CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Perlukah anak kecil dipakein jilbab?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6eec8fb41d305d97262db6/perlukah-anak-kecil-dipakein-jilbab

Perlukah anak kecil dipakein jilbab?

Perlukah anak kecil dipakein jilbab?


Menurut DW Indonesia, media yg mengangkat topik tersebut, anak-anak belum punya kemampuan memahami tindakannya sehingga dikhawatirkan saat remaja mengalami kebingungan identitas dan muncul karakter ekslusif dan tidak toleran.

Imho, karakter yang eksklusif dan tidak toleran pada anak, disebabkan oleh CARA orangtua mendidik yang kurang tepat, dan ini bisa terjadi di agama apapun. 3 hal yang sebaiknya dihindari dalam mengajarkan agama pada anak:

1. Paksaan yang mengakibatkan anak trauma beragama.
2. Pandangan yang membenci agama lain.
3. Terlalu fokus pada bungkus, tidak mendalami isi dan makna yang diajarkan agamanya.

Karena takut anak ntar gedenya "ga beriman" dan pindah agama, kebanyakan orangtua mengajarkan agama ke anak dengan cara nge gas. Dicekoki dogma, minus diskusi, panik atau bahkan marah saat anak melontarkan pertanyaan challenging dll.

Apa akibatnya? Bisa jadi saat kecil anak akan nurut karena terpaksa, tapi saat remaja atau dewasa mereka akan berontak hingga bahkan meninggalkan ajaran agamanya karena trauma. Pernah ada kejadian seperti ini. Bahkan ada juga tentang sahabat saya putri mantan gubernur Mekkah pun pernah cerita, anak muda di Arab Saudi menurun minatnya menjalankan ritual Islam karena muak dicekoki dogma halal haram dan minus diskusi. Hal yang sama juga terjadi pada Kristen, Katolik dan Yahudi di berbagai negara. In short, globally memang trend beragama terus menurun.

Bagi orangtua yang ingin menanamkan fondasi agama, cara pandang dan strategi pendekatannya harus diubah. Beragama, beriman, spiritual, religius atau apapun istilahnya, adalah proses seumur hidup dan personal. Jika dari awal prosesnya dibuat lembut dan dipenuhi dengan diskusi yg respectful, insya Allah fondasinya akan lebih kuat dan jangka panjang.

Orangtua juga harus menyiapkan mental jika suatu saat anak menolak beribadah ritual, pindah agama, atau bahkan menolak beragama. Treatment apa yang akan dilakukan ke anak kelak? Introspeksi dan menerimanya sebagai proses manusia tumbuh dan mencari Tuhannya, atau membuangnya dari keluarga?
profile-picture
kudanil.la memberi reputasi
ini udh rame si fp S.O.A wkwkw
tapi menurut ane sih, terserah keputusan orang tua nya lah.. dan biasanya anak itu meniru.. ortu ny jilbab ya anak pasti mau meniru.. kalo udh baligh baru bs ambil keputusan sendiri.. lah ini dw sok open minded emoticon-Ngakak
anr setuju si sama inii wkwkwwkw. biarin anaknya milih sendiriii.
Kalau menurut keyakinanmu wajib, ya pakaikan sedari kecil supaya terbiasa saat gedenya.

Kalau menurut keyakinanmu bisa flexible, ya besok saja waktu gede pakainya. Sebab kecil dipakaiin jilbab bisa ribet, apalagi tingkah polahnya masih lari sana sini.

Kalau menurut keyakinanmu nggak perlu, ya sampai dewasa nggak usah. Toh aurat yg bikin merangsang itu kelamin, bukan wajah maupun rambut.

Ikuti saja keyakinanmu, biar nggak ribet dan banyak nanya lagi.

emoticon-Menang


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di