CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f70b2c010d295212b606512/cara-ane-menanam-cabai-merah-dengan-memanfaatkan-karung-bekas

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Saat Pandemi seperti ini, di rumah saja memang akan memberikan rasa jenuh apabila tidak diisi sesuatu yang bermanfaat. Momen bercocok tanam sepertinya menjadi solusi tepat untuk mengisi kebosanan tersebut. Dalam hal ini ane punya ide yakni menanam cabai merah. Selain bahannya mudah didapatkan, terdapat bahan-bahan pendukung seperti tanah, sekam bakar dan pupuk kandang. Persiapan menanam semakin lengkap karena ane juga bisa memanfaatkan karung bekas beras yang tertumpuk di dapur.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Tanpa perlu berlama-lama lagi ane mulai menggunakan karung/goni sebagai wadah untuk tempat menanam cabai merah. Halaman belakang rumah yang cukup luas dapat dimanfaatkan untuk menempati karung berisi tanaman cabai.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Sebagai langkah awal tentu saja ane menakar terlebih dahulu penggunaan media tanam dengan pupuk kandang dengan rasio 4:1. Percampuran keduanya kemudian ane tempatkan pada karung yang telah disediakan sebelumnya. Wadah berisi campuran media tanam dan pupuk kandang ini dimaksudkan sebagai tempat persemaian.

Bibit ane dapat dari beberapa sisa cabai merah tua yang tidak digunakan untuk memasak kemudian biji cabainya ane sebar ke tempat persemaian. Masing-masing biji tersebut ane bagi ke beberapa karung yang telah berisi campuran media tanam dan pupuk kandang di dalamnya.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Setelah semua biji cabai merah disebarkan pada setiap karung berisi media tanam. Maka butuh waktu sekitar 7 sampai 10 hari untuk melihat pertumbuhannya. Tempat menyemai dalam hal ini sekaligus menjadi tempat budidaya karena sudah diatur sedemikian rupa.

Namun apabila ane mendapati bibit yang tumbuh secara bergerombol maka akan dipisah atau dipindahkan ke polybagdengan berisi media tanam dan pupuk kandang.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Pada proses pemindahan tentu saja ane lakukan pencabutan secara perlahan agar tidak merusak akar bibit cabai merah. Sebagai tips untuk menjaga kondisi tanaman cabai mudatersebut tetap terjaga, ane membongkar tanah persemaian dengan media tanam masih tetap menempel pada akarnya. Pada polybag ane lubangi media tanam secukupnya untuk menjadi tempat budidaya berikutnya bagi tanaman cabai yang dipindahkan dari tempat persemaian. Sebagai catatan, proses pemindahan bibit cabai ini ane lakukan hanya terhadap tanaman dengan kondisi tumbuh yang bergerombol saja.

Setelah semua tanaman cabai berada di tempat/karung budidaya maka hal yang berikutnya perlu diperhatikan adalah proses penyiraman. Kegiatan ini ane lakukan dalam rentang waktu 3 hari sekali dengan tujuan agar tanah di dalam karung budidaya tetap gembur dan memadat.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Sekian cara ane menanam tanaman cabai merah yang saat ini sudah semakin besar daunnya dan berharap menghasilkan banyak cabai merah untuk keperluan bumbu dapur. Bagi agan dan sista (pembaca)sekalian tidak salah bila mengikuti cara yang ane lakukan tanpa harus keluar biaya besar untuk bercocok tanam.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

Sumber:Dokumentasi Pribadi dan Aktivitas Ane Bercocok Tanam.

Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas
Cara Ane Menanam Cabai Merah dengan Memanfaatkan Karung Bekas

profile-picture
profile-picture
profile-picture
d0dittt dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh theoneta
Halaman 1 dari 3
Wow Thread baru lagi dari agan theoneta ini mantap, ciamik tentang tanaman cabai merah emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan lapar.bang memberi reputasi
Bisa ane cobak iniemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
trsutres dan yayimra memberi reputasi
Quote:


Kalau begitu ane juga ikutan nyoba gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dipakein pupuk gitu gak gan?
profile-picture
profile-picture
trsutres dan gabener.edan memberi reputasi
Setahu ane dipakein pupuk kandang tuh gan, sesuai yang ane baca sih emoticon-Leh Uga
Cabai merah ya, hmm boleh juga ini idenya apalagi buat yang doyan sambal emoticon-Ngacir2
Boleh di coba nih
Masih mending tanam sendiri, kalau cuma beli aja tekor pengeluaran emoticon-Mewek
Quote:


Kalau boleh tahu agan suka juga bercocok tanam nih? emoticon-Shakehand2
Iyah lumayan lah gan hehehe belajar jugaa
profile-picture
coloridos memberi reputasi
Quote:


Ada yang demen bercocok tanam juga nih emoticon-Shakehand2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Betul gan pakai pupuk kandang yang dari kotoran hewani emoticon-Jempol
Masih mau menanam gan? Ajak-ajak ane kalau ada benih cabai lain selain cabai merah ini ya? Kalo mau sih emoticon-Malu (S)
Beuh ane pun demen sama yang beginian gan,sambal cabe merah enak lho emoticon-Cool
Cabai pedas gan, hati-hati waktu menghaluskannya, jangan sampai kena ke mata emoticon-Ngacir2
Cabai merah enak nih kebetulan lagi mahal di pasaran, ane mau sih tanam beginian emoticon-Cool
Tanaman cabe ane mengkerdil semua, daun dah buahnya keriting. Banyak sekali kutu putih di bawah daun. Kira2 penyebabnya apa dan ngilangin kutu putih gimana? Tiap kali tanam pasti begitu hasilnya.
profile-picture
profile-picture
mrs.theoneta dan coloridos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Harga cabai sudah mahal jadi kalau bisa tanam lebih murah emoticon-Ultah
Cabai merah, pedasnya seperti sambal ABC, ehh maaf, jadi ngiklan emoticon-Sorry
Mari kita bercocok tanaman cabai, karena pedasnya itu yang bikin ane suka. Eh Cabai rawit dink emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di