CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69f454337f9303b73be16c/fakta-menarik-dibalik-rencana-pembebasan-pajak-mobil-baru

Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru


Salah satu dampak dari pandemi Covid – 19 adalah lesunya penjualan mobil dan kendaraan bermotor lainnya. Kondisi ini tentunya juga akan berdampak pada industrinya. Gak hanya pabrikan, tapi industri pendukungnya akan berdampak. Seperti industri spare part, asuransi, ban, dan lain – lain. Untuk mengakali lesunya angka penjualan ini, pabrikan mulai memberikan promo – promo menarik pada konsumen. 

 Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru

Akan tetapi pemberian promo ternyata belum menunjukkan hasil yang positif. Dan, langkah selajutnya yang diambil adalah pengajuan relaksasi pajak mobil baru sebesar 0% yang dilakukan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) dan Kementerian Perindustrian. Adanya relaksasi ini diharapkan bisa meningkatkan daya beli masyarakat, dan bisa membantu industri otomotif Indonesia. Nah, terkait rencana ini, ada beberapa fakta menarik yang muncul GanSis:

Harga mobil bisa turun hingga 50%

Saat ini pemerintah mewajibkan beberapa pajak pada setiap kendaraan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bea balik nama (BBNKB), dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Nah, jika diberikan relaksasi terhadap pajak – pajak tersebut, maka secara tidak langsung akan membuat harga mobil jadi turun drastis. Gaikindo bahkan menyebutkan kalau penurunannya bisa mendekati angka 50%. Waaww...berarti sebenarnya harga kendaraan bermotor itu (gak termasuk pajak) jauh lebih murah dari harga sekarang ya. Gaikindo bahkan menyebutkan kalau untuk satu mobil saja, pemerintah dapat sekitar 40% - 45%. Pantesan pemerintah dari dulu selalu menggenjot penjualan mobil dan motor ya...

Berlaku tiga bulan

Awalnya Gaikindo berharap relaksasi ini mulai bulan ini. Namun karena Menteri Perindustrian baru ngajuinnya September, maka besar kemungkinan ini akan berlaku mulai Oktober nanti. Dan keringanan pajak mobil baru sebesar 0% ini hanya berlaku hingga Desember 2020. Kalau kelamaan ntar pemerintah gak ada pemasukan dari industri otomotif...hihihi

Relaksasi PPnBM hanya untuk kendaraan produksi Indonesia

Terkait relaksasi PPnBM, Gaikindo menyebutkan kalau ini hanya berlaku untuk mobil produksi Indonesia. Dengan begitu, diharapkan harga off the road yang ada saat ini akan menjadi harga resmi on the road.

Penjualan mobil bekas bisa anjlok

Jika dengan adanya relaksasi ini harga mobil jadi jauh lebih murah, maka peluang untuk orang membeli mobil baru akan semakin besar. Tapi di sisi lain, hal ini tentunya akan berdampak negatif pada penjualan mobil bekas. Dampak ini akan makin terasa jika penurunan harga mobil baru mencapai 35% - 45%. Namun, jika hanya 10%, pasar mobil bekas gak akan terlalu terdampak. Jadi serba salah ya...

Gimana menurut Agan dan Sista, kalian setuju gak sih dengan relaksasi ini? ya meskipun kalian gak ada rencana beli mobil (sama kayak Ane...hahaha)



profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyantaiwaelah dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
harga mobil bekas sudah ancur karena corona ini, rencana mau ngejual mobi karena desakan ekonomi membuat ga jadi dijual, wong harganya edan2an turunnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanator dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Nah harhanya bisa turun drastis, nanti ga lagi penuh sama motor, penuhnya sama mobil gan di jalanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 3 lainnya memberi reputasi
haduuhh gan bakalan nambah polusi ini gan haha
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Waduh bakalan rameh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
jangan sampe di acc lah, kalau di acc sakit ati ane, 2bln yg lalu baru ambil mobil kelas rakyat jelata, tau kaya gini mending sabar dulu kan lumayan harganya jadi jauh bgt emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meooong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Penting banget ini untuk menambah informasi tentang fakta di balik rencana pembebasan pajak mobil baru.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akangraharja dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lupis.manis
Iyalah pajak sialan bikin rakyat susah aja, mending klo transportasi umumya memadai, ini masih jauh dari memadai, ga tepat waktu, ga nyaman, ga aman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
"Khusus yang dirakit disini apa made in indo ini? Kalau made in indo brarti merk sendiri. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Akur79 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sekarang Tahan dulu beli mobilnyaemoticon-Jempol
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Termasuk Mobik ESEMKA nggak ya ?










emoticon-linux
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Supaya meningkatkan penjualan? Demi perut dan kepentingan kapitalis kalian, sadar gak bumi ini rusak krn emisi kendaraan, blm lagi semakin macetnya jalanan krn banyak mobil yg keluar. Teriak macet tp bikin macet sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shtims dan 2 lainnya memberi reputasi
Asik ganti mobil baruemoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
puji tuhan,bisa dipastikan penjualan supercar ESEMKA semakin merudal.
haleluya jinggobel jinggobel emoticon-Christmas
profile-picture
profile-picture
huwalla dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh preman.sosmed
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah LCGC baru bisa cuma 70-an juta tuh emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
eriksa dan kakekane.cell memberi reputasi
Ora urus
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Ga setuju gan...lebih baik di alokasikan untuk yang lain...ngapain mengurangi pendapatan dari mobil...malah menambah beban negara..dan biar jalan ga macet...mobil bekas sekarang aja juga ancur2an harganya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
wedew... harga mobkas jeblok bgt nih
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kalo bisa agya 50 jutaaa deh..
profile-picture
profile-picture
eriksa dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di