CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6c61d565b24d1f97285cd2/jarang-diketahui-ini-6-alat-rahasia-yang-dipakai-seniman-bonsai-di-belakang-layar

Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar

Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
Illustrasi merapihkan ranting bonsai | Foto via: facebook.com


Membahas seni tanaman yang satu ini emang gak ada habis-habisnya. Begitupun pricenya yang selalu fantastis dari zaman ke zaman, bagaimana tidak mayoritas penikmatnya saja didominasi oleh orang-orang yang antusias atau panatik. Karena itu juga, popularitas seni bonsai ga pernah redup biarpun udah beabad-abad lamanya.




emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol





Umumnya orang akan mengira pelatihan/pembentukan pohon menjadi bonsai yang ideal hanya memanfaatkan gunting, tang, dan kawat, namun ternyata bukan hanya itu aja lho...

Jika kita telusuri internet lebih dalam lagi, atau masuk ke berbagai area berbau bonsai seperti forum diskusi maupun grup bonsai di sosmed, kita akan disajikan dengan beragam konten tips trik bergambar, totorial membentuk bonsai, hingga memelihara bonsai berdasarkan jenis pohonnya.

Ada berbagai macam 'secret tools' yang digunakan seniman bonsai dan tidak akan ditampilkan didepan umum. Beberapa diantara alat-alat yang digunakan bahkan hampir ga kepiriran sama sekali.


Apa saja alat-alat itu?  Berikut ini 6 diantaranya:



1. Grinda / Alat Ukir
Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
Foto via: bonsaibark.com


Gan/sis pernah kepikiran kalau membentuk bonsai pakai alat ukir atau grinda?

Peralatan ukir atau grinda dalam dunia bonsai memang bukan lagi alat aneh, bahkan seniman bonsai wajib memilikinya. Alat-alat ini berfungsi untuk mengikis/mengukir batang pohon agar sesuai dengan harapan. Batang pohon yang sudah melewati pengukiran tentunya akan nampak lebih indah dan menambah ilusi usia pohon.


2. Turnbuckle
Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
Foto via: pinterest.com


Turnbukle atau pengait termasuk alat penting dalam membentuk pohon bonsai. Alat ini berguna untuk menarik dan menekuk batang berukuran sedang hingga besar.

Tentunya, kegunaan alat ini ialah lebih efisien dan mudah diterapkan atau dikecang/kendurkan daripada harus menariknya dengan kawat baja atau tali seling.

Gimana? Baru kepikiran ya gan/sis? emoticon-Big Grin


3. Linggis
Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
Foto via: goolge.com


Tak berbeda jauh dengan turnbuckle, linggis seringkali digunakan oleh bonsai trainer untuk membuat pijakan atau penahan.

Linggis atau besi behel besar ini diperlukan dan diterapkan saat membentuk pohon dengan batang berukuran sedang hingga besar.


4. Tali Raffia
Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
Foto via: youtube.com


Tali raffia mungkin tidak akan terpikirkan oleh kita jika itu digunakan oleh seorang seniman bonsai, tapi nyatanya tali raffia memang digunakan sebagai 'shield' untuk menghindari patahnya batang saat di tekuk ekstrem.

Kalau kita pikir lagi, setelah batang yang akan ditekuk dibungkus tali raffia sepenuhnya lalu ditekuk, memang tidak akan bisa langsung patah/potek kan ya?

Gimana baru kepikiran lagi ya gan/sis? emoticon-Ngakak (S)



5. Flame Gun
Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
Foto via: evoluzionebonsai.blogspot.com


Flame gun atau gas portable ternyata juga digunakan dalam pemeliharaan dan pembentukan bonsai lho.

Alat ini memiliki banyak kegunaan, terutama untuk menyamarkan warna batang agar pohon nampak lebih tua dari usia aslinya, mengeringkan getah dibatang sehabis dikuir, dan memberantas hama yang bersarang disela-sela kulit batang, sudut lekukan, atau di cabang yang sempit.


6. Automatic Water Supply
Jarang Diketahui, Ini 6 Alat Rahasia Yang Dipakai Seniman Bonsai Di Belakang Layar
Foto via: bonsaisocietysydney.org.au


Alat penyiram otomatis atau automatic water supply adalah alat yang juga jarang kita lihat saat bonsai dipajang di pameran. Namun, alat ini ternyata digunakan saat bonsai-bonsai itu ditempatkan dirumah atau dikebun sang seniman/pemilik untuk menghindari kekeringan media tanam.

Kita semua tahu, bonsai yang mengagumkan umumnya tumbuh di dalam pot dangkal/kecil yang hanya berisi sedikit media tanam. Karena sedikitnya media tanam yang digunakan, tentu itu akan cepat mengering, dan disinilah peran alat penyiram otomatis diperlukan. Terutama di musim panas atau saat sang seniman ingin pergi dalam jangka waktu yang lama.



emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol




Nah itulah enam alat yang biasa dipakai seniman/trainer bonsai di belakang layar. Meskipun sebenarnya pasti ada lebih banyak lagi alat rahasia yang tidak diketahui publik.





Sumber : Opini Pribadi

Spoiler for Kebijakan Copy-Paste:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Alat ukir sama flame gun yang gak nyangka
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
jadi begitu ya
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oalah ini ternyata
profile-picture
profile-picture
skull18 dan sllz memberi reputasi
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang alat rahasia yang digunakan seniman bonsai di belakang layar.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kayak “dipaksa” indah yah.. hmm..
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jadi sebenernya kalo si pohon bisa ngomong, mereka kesakitan gak ya dijadiin bonsai dengan teknik yang macem-macem itu
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
kesian sama tanamannya
emoticon-Mewek
profile-picture
sllz memberi reputasi
Diubah oleh okre696
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Canggih bgt gascu
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ga pernah kepikiran sama sekali semua alatnya gan, taunya pake kawat aja di tekuk2
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
paman gw sering beut di kawatin itu bonsai,,dari model A ampe B .. untung aja bentuknya bagus kalo gak auto gw bacotin
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Klo dipikir2 untuk menjadi bonsai jg butuh perjuangan yg gak mudah ya. Si pohonnya justru dipaksa dg kekerasan utk mnjd kerdil, kok gak tega ngeliatnya. Wlwpn cm pohon tp kok kek gak dpt kebebasan utk tumbuh
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Waa caranya begitu ya untuk bentuk bonsai jadi cantik sekalii niih
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
ternyata pake alat ukir juga ya, ga ngebayangin sih kalo bonsai bisa ngomong itu kerasa sakitnya kaya apa😭
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Izin copas gan bos🙏🙏
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
baru ngeeh beberapa alat... jadi tidak semua yg terlihat tua adalah tua.. wiih nice info gan..
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Beauty is pain yg sebenar2nya
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ternyata ga sesederhana itu ya gan merawat dan brooming bonsai
profile-picture
sllz memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Alat alatt diketahui nih rahasiaaa
Hadehhh gann kerenn sekali nih bonsainyaa
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di