CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Perbanyak Vitamin C dan Vitamin D di Masa Pandemi Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f707117b8408878364b52b2/perbanyak-vitamin-c-dan-vitamin-d-di-masa-pandemi-covid-19

Perbanyak Vitamin C dan Vitamin D di Masa Pandemi Covid-19


Perbanyak Vitamin C dan Vitamin D di Masa Pandemi Covid-19

Jakarta, Akurat24 : Dimasa Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi Vitamin C dan Vitamin D untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, karena kedua Vitamin tersebut merupakan asupan nutrisi yang tidak boleh terabaikan apalagi masa pancaroba ini.

Seperti di kutip Antara belum lama ini dari Dokter spesialis Gizi klinik RS Pondok Indah Dr Raissa Edwina Djuanda “Betul, memang berpengaruh (pada sistem imun tubuh) Vitamin C dan D memang sudah di rekomendasikan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk diberikan kepada orang yang positif terinfeksi virus Covid-19,”

Masih menurut Dokter Raissa, untuk dosis yang di butuh untuk tiap-tiap orang adalah berbeda dan salah satu nya di sesuaikan dengan berat badannya, dan secara umum orang dengan berat badan lebih rendah atau kecil perlu dosis vitamin dengan dosis yang lebih sedikit.

Namun hal tersebut juga mesti perhatikan untuk kondisi kesehatan masing2 individu, semisal nya bila orang tersebut mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu atau tidak, usia, wilayah tinggal dan paparan sinar matahari (khusus vitamin D).

Walaupun begitu, rekomendasi dari halaman Healthline menganjurkan Vitamin C untuk dewasa dan anak berusia 4 tahun ke atas yakni melebihi 60mg per hari, dan untuk Vitamin D per ghari kebanyakan ora ng sxehat memerlukan 10-20 mikrogram (400-800 iu), namun tetap di anjurkan agar berkonsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kemudian dari halaman seperti WebMD, dimana pakar kesehatan disana menganjurkan Vitamin C harian adalah 200mg dan Vitamin D sekitar 10-25 mikrogram (400-1000 IU) perhari untuk pencegahan COVID-19.

Untuk Vitamin C dan D dapat di peroleh dari makanan seperti Jambu biji, Kiwi, Jeruk, Cabai, Paprika, Brokoli dan Bayam. dan Khusus Untuk Vitamin D dapat juga di peroleh dari Telur, Ikan, Susu/Bahan makanan yang sudah terfortifikasi dan jamur. Sumber Vitamin D juga bisa di dapat dari sumber yang gratis yaitu Sinar Matahari.

Untuk cara menyajikannya dokter Raissa juga memberikan saran metode kukus agar kandungan vitaminnya dapat terjaga dengan baik serta di anjurkan untuk jangan memasaknya terlalu lama dan suhu yang terlalu tinggi, serta jangan di lakukan berulang2 alias di panaskan berulang-ulang.

Untuk buah di anjurkan untuk di konsumsi segera setelah buah di potong ataupun jika di jadikan jus maka maksimal waktu setelah jadi jus adalah 2 jam jika dalam kondisi suhu ruangan.

Masih menurut dokter Raissa perihal dengan suplemen Vitamin C dan D ada baik nya jika sebelum mengkonsumsi nya terlebih dahulu untuk konsultasi kan ke dokter, supaya bisa dikondisikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Mari Hidup Sehat dan lebih sehat serta menuju kesehatan yang lebih lebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini.




GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di