CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tips Mengganti Karet Wiper Mobil Dirumah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69878110d2956dae1b93f1/tips-mengganti-karet-wiper-mobil-dirumah

Tips Mengganti Karet Wiper Mobil Dirumah

Agan-agan disini tau gasih masa usai karet wiper mobil itu? Yak, maksimal masa pakai karet wiper mobil itu satu tahun gan. Karena, karet wiper mobil akan menjadi lebih keras dan kaku jika pemakaian nya sudah lebih dari satu tahun. Maka dari itu agan harus menggantinya satu tahun sekali agar kinerja nya tetap optimal. 

Ketika elastistasnya menghilang, karet wiper mobil bisa menggores kaca mobil dan meninggalakan garis-garis halus pada kaca mobil. Ini dapat mengganggu pandangan agan saat berkendara nih.

Sebenernya agan gak perlu kebengkel untuk mengganti karet wiper mobil. Agan bisa melakukannya sendiri saat dirumah. Sebisa mungkin agan cari karet wiper mobil yang original dan jangan salah untuk memilih ukurannya. 

Ciri-Ciri Karet Wiper Mobil Sudah Harus Diganti
Karet Wiper Mobil Sudah Berubah Bentuk
Pertama, gantilah karet wiper yang sudah mulai berubah bentuk dari keadaan semula. Karet wiper yang sudah rusak ditandai dengan tekstur pinggirnya yang tidak rata. Selain itu, keadaan karet terlihat pecah-pecah.

Jika bentuknya sudah berubah dan tidak normal, maka fungsinya pun akan cenderung menurun. Oleh karena itu, harus segera diganti supaya berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Umur Pakai Sudah Mencapai 10.000km
Setiap benda pasti memiliki usia pakai, sampai di mana benda tersebut sudah harus diganti dengan yang baru. Sama halnya dengan karet wiper mobil, ini menjadi salah satu ciri yang akurat. Namun, masih banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui hal ini.

Pemakaian maksimal karet wiper yaitu saat mobil agan sudah menempuh jarak 10.000 kilometer. Walaupun dirasa tidak apa perubahan bentuk dan tidak mengalami ciri-ciri lain, secara tidak sadar, pasti kinerja wiper mobil sudah menurun drastis.

Sudah Timbul Garis Air
Timbulnya garis air pada kaca mobil menandakan bahwa karet wiper sudah harus diganti. Saat wiper mobil aktif, agan bisa memastikan, apakah ada garis air yang timbul? Jika iya, maka pertanda harus segera diganti.

Permasalahan ini tentu saja dapat mengganggu penglihatan agan saat berkendara, apalagi untuk perjalanan yang cukup jauh. Sebab, permukaan kaca akan terlihat lebih buram karena pembiasan cahaya di kaca.

Karet Wiper Sudah Melengkung
Keadaan normal dari sebuah karet wiper mobil yaitu tegak lurus, tujuannya agar kemampuan menyapu air berjalan dengan baik dan sempurna. Namun, apa jadinya bila karet wiper ternyata sudah mulai bengkok atau melengkung?

Agan harus siap-siap menggantinya, sebab ini merupakan sebuah pertanda bahwa karet wiper sudah mulai rusak. Karet wiper mobil tidak lagi menempel di permukaan kaca dengan sempurna sehingga kinerjanya tidak berfungsi secara maksimal. 

Cara Mengganti Karet Wiper Mobil
Sekarang agan harus memahami bagaimana cara mengganti karet wiper mobil dirumah tanpa perlu kebengkel. Ikuti tahapan berikut ini agar tidak terjadi kesalahan yang malah bisa memperburuk kondisi wiper mobil.

Angkat Wiper Mobil Agan
Mulai dengan mengangkat wiper mobil secara perlahan. Lalu, lapisi permukaan kaca dengan kain supaya terlindungi dari goresan benda-benda lainnya yang mungkin tidak sengaja terjatuh ketika melepas wiper. 

Lepas Karet Wiper Mobil Agan
Kemudian, lepaskan karet wiper dengan cara menekan kunci di bagian tengah wiper dan mendorongnya ke bawah. Hati-hati ketika melepaskan karet wiper dari gagang penggerak, jangan sampai ada bagian yang patah. 

Pasang Karet Wiper Mobil yang Baru
Siapkan karet wiper yang baru, pasang dan sambungkan ke gagang penggerak secara hati-hati dengan mendorongnya ke atas sampai otomatis terkunci. Agan akan mendengar suara ‘klik’ ketika memasangnya. 

Setelah itu, Agan bisa mengembalikan wiper ke tempat semula. Jangan lupa singkirkan terlebih dahulu kain yang digunakan untuk melindungi kaca mobil.


Jadi itulah tips cara memasang karet wiper mobil tanpa perlu agan ke bengkel! Semoga bermanfaat untuk kita semua. 



Cheers!





sumber: tunastoyota


profile-picture
dhinyzfrn memberi reputasi
wah. dah lama gak ngecek wiper karena jarang dipake.. besok cek deh. tengs infonya emoticon-Shakehand2
Nah itu sih gan kadang yg ga pernah kaya ane jadi takut kalau mau ganti2 karena ga bisa haha
manteebb banget nice infonya gan
Naise gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gangster.desa dan 4 lainnya memberi reputasi
Ntar ane coba in
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papah.jahats dan 3 lainnya memberi reputasi
Baru ganti nih ane gan..padahal dah 20rb km..
wah iya nih, udah lama ga ganti wiper, tapi ane cari2 di sebelah mana nya setang ya.. ?? emoticon-Nohope emoticon-Nohope emoticon-Nohope
terima kasih infonya gan, manteb nih pas banget mau ganti wiper gan
karna servis mobil tuh udh mahal, jd hal2 yg bs d kerjain sndri ya mending d kerjain sndri ya gann
thank you infonya bermanfaat super
wah thx infonya.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di