CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6cc8f582d49562e039fbd9/mengenal-lebih-dekat-mercy-of-1623-rf-bus-bermesin-depan-dari-mercedes-benz

Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Untuk pasar bus ekonomi ATB (AC Tarif Biasa) masih dikuasai oleh Hino saat ini, namun ancaman disegmen bus bermesin depan kini mulai hadir dari Jerman (Mercedes Benz). Setelah cukup lama vakum dalam pasar segmen bus bermesin depan, kini Mercedes Benz kembali menghadirkan produk bernama OF 1623 RF.

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia selaku agen tunggal pemegang merk kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia resmi meluncurkan Mercedes Benz  OF 1623 RF di ICE BSD City, Tanggerang (6/12/2018) .

Pada kesempatan itu Chasis Mercedes Benz OF 1623 hadir dalam balutan body Max HDD jahitan Karoseri Tentrem. Chasis Mercedes Benz OF 1623 ini diproduksi di pabrik Daimler India (Bharat Benz), chasis baru ini menggunakan mesin Mercedes-Benz OM 906LA Euro 3, mesin yang juga digunakan oleh Mercedes Benz OH 1525 dan 1526 yang sudah terbukti ketangguhannya.


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Mercy OF 1623 RF milik PO Harapan Jaya.

Sumber Ilustrasi Foto


Cukup mudah mengenali kode angka '1623' pada produk bus baru yang digunakan oleh Mercedes Benz. Angka 16 berarti bus ini memiliki berat kotor (gross vehicle weight) mencapai 16 ton, sedangkan angka 23 adalah kode tenaga yang dihasilkan oleh mesinnya yang mencapai 230 HP.

Mesin OM 906 LA milik Mercedes Benz OF 1623 menghasilkan tenaga maksimal hingga  230 HP dan torsi maksimal mencapai 850Nm. Tenaga tersebut kemudian dikimpoikan dengan transmini manual 6 kecepatan. Koplingnya berdiameter 395 mm dan mempunyai ketebalan 3.5 mm, kopling yang dikembangkan khusus dari material organik serta dapat menyalurkan tenaga lebih maksimal dan mengurangi panas kopling.

Meski tergolong sebagai bus kelas entry level, namun bus ini sudah dilengkapi fitur yang mumpuni. Untuk fitur keamanan disematkan sistem pengereman full air brake system, plus rem tambahan exhaust brake dan open throttle valve. Ada juga fitur auto slack adjuster. Hadirnya fitur ini membuat pengereman lebih pakem dan pengemudi tidak perlu melakukan setting ulang komponen rem secara berkala.

Untuk memastikan kenyamanan penumpang selama perjalanan, Mercedes Benz OF 1623 juga sudah dilengkapi dengan stabilizer pada roda depan dan roda belakang. Hal ini bertujuan supaya bus tidak limbung.


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Harapan Jaya, Mercedes Benz OF 1623 RF.

Sumber Ilustrasi Foto


Untuk menambah kenyamanan di perjalanan, dimaksimalkan dengan pengaplikasian suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic dengan dual acting shock absorber untuk memberikan stabilitas pada bus, baik bagi kenyaman penumpang maupun pengemudi.

Karena masih memakai suspensi leaf spring, maka selama perjalanan akan terdengar suara kriyet-kriyet khas bus non air suspension. Meski masih kriyet-kriyet, hal ini tidak mengurangi kenyamanan dari bus tersebut.


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Bus legend dari daerah Tapal Kuda, PO Akas dengan Mercy OF 1623 RF.

Sumber Ilustrasi Foto


Mesin OF 1623 RF ini memiliki tenaga paling besar dikelasnya, lebih besar 15 HP dari Hino A 215 (AK 8) yang punya tenaga maksimal 215 HP. Kehadiran Mercy dikelas bus entry level tentu akan menarik minat pelanggan lama Mercy yang sekarang ini banyak memakai bus Hino.

Flashback ke era 1990-an, dulu Mercy punya bus mesin depan legendaris yakni Mercy OF 1113. Banyak digunakan oleh Damri serta digunakan untuk bus AKAP juga pada masanya, namun produk ini kemudian dihentikan produksinya. Saat itu Mercy lebih fokus mengembangakn bus bermesin belakang.


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Dalam kenangan, Mercy OF 1113 (mesin depan) PO Bali Indah.

Ilustrasi by imotorium.com


Selain Mercy, pada masanya juga hadir trio produk bus mesin depan dari Negeri Sakura. Mulai dari Mitsubishi BM, Nissan CB dan Hino AK. Pada akhirnya persaingan segmen bus mesin depan hanya menyisakan Hino AK, sampai akhir 2018 lalu Mercy kembali muncul dengan produk bus mesin depannya.


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Saat pertama kali resmi diluncurkan akhir 2018, dengan baju Max HDD jahitan Karoseri Tentrem.

Sumber Ilustrasi


Meski hanya dikelas entry level, namun dengan nama besarnya produk Mercedes Benz sudah diakui dam dikenal oleh pengusaha bus di Indonesia. Sehingga kehadirannya disambut cukup baik oleh pengusaha bus AKAP, bus mesin depan biasanya cocok digunakan sebagai bus èkonomi (ATB) serta bus Patas jarak menengah.

Beberapa PO yang sudah mengoperasikan bus mesin depan milik Mercy adalah sebagai berikut:


PO Haryanto (Patas), dengan trayek Pati-Kudus-Semarang-Magelang-Jogja.

Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz


PO Citra Adi Lancar (Patas, cmiiw), trayek Jogja-Purwokerto-Cirebon-Kuningan.

Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz


PO Harapan Jaya (Ekonomi), trayek Surabaya-Trenggalek.

Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz


PO Akas (Ekonomi), trayek Muncar-Situbondo-Surabaya-Madura (Kalianget), armada OF 1623 RF.

Trayek baru dengan OF 1623 RF mengisi rute Probolinggo-Surabaya-Semarang via Pantura Tuban (Ekonomi).


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Sumber Ilustrasi Foto


Mercedes Benz OF 1623 RF sendiri dibanderol dengan harga Rp 670 juta (belum termasuk body, pajak, dan biaya kirim ke karoseri). Sementara sang rival dari Jepang yakni Hino A 215 dibanderol dengan harga Rp 654 juta.

Dengan kehadiran OF 1623 tentu membuat Hino harus segera berbenah agar pasar potensial mereka tidak direbut oleh Mercedes Benz, menarik untuk melihat persaingan Jepang vs Jerman yang klasik di Indonesia. Kembali hadir disegmen bus entry level, OF 1623 RF siap menantang Hino A 215.


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

Chasis Mercy OF 1623 RF, kalau beli bus cuma dapat ini gan sist.

Sumber Ilustrasi


Demikian sedikit ulasan tentang busnya kali ini, semoga bisa menambah wawasan kita semua khususnya dibidang transportasi. Sampai jumpa lagi, dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi:google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 4
Kalau kamu merasa lelah dan bosan menunggu harapan agar bisa bersanding dengan dia, lebih baik kamu tinggalkan dia dan mulai menunggu 'Harapan Jaya' saja emoticon-Malu


Mengenal Lebih Dekat Mercy OF 1623 RF, Bus Bermesin Depan Dari Mercedes Benz

PO Harapan Jaya, Mercedes Benz OF 1623 RF, baju Max HDD jahitan karoseri Tentrem emoticon-Om Telolet Om!


Komentar para agan emoticon-Toast


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
mesin depan cocok buat bus bumel akdp atau bus jarak menengah, kalau untuk bus jarak jauh tetep mesin belakang lebih joss

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Keunggulan mesin depan kalo buat bus apa ya gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bus mesin depan harusnya maintenancenya lebih mudah karena mirip truk, juga lebih simpel karena sistem kendali juga lebih dekat dengan kompartemen depan.. sayangnya panas mesin dan suara berisik kadang masih masuk ke kabin.
Tapi Mercy harusnya paham soal ini.
emoticon-Recommended Seller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mesin depan penggerak belakang, kebayang panjang banget drive shaft nyaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Keren setirnya modis juga
Gak kalah sama 1526 1626 NG emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Punya duit mending di putar buat ke PO yah emoticon-cystg

1 mobil ferrari atau lambo udah dapet 4 bus sama truck kali yah...


Enaknya jadi orang kaya emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kebanyakan main daerah timur...

paling barat PO Citra Adi Lancar, sampe Cerbon/Kuningan..
itupun jarang liat, soalnya gw lebih ke barat lagi..emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sopirnya paling juga sama aja ugal-ugalan kalau bawa bus, ga mikir penumpang nya, kebut kebutan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Biar dikata penumpang dimari fans merk bus eropa, apakah laku jenis bus ini buat pemain Jalinsum Timur?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ane punya pengalaman buruk tentang merek Mercedes, gan.
Dulu naik bus di luar negeri, ane tanya, dealer mercy ada dimana, saya mau turun di sana.
Supir bus kaga ngerti 'mercy', berulang-ulang, tetep kaga ngerti.
Ternyata mereka nyebutnya ya, mercedes, atau merc.

Sejak itu, ane selalu ngucapin dekat baik dan benar, hahahahha.
Soalnya di Indo itu suka nyampur2in ejaan bhs inggris dan bhs indonesia.

Contoh,
HRV, yg bener, ha er ve, atau eitz ar vi, di Indo dibacanya, ha er vi (campur-campur)
K Pop, kan yg bener itu kei pop, ada loh yang nyari gampang, dibaca ki pop..

Dan banyak lagi dah..

Maap OOT sedikit..bukan bahas mesin malah tata bahasa, hehehee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kyknya dah tanpa kuburan nih kyk Scania yg mesin depan punya Nu3tara ato beberapa Hino AK, termasuk punya Safari yg ATB Solo-Semarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
bis legend memang.

emoticon-Angkat Beer

pernah naik bis ini sekali, btw jika mesin ada di depan, di belakangnya di isi apaan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mercy ke entry level, mau juga dia turun kasta dan melirik pasar potensial. di tunggu lah ketertarikan PO untuk menggunakan pabrikan ini. semoga memberikan angin segar dan kenyamanan buat penumpang transportasi di negeri ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


mantap emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:


betul, kalau buat jarak jauh rawan overheat gan


Quote:


perawatan yang mudah gan, itu salah satunya. karena mirip dengan mesin truk posisinya



Quote:


kadang punya hino juga overheat gan yang mesin depan, sepertinya punya mercy ini sudah dibuat lebih baik. cmiiw



Quote:


lumayan gan emoticon-Big Grin



Quote:


mesinnya juga sama gan, jadi setirnya dibuat sama juga mungkin. cmiiw


Quote:


sebuah PO besar juga butuh usaha keras gan untuk sukses, gak sekadar kaya saja. butuh nabung juga emoticon-Peace


Quote:


belum kesampean ane gan ngebis sampai kuningan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


gak boleh judge begitu gan, coba cek ke lapangan buat buktinya. sekarang banyak bus yang dipasang speed limiter kecepatan


Quote:


kalau di sumatera kebanyakan masih laku jenis bus mercy dengan mesin belakang gan, karena kalau mesin depan dimensinya gak terlalu panjang. cmiiw


Quote:


gpp gan, makasih wawasannya emoticon-Nyepi

orang sini ambil enaknya aja ya emoticon-Hammer (S)

orang2 disekitar ane juga nyebutnya mercy, agak susah juga merubah ke pengucapan kata yang benar emoticon-Peace


Quote:


tidak gan, masih lebih parah kuburan bus dongfeng yang dulu dipakai sumber kencono. ukurannya benar2 gede emoticon-Hammer (S)


Quote:


biasanya buat bagasi gan bagian belakangnya itu


Quote:


betul gan, biar penumpang ekonomi juga dimanjakan dengan hadirnya Mercedes di entry level ini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Quote:

sama kayak "Elf"...
angkutan umum mikrobus disebut "elf" semua, biarpun sekarang kebanyakan Mitsubishi Canter..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Harapan Jaya mengingatkan band dari Bandung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Jadi kangen naik bis gan ane emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di