CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DN Aidit Bukanlah Apa-Apa, Ternyata Inilah Sosok Dalang PKI di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f71313e10d29510b564f109/dn-aidit-bukanlah-apa-apa-ternyata-inilah-sosok-dalang-pki-di-indonesia

DN Aidit Bukanlah Apa-Apa, Ternyata Inilah Sosok Dalang PKI di Indonesia

DN Aidit Bukanlah Apa-Apa, Ternyata Inilah Sosok Dalang PKI di Indonesia


Peristiwa G30S/PKI tak lepas dari peran sang Ketua Umum Partai Komunis Indonesia (PKI), Dipa Nusantara Aidit atau yang lebih akrab disebut DN Aidit.

Sosoknya menjadi tokoh utama dalam kegiatan-kegiatan PKI.

Bahkan di bawah kepemimpinannya, PKI menjadi salah satu partai terbesar di Indonesia.

Kematian Aidit pun sekarang masih menjadi kontroversi dan di mana jenazahnya pun tidak diketahui.

Asal muasal adanya PKI di Tanah Air berasal dari seorang sosialis asal Belanda, Henk Sneevliet.

Henk mendirikan partai bernama Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV) yang merupakan embrio PKI.

Setelah Indonesia merdeka ISDV berganti nama menjadi PKI yang lambat laun semakin membesar dengan ratusan ribu pendukung

dan dinobatkan sebagai partai komunis non-penguasa terbesar di dunia setelah Rusia dan China tentunya.

Banyaknya massa PKI disebabkan rakyat Indonesia (saat itu) menilai ideologi komunis cocok dengan keadaan mereka.

Tentu tokoh partai Palu Arit Indonesia yang paling dikenal ialah Dipa Nusantara Aidit/DN Aidit.

Memang sih, DN Aidit dianggap yang paling bertanggungjawab atas peristiwa berdarah G30S PKI

dan tabu jika ia mengaku tak tahu menahu mengenai peristiwa tersebut.

Namun siapa sangka jika Aidit bakal menjadi 'anak bawang' jika bertemu dengan dua pentolan PKI ini.

Tersebutlah Muso Manowar atau Munawar Muso alias Musso dan Alimin bin Prawirodirdjo.

25 Desember 1925, para pemimpin PKI mengadakan pertemuan kilat di daerah Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Dalam pertemuan itu mereka membahas aksi berupa pemogokan hingga angkat senjata

yang bakal dilakukan oleh kaum tani serta buruh.

Tujuannya ialah melancarkan aksi pemberontakan di seluruh nusantara kepada pendudukan Belanda.

Rencana itu lantas harus disampaikan kepada wakil Komunis Internasional (Komintern) yang berada di Singapura.

PKI lantas mengirim Alimin dan Musso ke Singapura.

Komintern di Singapura menindaklanjuti rencana pemberontakan tersebut dengan memberangkatkan keduanya ke Moskow, Uni Soviet.

Rupanya Musso dan Alimin langsung dihadapkan kepada pemimpin besar Komunis, yakni Stalin ketika di Moskow.

Musso dan Alimin

Mereka berdua menerima mandat dari Stalin agar rencana pemberontakan dibatalkan dulu saja

serta mengubah cara kerja PKI menjadi bawah tanah dengan menyebarkan propaganda kepada Belanda.

Tapi Musso nekat, sekembalinya ke tanah air ia melancarkan pemberontakan kepada Belanda di Batavia dan Sumatera Barat.

Karena persiapan kurang matang, pemberontakan tersebut langsung ditumpas dan Belanda melarang adanya PKI lagi di Nusantara.

Musso dan Alimin ditangkap Belanda dan dipenjara.

https://aceh.tribunnews.com/amp/2020...nesia?page=all

Jas merah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rakhmad508 dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
DN Aidit Bukanlah Apa-Apa, Ternyata Inilah Sosok Dalang PKI di Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rakhmad508 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Ingat pki sudah melakukan rangkaian kekejaman dan pelanggaran ham di indo. Komunisme dilarang dan sampai saat ini peraturan yg melarang komunis di indo mulai diupayakan dihapus oleh komunis2 generasi baru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 141 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 141 balasan
kalau boleh jujur gw senang dengan ak 47 dan rpg 7 tapi tidak dengan komunismenya, padahal 2 senjata itu dibuat oleh kaum buruh di pabrik sekitaran rusia yang bercorak sosialis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antrokz dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jerrystreamer1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kok ketiga orang itu mau-maunya nerima paham komunis ya?

Memang background agamanya bagaimana? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diki174 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
Dr 2008 gatot angkat PKI. Black Panda blm buron saat itu.. Tp kadrun kaga menang2 sampai saat ini.

Goblok aja kl msh mau pakai isu ini..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizshad dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Msh ada 1 pertanyaan blm terjawab ...

Aidit ... muso ... alimin


Agama mereka apa emoticon-Malu



*tanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bungtak.selalu dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
Beritanya kayak banyak opini daripada menyajikan sisi sejarahnya....

Harusny d gali lebih jauh kalo mau blg Aidit iti anak bawang dsb..

Ada apa emang kalo DN Aidit d anggap penjahat besar PKI ???

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
astagfirullah, akhir2 ini PKI udah bangkit lagi di daerah bekasi dan mojokerto, PKI nya menghalang2i orang ibadah emoticon-Takut

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuriandaru dan 8 lainnya memberi reputasi
tapi tahukah anda kalau Henk Sneevliet itu juga anti penjajahan yg dilakukan negaranya, Belanda, terhadap Indonesia? bahkan dia terlibat gerakan yg ingin memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda. Juga tahukah anda kalau Henk juga anti fascist, dan mengabdikan hidupnya memerangi Nazi sampai akhirnya dia ditangkap dan dieksekusi Nazi. Hidup ini tidak semuanya hitam putih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
sudah lah stop berita pembodohan public emoticon-anjing

g bosen apa tiap taun pki mlo yg dibahas, disuruh di tunjukin mana pki yg msh ada malah mingkem . tolol emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh uzuaan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Cang ato jangan lupa
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan entop memberi reputasi
Aliran Henk mati suri disini,ga berkembang.
Penyebab nya komunisme Henk terlalu kaku karena masih asli ajaran Karl Marx, orang sini tahun 20an mana bida diajarin yg ribet2, akhirnya kelompok Henk mati suri pas big boss dideportasi balik ke Belanda.

Komunis Indoneia yg jadi PKi itu gedenya di Serikat Islam, karena ajaran simpel.
Dan pake ilmu agama islam.........
Ga percaya? Muso itu emang sapa? Bisa balik dari Soviet langsung pengikut bejibun?
Dia murid HOS Cokro dan temen 1santri Soekarno!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nievmizzet dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
ngapain bikin thread ginian sebetulnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manemaker77 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh EnzoMan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
aidit gak ada apa apa nya di bandingkan Karl Marx, penemu komunis. saking hebatnya karl marx, di yakini hampir seluruh ideologi di seluruh dunia saat ini diam diam mengadopsi (walau tidak 100%) ide ide Karl Marx, atau ajarannya disebut Marxism.

bahkan lenin, stalin, dan mao zedong, tidak ada apa apa nya dibandingkan karl marx, karena mereka semua berguru pada karl marx.

begitu hebatnya karl marx, ane jamin banyak orang di sekitar ente yg tanpa mereka sadari, sudah menjadi pengikut marxism. why? karena ajaran karl marx itu stateless (tanpa batas wilayah negara), alias ide karl marx di miliki semua umat manusia yg merasa sehati dan sependeritaan dgn karl marx, tidak peduli apa ras dan golongan nya.

menurut marxism, anda bisa dikatakan pengikut marxism jika anda benci dengan uang (anti kemapanan, suka nyinyir orang yg lebih enak hidupnya dari ente, dll dll). brapa banyak sih org kek gitu di sekitar kita? banyak sekali gan. bahkan sodara2 ente sendiri juga pasti banyak yg kek gitu. bahkan mereka ngaku paling beragama sekalipun pasti pernah ente liat mengekspresikan rasa ketidaksukaan nya pada orang kaya. nah itu artinya orang yg katanya beragama itu, sebenarnya juga komunis juga sebenarnya.

putin dan jinping, kalo ngeliat gebrakannya selama ini, bisa dibilang pengikut karl marx, bukan lenin atau stalin. pengikut karl marx yakin dunia akan menjadi komunis asalkan negara mereka menjadi super power gemah ripah loh jinawi yang makmur dan kaya rakyatnya. singkat kata, kalo menjadikan dunia komunis, mereka harus kasi contoh keberhasilan komunis dengan dirinya dulu, menjadi negara kaya dan super power, guna mempermalukan negara2 non komunis lainnya, itu ide karl marx. terbukti ide ini cukup ampuh di indonesia, udah mulai banyak org indonesia yg mengidolakan cina sebagai model negara berhasil yg musti di adopsi indonesia.

kim jong un dan fidel castro sebaliknya, adalah pengikut ajaran lenin. sama sama komunis, tapi beda taktik. lenin percaya komunis harus tumbuh dari negara yg serba terbatas dan tertekan agar tumbuh rasa sosialis diantara masyarakat nya, guna mempermudah step berikutnya, menjadi komunis. terbukti ajaran lenin kurang berhasil, buktinya soviet runtuh. lebih sukses ajaran komunis nya karl marx. buktinya banyak org indo mengidolakan cina sebagai jagoan asia mereka menghadapi supremasi kapitalis amerika dan blok barat.

indonesia itu condong ke ajaran lenin dan stalin, karena ada kesamaan sejarah, yaitu pernah tertekan pernah di jajah belanda ratusan tahun, pernah lama ngerasain ideologi sosialis dibawah soekarno, pernah banyak juga rakyat indonesia yg pro komunis di era soekarno, jadi ide ide lenin stalin gak asing buat org indonesia sebenarnya. lihatlah betapa senangnya rakyat kala ada bagi bagi sertifikat tanah gratis, lihatlah betapa buruh dibebasin dikasi panggung buat demo mayday dan tuntutan mereka nyaris gak bisa ditolak pemerintah. semua itu aura komunis sebenarnya. bersama kita kuat. itulah ideologi lenin stalin. orangmiskin dan terpinggirkan, kalo di satukan, jadi angkatan kelima, jadi kuat. kelemahan ide lenin stalin adalah, butuh waktu lebih lama utk mengkomuniskan indonesia. yg penting hindari pertikaian langsung, tetap lancarkan propaganda bawah tanah, ane yakin cepat atau lambat indonesia akan jadi komunis, asalkan jangan ulangi kesalahan sama kek musso dan aidit dahulu. kenapa ane yakin? karena struktur sosial masyarakat indonesia sendiri itu sangat berbau komunis dari sono nya. tinggal di kasi landasan baku aja biar arah negara lebih terukur, tidak ngambang kek sekarang.

kalo dibilang ada kebangkitan PKI di indonesia, jawaban ane adalah ya dan tidak. karena bukan PKI nya yang bangkit, tapi komunis nya yg bangkit. tidak buat PKI, tapi ane setuju utk kebangkitan komunis nya di indonesia emang beneran terjadi.

ciri utama komunis adalah kaum buruh nya galak galak, bahkan pemerintah aja terkesan tidak berani. liat aja demo demo buruh di indonesia. itu ciri komunis. komunis yakin kaum buruh (termasuk kalangan bawah yg terpinggirkan macam mereka yg gabung ke ormas ormas pentungan itu) harus berkuasa di indonesia, harus menumbangkan majikan mereka, dan ambil alih sumber daya manusia majikannya utk mereka sendiri. jadi hari buruh yg dirayakan tiap tahun, menurut ane, itu adalah hari kebangkitan komunis lah yg sebenarnya mereka rayakan. omnibus law di tentang buruh karena sama saja mematikan perjuangan buruh itu sendiri.

yg paling kenceng teriak teriak anti PKI itu biasanya mereka sendirilah yg komunis sebenarnya. cara tercanggih utk ngumpet yah kayak gitu caranya. PKI lebih mudah dikambinghitamkan karena sosoknya berupa parpol. tapi komunis adalah ide pemikiran, stateless tanpa batas negara, akan sulit bagi rakyat indonesia gy mayoritas bodo bodo itu utk mengidentifikasi mana komunis dan mana gy bukan komunis, karena tanpa di sadari mereka sendiri sudah jad komunis sebenarnya, walau beragama sekalipun. cara paling gampang menjadikan indonesia komunis adalah mengadopsi karl marx, bukan lenin. sudah banyak org indonesia yg berjiwa marxism, mereka semua siap di gerakkan oleh orang2 pemberani macam gatot dll itu. hanya butuh penyulut saja utk memulai revolusi seperti itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
r352alit dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xanax..for.sale
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Quote:


islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
muso dan alimin pun belum tentu bisa membangkitkan lagi PKI pasca kudeta gagal yg mrk lakukan.

Nyatanya aidit lah yg bs bangkitkan PKI.
JADI JELAS MUSO DAN ALIMIN PUN SEGAN SAMA AIDIT... Lebih pro....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fa.uz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Negara Komunis Afghanistan sebelum negara api (USA) menyerang

DN Aidit Bukanlah Apa-Apa, Ternyata Inilah Sosok Dalang PKI di Indonesia


profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 3 lainnya memberi reputasi
Henk mendirikan partai bernama Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV) yang merupakan embrio PKI.

Setelah Indonesia merdeka ISDV berganti nama menjadi PKI yang lambat laun semakin membesar dengan ratusan ribu pendukung.


Ini ada salah dalam narasi sejarah nya

PKI dari tahun 1926 udh ada nama PKI, ISDV masih ada tapi makin kecil dan ga ada artinya pasca Henk dideportasi.
ISDV akhirnya bubar sendiri.
ISDV bukan embrio PKI,tapi embrio komunis di Indonesia.
Semua pengurus partai ISDV ga ada di PKi pas PKI berontak terhadap Belanda, udah bubar saking gurem nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lpk02
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
artinya PKI adalah satu satunya partai yang melawan Belanda, demi membebaskan rakyat dari ketertindasan oleh Belanda, Betul ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Stephen.cau dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di