang identik di babak ini (bukan dua tindakan yang berbeda).


Badai 

Langit bergemuruh dan petir menyambar, membuat panda takut.


Pemain dapat meletakkan panda di plot pilihannya. Untuk pulih dari ketakutannya, hewan pemalu itu memakan sebatang bambu.


Awan 


Awan abu-abu menggelapkan langit. Tidak apa-apa, sekarang saatnya untuk melanjutkan dan melakukan beberapa pekerjaan praktis.


Pemain memilih chip Peningkatan dari yang tersedia di cadangan. Ini kemudian dapat ditempatkan segera di plot atau disimpan di Dewan masing-masing. Jika Peningkatan tidak tersedia, pemain menerapkan efek kondisi iklim lain pilihannya (matahari, hujan, angin atau badai).




Jika dia mendapatkan "?" , pemain memilih kondisi apa yang ingin mereka terapkan pada giliran ini: Matahari, Hujan, Angin, Badai, atau Awan.





Pemain memiliki dua tindakan untuk diambil yang harus dipilih dari lima opsi.


CATATAN: tindakan ini harus berbeda satu sama lain.


Untuk menyelesaikan pilihan mereka, pemain meletakkan dua chip di ruang yang sesuai di Dewan masing-masing. Urutan penyelesaian tindakan dipilih oleh pemain. Kemudian pemain memberikan Die Weather kepada pemain di sebelah kirinya.


A. Plot


Pemain menggambar tiga plot, memilih satu dan menempatkan dua lainnya kembali di atas geladak, menghadap ke bawah dalam urutan pilihannya.


Plot yang dipilih kemudian dimainkan dengan mengikuti salah satu atau kedua aturan berikut:


Plot ini bersebelahan dengan "pond tile" khusus.
Plot ini berdekatan dengan dua plot yang sudah dimainkan.
Setiap plot dapat menumbuhkan satu dan hanya satu pucuk bambu warnanya.


Catatan: plot di sebelah kolam khusus dan yang memiliki perbaikan daerah aliran sungai secara otomatis diairi! Bagian bambu segera ditambahkan. Terlepas dari warnanya, beberapa plot memiliki Perbaikan bawaan.






B. Saluran Irigasi


Pemain mengambil saluran irigasi dari cadangan.


Irigasi dapat langsung dimainkan atau disimpan untuk putaran berikutnya. Jika seorang pemain memiliki saluran irigasi di cadangannya, saluran itu dapat digunakan kapan saja selama gilirannya; ini tidak dihitung sebagai tindakan.


Irigasi ditempatkan di perbatasan dua petak dan membentuk jaringan yang selalu dimulai dari sudut khusus “pond tile”.


Sisi "pond tile" khusus tidak dapat menampung saluran irigasi. Sebuah plot diairi jika memiliki setidaknya salah satu dari kondisi berikut:


Kalau berbatasan dengan "pond tile" khusus, dalam hal ini irigasi dilakukan secara otomatis.
Setidaknya satu dari enam tepinya memiliki saluran irigasi.
Memiliki perbaikan daerah aliran sungai.
Saat plot diairi untuk pertama kali, ruas bambu akan ditambahkan warnanya. Sebuah plot memenuhi syarat untuk pengambilan gambar pertama ini hanya sekali. Jika saluran irigasi mengairi dua petak secara bersamaan, satu bagian bambu ditambahkan ke setiap petak.






C. Tukang Kebun


Pemain menggerakkan tukang kebun dalam garis lurus, sejumlah plot ke arah pilihannya. Tukang kebun hanya diperbolehkan berpindah petak, bukan ruang kosong antar petak. Dia menumbuhkan sebatang bambu di plot tempat dia menyelesaikan gerakannya serta di semua plot yang berdekatan langsung dengan warna yang sama.


Jika satu petak memiliki bambu dengan tinggi empat ruas, maka tidak ada ruas yang ditambahkan, karena 4 ruas adalah ukuran maksimal rebung.


Ingat: Bagian hanya tumbuh di plot beririgasi, bahkan jika tukang kebun menyelesaikan langkahnya di plot atau di plot yang berdekatan.






D. Panda


Pemain menggerakkan panda dalam garis lurus, sejumlah plot ke arah pilihannya. Panda makan bagian bambu dari plot tempat dia menyelesaikan gerakannya.


Pemain menyimpan bagian Bambu ini di papan pribadinya. Dapat digunakan untuk memenuhi tujuan Panda Raksasa.






E. Tujuan
Pemain menarik kartu objektif dari kategori yang mereka pilih dan menambahkannya ke tangannya.


Pengingat: seorang pemain hanya boleh memiliki maksimal 5 kartu. Jika seorang pemain memiliki lima kartu di tangannya, dia tidak dapat menarik kartu keenam. Dia harus menyelesaikan setidaknya satu tujuan sebelum menggambar lagi.


Menyelesaikan tujuan tidak dihitung sebagai tindakan.


Kapan saja selama gilirannya, pemain dapat menyelesaikan tujuan jika kondisi yang ditunjukkan pada kartu terpenuhi. Untuk menyelesaikan tujuan, pemain menempatkan kartu menghadap ke depan. Dimungkinkan untuk menyelesaikan beberapa tujuan pada giliran yang sama.


Penting: tujuan yang diselesaikan tidak pernah hilang, bahkan jika kondisi di papan berubah. Cukuplah bahwa kondisi yang tertera di kartu dipenuhi pada saat tujuan diselesaikan.


Tujuan Plot

Kartu-kartu ini mewakili tiga atau empat plot yang berdekatan.


Untuk memenuhi tujuan ini, konfigurasi yang tertera di kartu harus tercermin di taman bambu.


Penting: Agar valid, kombinasi harus seluruhnya terdiri dari plot beririgasi.


Tujuan Tukang Kebun




Kartu ini mewakili:


rebung empat bagian, dengan perbaikan khusus
rebung empat bagian, tanpa perbaikan
sekelompok rebung dari tiga bagian tanpa kendala perbaikan.
Untuk memenuhi tujuan ini, konfigurasi yang tertera di kartu harus tercermin di taman bambu.


Tujuan Panda




Kartu ini mewakili 2 atau 3 bagian bambu.


Untuk memenuhi tujuan ini, pemain harus memiliki bagian yang diperlukan di papan individualnya. Bagian-bagian ini harus dimasukkan kembali ke cadangan setelah tujuannya selesai.




Perbaikan
Perbaikan dapat dibangun ke dalam plot (dalam hal ini dicetak pada plot) atau dapat ditambahkan jika pemain telah memperoleh chip peningkatan berkat kondisi cuaca "Awan". Jika pemain memiliki peningkatan dalam cadangannya, itu dapat digunakan kapan saja selama gilirannya; ini tidak dihitung sebagai tindakan.


Perbaikan hanya dapat ditambahkan ke plot yang bambu belum tumbuh (ini berarti plot yang baru saja ditempatkan, plot yang tidak diairi, dan plot di mana Panda baru saja memakan semuanya).


Setiap plot dapat memiliki satu dan hanya satu Peningkatan (baik bawaan atau tambahan), dan tidak mungkin untuk mengubahnya nanti.


Lampiran




Kandang melindungi bambu di petaknya. Panda bisa bergerak menyeberang atau berhenti di situ, tetapi tidak bisa makan bambu di sana.


Pupuk




Pupuk meningkatkan pertumbuhan bambu di petaknya. Setiap kali bambu tumbuh, dua bagian ditambahkan, bukan satu (tergantung maksimal 4 bagian biasanya).


Watershed




Watershed menyediakan semua air yang dibutuhkan bambu di petaknya. Oleh karena itu petak ini tidak perlu diairi dan secara otomatis mendapat manfaat dari penambahan pertumbuhan pertama yang berhubungan dengan irigasi.


Peringatan: Watershed dalam kondisi apapun tidak dapat digunakan sebagai permulaan sistem irigasi baru.






How to Win 


Kemenangan Game tergantung pada jumlah pemain:


2 pemain: ketika seorang pemain menyelesaikan tujuan kesembilannya, itu memicu babak terakhir.
3 pemain: ketika seorang pemain menyelesaikan tujuan kedelapannya, itu memicu babak terakhir.
4 pemain: ketika seorang pemain menyelesaikan tujuan ketujuh, hal itu memicu ronde terakhir.
Pemain yang memulai babak final mengambil kartu 'Emperor' Khusus (senilai 2 poin) dan menyelesaikan gilirannya.


Catatan: Seorang pemain masih dapat menyelesaikan tujuan lain selama giliran memicu babak final.


Para pemain lain kemudian masing-masing memiliki giliran terakhir di mana mereka dapat mencoba menyelesaikan tujuan untuk meningkatkan skor mereka. Akhirnya, Emperor memberi penghargaan kepada para pelayannya yang paling pantas setelah pemeriksaan ekstensif:


Setiap pemain menjumlahkan poin yang ditunjukkan pada tujuan mereka yang diselesaikan selama pertandingan. Kartu apa pun yang masih ada di tangan tidak memiliki nilai.


Pemain dengan skor tertinggi memenangkan permainan dan menerima ucapan selamat dari Emperor. Jika seri, pemain dengan poin terbanyak pada kartu objektif Panda menang.


Jika terjadi seri selanjutnya, para pemain yang terikat berbagi kemenangan 

Strategi

Plot Rush
Strategi terbaik, jika berhasil untuk Anda, adalah terburu-buru. Anda SELALU ingin memulai dengan mencoba yang ini. Gunakan tindakan Objective untuk menggambar tujuan Plot kedua dan ketiga Anda segera saat melakukan tindakan Plot untuk membangun papan agar memenuhi pola yang Anda butuhkan. Tidak banyak pola yang berbeda dalam tujuan Plot, jadi lawan Anda akan membantu Anda menyelesaikannya. Jika Anda dapat menyelesaikannya dengan cepat, lanjutkan menggambar lebih banyak tujuan Plot untuk melaju hingga akhir permainan. Jika Anda tidak segera menyelesaikan beberapa pertama, Anda harus beralih ke strategi yang lebih seimbang dalam menggambar tujuan Gardner dan Plot, tetapi biasanya, Anda akan mempercepat jalan Anda sampai akhir dan menang dengan telak. Tujuan Anda akan memiliki poin lebih sedikit, tetapi Anda akan menang jauh sebelum lawan Anda sehingga Anda masih dengan mudah memiliki lebih banyak poin secara total. Satu-satunya tujuan Gardner yang akan Anda miliki adalah yang dari tangan awal Anda sementara Anda harus selalu memiliki satu tujuan Panda di mana Anda dapat menerapkan bambu yang Anda peroleh melalui gulungan cuaca Lightning. Strategi ini sedikit kurang efektif dalam Varian Lanjutan di mana Anda membuang tujuan yang sudah selesai saat ditarik dan menggambar yang baru, tetapi bahkan saat Anda bermain dengan aturan ini, Anda tetap harus mencoba strategi ini di setiap permainan.

Pemangkasan Bambu
Dalam strategi ini, Anda fokus pada tujuan Gardner dan Panda. Anda menggunakan tindakan Tukang Kebun untuk menumbuhkan bambu yang Anda butuhkan untuk Tujuan Tukang Kebun dan kemudian tindakan Panda untuk memangkasnya ke ukuran yang benar. Sasaran Panda sering kali dapat diselesaikan dengan sangat cepat dan keduanya memiliki hadiah poin yang tinggi, jadi secara keseluruhan, Anda akan memiliki jumlah rata-rata poin yang lebih tinggi.

sumber
sumber
jokoariyantoAvatar border
tien212700Avatar border
tien212700 dan jokoariyanto memberi reputasi
2
516
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan