CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Boleh Gak sih Motor Ngerem Pakai Rem Depan Saat Hujan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6ca6cfb41d306a45395e20/boleh-gak-sih-motor-ngerem-pakai-rem-depan-saat-hujan

Boleh Gak sih Motor Ngerem Pakai Rem Depan Saat Hujan?


Ada perbedaan perilaku berkendara sepeda motor ketika hujan dan gak hujan. Saat hujan butuh konsentrasi lebih ketika berkendara. Dan selain konsentrasi, berkendara saat hujan juga butuh teknik bekendara yang mumpuni. Salah satunya teknik pengereman. Asal ngerem ketika hujan bisa berdampak buruk, karena jalanan licin. 

Boleh Gak sih Motor Ngerem Pakai Rem Depan Saat Hujan?

Pengendara sepeda motor harus mengubah cara pengereman ketika hujan atau jalanan licin. Ada baiknya gunakan kedua rem, depan dan belakang dengan porsi penekanan tuan yang disesuaikan. Jangan hanya menggunakan rem depan saja atau rem belakang saja. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan salah satu roda kehilangan traksi dan bisa mengakibatkan tergelincir.

Tekanan pada tuas rem juga harus diperhatikan. Sesuaikan tekanan rem dengan situasi jalan. Dalam kondisi jalan basah, licin, berpasir, dan berbatu tidak disarankan untuk menekan rem depan terlalu kuat. Nah, pada kondisi aspal kering, rem depan bisa ditarik lebih kuat agar pengereman lebih maksimal.

Begitu GanSis, jadi jangan asal rem aja, apalagi pada kondisi jalanan licin. Lebih baik gunakan rem depan dan belakang ketika kondisi jalanan licin. Ini bertujuan supaya motor tidak tergelincir. Bisa jadi banyaknya orang jatuh sendiri saat berkendara di tengah hujan disebabkan oleh teknik pengeremannya kurang tepat.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kalau hujan atau berpasir lebih baik tarik rem di irit irit gan, biar g slip
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Yoi gan.. sebaiknya juga pake feeling, soalnya daya gigit rem juga berkurang karena basah.. dan rem malah blong.. apalagi tromol biasanya kurang pakem.

Nice info.. emoticon-Menang
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Narik remnya bersamaan gitu,gan? Atau belakang dulu baru depan,atau sebaliknya? Mohon pencerahannya yak,suhu2 dimariemoticon-Salaman
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mantab infonya gan, penting tetap berhati hati saat berkendara saat kondisi apapun ya gan sis
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane baru jatuh gara2 sepele menginjak gwnangan orang cuci motor
Bahaya kalau rem depanemang
profile-picture
jlamp memberi reputasi
ngerem depan doang auto nyungsep yg ada.. ane dulu pernah hampir nyungsep gegara kaget.. gak sengaja reflek ngerem depan doang.. untung ane masih bisa ngontrol motor biar kaga oling wkwk
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Pernah mau nabrak mobil yang ngerem mendadak...nyampe bunyi cccciiiittttt... Abis itu minggir... Sambil bengong..
profile-picture
profile-picture
jlamp dan leevinee memberi reputasi
Yankalau bisa jangan depan tok tp sama belakang, dan ya bertahap gt remnya jangan dipencet terus
profile-picture
jlamp memberi reputasi
ya boleh aja pake rem depan, selama ini ane lebih sering pake rem depan, dan ga ada masalah sama sekali.
yg jadi masalah itu yg ga ngerem.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan leevinee memberi reputasi
ane kalo hujan atau kering pun biasanya main rem depan+belakang, cuma ya pake perasaan dan menyesuaikan kondisi juga hahaha emoticon-Ngakak
gak boleh kalo lampu hijau auto di klakson
gw pernah nih pas ngendarain motor sama istri, kondisi masih hujan dan grimis kecepatan sih normal aja 40-50 km/jam. kondisi jalan basah habis hujan dan masih grimis dikit depan gw bapak bapak bawa matic sekitar 5-10 meter depan gw. nih bapak bapak tiba tiba ngerem (pas depan lubang) gw di blakang kaget dong depan tiba tiba ngerem akhirnya spontan gw tarikl rem depan pull eh malah nyradat nabrak lobang dan jatuh.
nice info.. yang jelas kalo lagi ujan dan jalanan licin jangan ngebut2 bawa motornya. bahayah
Pernah sekali ngerem mendadak pas hujan eh jatuh deh
wahhh keren banget sih ini informasi bagus. pas banget nih sudah mulai hujan terus nih harus berhati-hati saat berkendara karena jalanan jadi licin nih. baru tau ane cara mengerem yang baik dan benar disaat hujan begitu. ngeri memang berkendara saat hujan
Nice infonya gan, tetep berhati hati pokoknya dijalan ketika hujan
kalau ane mau keadaan apapun pakai 2 rem sih depan sama belakang, dapn pakai feeling jugaa ikut alur berenti si motor emoticon-Wow
wah bahaya banget nihh, apalagi kl ujan licin terus ga keliatan kl ada genangan kann, harus ati2 banget lah naik mtor lg ujan mah
nice info gan, jadi lebih berhati hati lagi kalau misalkan nanti tiba tiba ujan.. atau lebih aman mungkin ane bakal berenti sebelum deres dan licin. takut juga kalo jatoh emoticon-Frown
Kalau motor nya bukan matic ane selalu andalkan engine break
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di