CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral, Kades Ngastemi Mojokerto Larang Warga Kristen Ibadah di Wilayahnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6f790d68cc95058366a040/viral-kades-ngastemi-mojokerto-larang-warga-kristen-ibadah-di-wilayahnya

Viral, Kades Ngastemi Mojokerto Larang Warga Kristen Ibadah di Wilayahnya

Viral, Kades Ngastemi Mojokerto Larang Warga Kristen Ibadah di Wilayahnya


Suara.com - Beredar surat berisi larangan warga Kristen di Desa Ngastemi, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto dilarang melakukan ibadah di rumah.

Akun Twitter @romeskop mengunggah foto penampakan surat berisi larangan beribadah untuk
umat Kristen tersebut.

"Wow! Amazing, beribadah kembali dilarang, dilarang mencerminkan karakteristik ibadah Kristen! " tulisnya seperti dikutip Suara.com, Sabtu (26/9/2020).

Surat tersebut ditujukan kepada salah seorang warga bernama Sumarmi yang tinggal di RT 03 Dusung Karangdami, Ngastemi.

Merujuk pada surat tersebut, pihak desa bersama Muspika, KUA, Ketua MUI Bangsal, umat Kristen dan perwakilan umat muslim Desa Ngastemi telah melakukan musyawarah terkait pembangunan rumah atas nama Sumarmi.

Ada dua poin yang ditegaskan dalam surat tersebut. Pertama, Sumarmi tidak boleh mendirikan bangunan rumah dengan mencirikan karakteristik tempat ibadah.

Viral, Kades Ngastemi Mojokerto Larang Warga Kristen Ibadah di Wilayahnya

"Apabila maksud pembangunan atau renovasi rumah untuk tempat tinggal silakan dilanjutkan. Namun dilarang mencirikan atau mencerminkan karakteristik tempat ibadah Kristen, misalnya tanda salib," demikian keterangan dalam surat tersebut.

Jika bangunan tersebut bertujuan untuk pembangunan tempat ibadah Kristen, maka harus dihentikan.

Pihak desa meminta Sumarmi memenuhi terlebih dahulu persyaratan SKB dua menteri (Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama) sebelum melakukan pembangunan rumah ibadah.

Pada poin kedua, pihak desa melarang adanya kegiatan ibadah dan doa bersama umat Kristen yang biasa digelar di kediaman Sumarmi.

Pihak desa mengklaim, kegiatan keagamaan Kristen tersebut telah menimbulkan keresahan warga Dusun Karangdami, Ngastemi sehingga harus dihentikan.

"Dilarang melakukan ibadah dan atau doa bersama di rumah saudara Sumarmi yang ada di RT 03 Dusun Karangdami tersebut agar tercipta suasana harmonis kehidupan antar umat beragama khususnya di Dusun Karangdami ," tulisnya.

Surat tersebut berkop Desa Ngastemi yang ditanda tangani langsung oleh Kepala Desa Ngastemi, Mustadi dan dibubuhi stempel basah kantor desa per 21 September 2020.

Hingga berita ini disusun, Suara.com masih mencoba mengonfirmasi pihak pemerintah setempat terkait larangan beribadah umat Kristen di wilayah tersebut.


Berikut isi lengkap surat larangan beribadah umat Kriten di Desa Ngastami, Mojokerto:

Diberitahukan kepada ibu Sumarmi beserta keluarga, bahwa berdasakran hasil musyawarah tingkat desa, yang dihadiri oleh Kepala Desa, perangkat desa, Muspika, Kepala KUA, MUI Bangsal, umat Kristen, dan perwakilan muslim Desa Ngastemi terkait pembangunan rumah yang Saudari lakukan dan atau peribadatan bersama (Kristen) di rumah yang ada di RT 03 Dusun Karangdami, Desa Ngastemi, Bangsal, Mojokerto disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Apabila maksud pembangunan atau renovasi rumah adalah untuk tempat tinggal (hunian, silakan dilanjutkan. Namun dilarang mencirikan atau mencerminkan karakteristik tempat ibadat Kristen, misalnya adanya salib. Namun apabila maksud pendirian atau renovasi adalah untuk membangun rumah ibadah atau tempat doa atau gereja, harus dihentikan, kecuali sudah memenuhi persyaratan yang berlaku sesuai dengan SKB dua menteri (Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama RI) terkait pendirian rumah ibadah.

2. Mengingat aktivitas doa bersama rutin umat Kristen dilakukan di rumah saudari Sumarmi menimbulkan keresahan warga masyarakat Dusun Karangdami, maka untuk selanjutnya dilarang melakukan ibadah dan atau doa bersaa di rumah saudari Sumarmi yang ada di RT 03 Dusun Karangdami tersebut agar tercipta suasana harmonis kehidupan antar umat beragama khsusnya di Dusun Karangdami.


SUMBER : https://www.suara.com/news/2020/09/2...ahnya?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Orang mau ibadah kok dibilang menimbukan keresahan
Cuma setan yang gak suka orang ibadah

Jokowi jangan sibuk bangun infrastruktur, kasus intoleransi lagi2 terjadi tanpa ada solusi nyata dari pemerintah buat minoritas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tiada.tara dan 53 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
inget ya sten, bumi ini milik dewa kami
jadi harus ikut aturan dewa kami
harusnya kelen bersyukur kagak diusir dari dunia ciptaan dewa kami
hidup cuman numpang di dunia dewa kami kok berani2nya menyekutukan dan menyembah sesembahan lain emoticon-Marah emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 35 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kalau pengajian ga perlu ijin2 ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 41 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 41 balasan
Sesama edan kultur kuno aje ribut2 emoticon-Wkwkwk
Maw mendirikan kebaekan pakek ijin resmi2an segala. Besok klo ada yg maw sopan santun suruh bikin skck khusus sopan dlu emoticon-Leh Uga bru bisak ngomong... "Marik..."emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devi.jon dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Udah dibiarin idup aja harusnya udah bersyukur emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Terimakasih SBY....atas skbnyaemoticon-Angkat Beer

Terimakasih Jokowi...atas menutup mata kasus intoleransi yg sering terjadi.emoticon-Angkat Beer

Kalian berdua adalah aktor yg terlibat dari banyaknya kasus intoleransi dan mungkin kelak memakan korban akibat kebijakan bodoh dan menutup mata dan telinga.emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Dan seperti biasa. Presiden ga ad suaranya untuk kasus2 kyk gini.
Cepetan bubar saja lah ini negara. Pancasila cuma pajangan doank. Uud pasal 29 apalagi.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 16 lainnya memberi reputasi
padahal warga sana biasa2nya...warga gak keganggu.....

ini pasti ulah mgustatt dan pejabat daerah disitu..yg mengatasnamakan warga....

aslinha warga tidak



profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 13 lainnya memberi reputasi
wow. . indahnya toleransi. .emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 6 lainnya memberi reputasi
hanya oknum!!!
mau 1 kampung, 1 kecamatan meraka bilang cm oknum
emoticon-Ngakak
Kalo dah kepepet ( agama kami paling toleran, buktinya kami biarkan kalian hidup)
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Buru buru kiamat baelah Tuhaann..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 5 lainnya memberi reputasi
ketua kua ngapain ikut urusan begini?
bangun rumah kalau sudah dapat imb mau pakai ciri/identitas apapun apa urusannya dengan orang lain?
lain2nya sudah dibahas oleh agan2 lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Islam indon mulai intoleran terang2an...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 10 lainnya memberi reputasi
Viral, Kades Ngastemi Mojokerto Larang Warga Kristen Ibadah di Wilayahnya

Pantesan banyak nyamuk!! emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Komnas HAM?

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
Gua doain Kades Ngastemi Mojokerto modar kena covid+ Yang tanda tangan surat persetujuan,,,azab kaum teraniaya biasanya manjur,,,n Mujur....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 10 lainnya memberi reputasi
Jiah ellah....

Lu lagi... Lu lagi...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Pusat masalah gini budek, apalagi komnasHAM makin pura pura budek
Viral, Kades Ngastemi Mojokerto Larang Warga Kristen Ibadah di Wilayahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 10 lainnya memberi reputasi
Coba tebak dari kaum manakah yang menjadi sumber cilaka ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Indonesia darurat toleransi, .
Ayo nastak cebong,
Ditunggu aksi bakar lilinnya,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin8 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dmcarthur
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di