CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69df60f4ae2f559338c0e1/media-tanam-berbeda-dengan-bunga-lain-simak-tips-menaman-anggrek-agar-bunganya-lebat

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat

Bunga Anggrek adalah salah satu bunga yang sangat indah dipandang mata. Bagaimana tidak, warnanya yang segar juga bunga kecil yang berkumpul banyak dalam satu cabang. Itu membuat kenyamanan tersendiri bagi mata.

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat

Musim pandemi begini, lebih baik manfaatkan waktu untuk bercocok tanam, guys. Boleh tanam apa saja yang penting bermanfaat. Apalagi sekarang dunia perbungaan sedang fenomenal. Waktu di rumah aja mungkin bisa digunakan untuk menanam bunga agar semakin mempercantik pekarangan rumah. Jujur saja, halaman yang cantik itu menenangkan hati, dan bikin mood bagus. Ya, kaalu kita lihat yang bagus-bagus, mood kita juga ikut bagus.

Kaum perempuan nih, pencinta Anggrek mana suaranya? 

Boleh banget, lho, share pengalaman kalian menanam bunga Anggrek. Mungkin saja berbeda dengan cara yang gue tulis di sini.

Oke, kali ini gue bakalan nulis cara menanam Anggrek agar bunganya lebat dan indah dipandang.

Bahan-bahan yang diperlukan.

1. Cabang Anggrek yang akarnya masih kecil.

2. Sabut kelapa

3. Tali

4. Pohon sebagai tempat menanam

Cara menanam

1. Potong batang atau cabang Anggrek yang akarnya masih muda.

2. Setelah itu, rekatkan di batang pohon (media tanam) dengan posisi akarnya ke bawah.

3. Setelah itu, taruhlah serabut kelapa mengelilingi batang pohon tempat cabang anggrek yang tadi ditanam. Kenapa menggunakan serabut kelapa? 

Karena serabut kelapa ini mampu menyerap air lebih banyak, dan mampu menyimpan air di dalamnya sehingga anggrek akan tetap lembab.

4. Setelah dikelilingi dengan serabut kelapa, ikatlah sekelilingnya dengan tali. Boleh pakai tali apa saja, tapi jangan mengikat terlalu kencang, karena bisa merusak tanaman. Ibaratnya sesak napas kalau diikat kekencangan.

5. Setelah semua selesai, maka siramlah sekucupnya. Kemudian tunggulah proses, mungkin akan memakan waktu dua atau tiga minggu untuk tumbuh dengan baik.

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat
Bunga anggrek yang baru ditanam lagi

Nah, kalau dirasa sudah tumbuh dengan baik, maka boleh juga dipindahkan ke dalam pot.

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat
Anggrek yang telah dipindahkan ke pot

Uniknya Anggrek ini cara tanamnya tidak sama dengan bunga lainnya. Bunga lain, media tanamnya adalah tanah. Anggrek tidak memakai tanah, ia hanya pakai serabut kelapa.

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat

Penting sekali mengetahui cara menanam anggrek agar tidak terjadi kesalahan. Karena jika ditanam seperti bunga lain, yang ditimbun dengan tanah, maka anggrek tidak akan tumbuh. Karena anggrek mempunyai akar yang berfungsi seperti hidung pada manusia, untuk bernapas. Jadi, kalau akar itu ditutup media tanam, maka anggrek tidak bisa bernapas, tidak bisa hidup.

Anggrek ditanam sederhana banget, dilonggarkan saja medianya. Dikasih rongga untuk akar-akar itu bisa bebas bergerak.

Agan bisa juga menanam dalam pot langsung, caranya juga mudah. Simak ya!

1. Sediakan batang anggrek yang berakar

2. Sediakan beberapa serabut kelapa

3. Sediakan pot. Lebih baik menggunakan pot yang terbuat dari tanah, dan punya lobang di sisinya. Pot yang terbuat dari tanah dan berlobang akan membantu saat penyiraman. Air yang disiram akan menyerap ke dalam pot, dan tiriskan ke luar. Berbeda dengan pot yang terbuat dari plastik, meskipun ada lobang, tetapi tidak bisa menyerap air.

Caranya menanamnya, masukkan batang anggrek, kemudian tutup dengan serabut kelapa, dan siram. 

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat

Media Tanam Berbeda dengan Bunga Lain, Simak Tips Menaman Anggrek Agar Bunganya Lebat

Cara merawat anggrek

1. Pilih media yang sesuai, ya seperti serabut kelapa, atau apa saja yang punya poros dan lobang.

2. Siramlah tergantung kondisi. Maksudnya jika cuaca hujan, maka jangan terlalu banyak disiram. Dikira-kira aja, misal terlihat kekeringan maka siramlah. Sangat penting menjaga kelembaban anggrek, tapi jangan kebanyakan air juga, karena bisa membusuk.

3. Intensitas cahaya dan udara. Taruhlah anggrek di tempat yang bisa terkena matahari dan angin.

4. Jika terkena hama, maka segera carikan pupuk yang sesuai.

Nah, gimana?
Mudah kan?

Selamat mencoba sahabat Kaskuser. Semoga berhasil.

Sumber : Opini pribadi.
Gambar : Dokpri.



profile-picture
profile-picture
dandlion32 dan TaraAnggara memberi reputasi
Diubah oleh Baarish
Singgah sahabat kaskus 😍
Diubah oleh Baarish
selamat mencoba, gan!
Diubah oleh Baarish
Bunga yg cantik
profile-picture
profile-picture
papah.jahats dan fame.massage memberi reputasi
Bunga anggrek memang selalu menjadi primadona dari masa ke masa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nah jadi kaya untuk budidaya anggrek, effort yg dikeluarkan semakin besar ya gan
Media tanaman memang berbeda beda,,,,saya juga heran anggrek kok bisa tumbuh hanya menempel pada pohon. Berbunga lagi....
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sip siap gan.. informasi penting sebelum ane nanem anggrek. dari dulu pgn tapi bingung mulai dari mana
keluarga ane termasuk yang suka banget sama anggrek. dirumah ada banyak anggrek tp sayangnya cm 2 jenis doang, bunga warna ungu sm putih. banyak ditempelin dipohon mangga sm belimbing sih tp ya tetep pake sabut kelapa
Waa susah susah gampang ya merawat anggreknya.. btw tengkyuu tipsnya niih gan
Udah lama juga nih ga pelihara anggrek
Quote:

Huum, gan. Enak dipandang

Quote:

Iya, meskipun keladi sedang viral. Anggrek tetap indah

Quote:

Huum, tapi itu cuma pelengkap halaman saja

Quote:

Iya, mungkin ada sesuatu dalam anggrek yang kita gak tau.

Quote:


Coba aja cari tunas anggrek dulu yang akarnya masih muda
Quote:

Huum, cantik kan ya

Quote:

Masama, gan. Selamat mencoba

Quote:


Dicoba aja lagi, gan
Bunga anggrek ane.. sebatas senang melihatnya aja..tapi kalo untuk bertanam anggrek ane belum kepingin.. pekarangan ane kebanyakan ditanam apotek hidup dan buah2 an cangkokan
pelihara anggrek tuh susah2 gampang yaaa
kalo udara nya cocok dan medianya bagus sih sbrnny dia bakal rajin berbunga. btw thanks gan infonya bermanfaat!


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di