CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Agar Saya dan Keluarga Makin Betah, Rumah Harus Asri dengan Tanaman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f690b06a2d19521891a37a0/agar-saya-dan-keluarga-makin-betah-rumah-harus-asri-dengan-tanaman

Agar Saya dan Keluarga Makin Betah, Rumah Harus Asri dengan Tanaman

Agar Saya dan Keluarga Makin Betah, Rumah Harus Asri dengan Tanaman


Agar Saya dan Keluarga Makin Betah, Rumah Harus Asri dengan Tanaman
Foto: Dokumentasi Pribadi


Pandemi Virus Corona, hingga saat ini lanjunya terus saja berlari angkanya. Entah kapan kita akan dalam sehari 0 kasus baru penderita terkonfirmasi positif Covid-19.

Sambil menunggu hal itu terjadi, banyak dari kita memindahkan aktifitas utamanya ke rumah. Seperti bekerja di rumah maupun bersekolah di rumah. Tentu saja, hal ini tidak mudah dilakukan. Ada rasa penat yang bisa berujung stress. Karena gerak fisik kita sangat terbatas. Tak bisa bebas lagi keluyuran dan kumpul-kumpul seperti di kala normal.

Untuk menyiasatinya, salah satu yang saya lakukan adalah membuat betah rumah. Salah satunya dengan tanaman di sekeliling rumah. Agar rumah nampak asri. Sekaligus meredam hawa panas di kala siang hari. Kebetulan rumah saya berada di perkotaan yang lumayan menyengat jika siang hari.

Spoiler for :


Bagi yang memiliki rumah luas dan halaman yang lebar, menanam tanaman tentu bukan halangan. Bisa ditanam di mana lokasi yang diinginkan. Namun, karena rumah saya juga rumah petakan ala kebanyakan rumah kontrakan di tempat saya, tentu saya harus bisa menatanya agar tidak malah terkesan semrawut.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang saya lakukan:

1. Mempersiapkan Wadah Tanaman

Saya juga gak mau ribet. Saya bisa memanfaatkan ember yang sudah tidak terpakai sebagai wadah / potnya. Tinggal menambahkan tanah. Kalau punya pupuk alangkah baiknya ditambah dengan pupuk. Saya sih jujur saja tidak menambahkan dengan pupuk. Cukup cari tanah yang sekiranya subur saja.

2. Mencari Tanaman Disesuaikan dengan Wadahnya

Saya tak ada referensi pohon khusus. Pohonnya pun saya tak membelinya. Tapi meminta ke rumah mertua hehe. Kebetulan di sana banyak tanaman. Saya meminta beberapa pohon yang sekiranya tak perlu perawatan khusus. Karena saya juga bukan orang yang rajin.

Spoiler for :


3. Tempatkan Tanaman yang Tidak Mengganggu Mobilitas

Tidak menghalangi keluar masuk, atau mengganggu jemuran baju. Beberapa tanaman juga saya gantung. Pastikan posisi pohon terkena sinar matahari yang cukup. Malah yang di belakang, terkena air hujan. Jadi lumayan gak perlu menyiram lagi kalau sedang hujan. Seperti saat saya menulis thread ini.

4. Lakukan Perawatan

Meski bukan bidangnya, kalau sekedar menyiram tanaman, atau merapihkan batang-batangnya sih saya bisa kok.

Mungkin itu saja cerita tanaman di rumah saya. Sampai jumpa di thread berikutnya.

Spoiler for :



BATA ONLY!
profile-picture
profile-picture
betiatina dan cheria021 memberi reputasi
Diubah oleh kbh.official
Diubah oleh kbh.official
Kalo siang hawanya jadi sejuk
profile-picture
profile-picture
kbh.official dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Belum abis dlnya ya ini event? Btw nanemnya pakai bekas cat gan? Mantap agar barang bekas tidak sia2emoticon-2 Jempol

Quote:


Kalau tanamannya sedikit tetap panas ganemoticon-Hammer2
profile-picture
kbh.official memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Ya diperbanyak dong, tambahin pohon pisang, rambutan, mangga, beringin.
profile-picture
kbh.official memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Bangun rumah deket sawah pasti sejuk
Setuju banget gan, kalau rumah asri udara juga jadi sejuk dan sedap dipandang mata.. ini ane dan suami juga lagi seneng bercocok tanam, nanem tanaman hias di pekarang ane yang sempit.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di