CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f68593b5cf6c4778f55fabf/kpai-minta-kurikulum-sejarah-diubah-karena-terlalu-jawa-sentris

KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris

KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris

Suara.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tetap mewajibkan mata pelajaran sejarah namun dengan perbaikan. Sebab, kurikulum saat ini terlalu Jawa sentris.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menilai dalam kurikulum 2013 yang dipakai dalam mata pelajaran sejarah saat ini terlalu Jawa Sentris yang kurang memberikan pengetahuan sejarah daerah lain di Indonesia.

"Sehingga anak Papua, anak Aceh, Anak Kalimantan, Anak Sulawesi, Anak Sumatera, dll belajarnya sejarah Jawa, padahal daerahnya juga memiliki sejarah yang layak dipelajari anak bangsa ini," kata Retno di Jakarta, Senin (21/9/2020).

Kurikulum sejarah saat ini juga dinilai Retno terlalu didominasi oleh sejarah perang dan kekerasan mulai dari Perang Bubat, Perang Diponegoro, Perang Padri, Perang Jawa, Perebutan tahta Singosari Ken Arok, dan sebagainya.

"Barangkali ini perlu diperbaiki agar generasi muda tidak salah menafsir seolah-olah sejarah bangsa kita penuh kekerasan sehingga nantinya dicontoh oleh generasi berikutnya, dikhawatirkan generasi mudanya akan menyelesaikan masalah dengan kekerasan bukan dengan dialog," jelasnya.

Selain itu, Retno juga meminta kurikulum sejarah yang baru nanti agar tidak terlalu terpaku pada hafalan semata yang kerap dikeluhkan siswa sebagai mata pelajaran yang membosankan.

"Bagaimananya dari peristiwa sejarah itu jarang digali dan didalmi melalui dialog. Kalau hafalan, cenderung mudah dilupakan dan tidak dipahami makna suatu peristiwa sejarah," pungkas Retno.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan isu penghapusan pelajaran Sejarah tidak benar, sebab penyederhanaan kurikulum pendidikan nasional masih dalam proses pembahasan dengan berbagai pihak.

"Saya ingin mengucapkan sekali lagi bahwa tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional," kata Nadiem.

Dia mengakui isu ini muncul dari draf sosialisasi Penyederhanaan Kurikulum dan Asesmen Nasional Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud yang dipresentasikan internal pada 25 Agustus 2020, lalu bocor ke publik.

Namun, draf yang tersebar ini, kata Nadiem belum final dan bukan satu-satunya pilihan dalam penyederhanaan kurikulum.

Nadiem juga menyebut proses penyederhanaan kurikulum nantinya juga tidak dilakukan secara langsung di semua sekolah melainkan dilakukan secara bertahap melalui uji coba mulai tahun depan.

"Penyederhanaan kurikulum tidak akan dilakukan sampai tahun 2022, di tahun 2021 kami akan melakukan berbagai macam prototyping di sekolah penggerak yang terpilih dan bukan dalam skala nasional," imbuh Nadiem.

Dalam draf yang bocor ke publik itu dikatakan bahwa mata pelajaran sejarah untuk kelas 10 SMA akan digabungkan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Kemudian untuk kelas 11 dan 12 mapel sejarah masuk dalam kelompok peminatan yang tak bersifat wajib.

Padahal, dalam kurikulum 2013 yang dipakai selama ini mata pelajaran Sejarah harus dipelajari dan terpisah dari mata pelajaran lainnya.


https://www.suara.com/news/2020/09/2...ntris?page=all

Mmng mudah merangkum sejarah dari sabang-merauke?emoticon-Hammer

Blm lagi ada penambahan kerajaan2 baru spt sunda empireemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
langitnyabiru dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Mending sejarah gitu masuk muatan lokal, satuin aja ke pelajaran bahasa daerah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sebaiknya pelajaran olahraga diubah

Jgn ada BERENANG

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Skyland999
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
mapel sejarah daerah kan udah masuk ke mapel muatan lokal. KPAI goblog
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bravehigh dan 24 lainnya memberi reputasi
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


muatan lokal itu malah banyaknya linguistik, kalo ditambahin sejarah malah kasian muridnya, mulok itu cuma 2-3 JP per minggu
emoticon-Malu
lagian, kenapa jawa sentris? lah perkembangan peraraban indonesia modern kan berpusat di jawa, beda cerita kalo materi peradaban era kerajaan-kerajaan, sebaran prasasti hampir merata di semua wilayah indo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 30 lainnya memberi reputasi
Seharusnya sejarahnya lebih ke teknis seperti, pembangunan candi, bagaimana teknik membangun candi saat itu, berapa banyak dana yg dibutuhkan, brp jumlah orang yg ikut berpartisipasi dalam pembangunan, batu jenis apa yg di gunakan, teknik plester apa yg digunakan, bagaimana orang jaman dulu menggunakan satuan ukuran panjang dan lebar, alat2 apa saja yg digunakan untuk membangun, metode apa yg digunakan untuk memilih batu bahan candi dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Sejarah yak cuman sebatas penjajahan dan kemerdekaan indon, bukan sejarah Jawa emoticon-Marah mpret, emang sejarah tangkuban perahu ada di buku sejarah klean ?
emoticon-Blue Guy Bata (L) lagih2 KPAI idiot, sudah 3x out ini klean bikin gaduh
1. Hamil lewat kolam
2. Anjay
3. Buku sejarah Indon.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
"Barangkali ini perlu diperbaiki agar generasi muda tidak salah menafsir seolah-olah sejarah bangsa kita penuh kekerasan sehingga nantinya dicontoh oleh generasi berikutnya, dikhawatirkan generasi mudanya akan menyelesaikan masalah dengan kekerasan bukan dengan dialog," jelasnya.

Tapi fakta membuktikan, belum ada org yg radikal karena sejarah dari daerahnya sendiri atau sejarah Jawa, tapi yg jadi radikal karena sejarah dari daerah lain sudah banyak KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bkn cm itu ttp jg agamasentris emoticon-Smilie
Coba pas mbahas riwayat raja-raja Jawa, ndak ada itu diceritakan detail sejarah yg berdarah2 saling bunuh dlm 1 trah keluarga. Lalu kalo ada perang internal rebutan kekuasaan penuangan sejarahnya cenderung memihak yg beragama tertentu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EnzoMan dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Ada hubungan apa KPAI dengan pelajaran sejarah bidang pekerjaan sudah beda!

Aneh bukan main KPAI malah ikut campur urusan yang bukan urusan nya!

Noh yang demo bawa bawa anak, sama anak anak yang di bawah umur yang di indroktinasi supaya ikut demo saja tidak bisa ke urus!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Membacanya itu apakah mungkin pada posisi terbalik atau 'gimana ?
Itu, diajarkan khan supaya menjadi pengingat (agar tetap eling), sehingga tidak sampai terjadi lagi. Dan bukan untuk diteladani dan diulangi. Lha kalau bicara apakah kasus seperti itu Jawa sentris atau tidak, bisa dilihat sendiri sekarang contohnya di Poso atau di Papua sana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apajadah1 dan 2 lainnya memberi reputasi
sejarah indonesia kebanyakan validitasnya diragukan, malah terkesan kepengen jawa jadi superior.

wayang dari china claim dari jawa (shadow puppet)

batik claim dari jawa, padahal di china, india udah bikin duluan.

candi di sumatera claim yang bangun majapahit, padahal sriwijaya lebih lama berdiri, bahkan ada kerajaan yang lebih tua dari sriwijaya kerajaan kandis.

baru2 ini keris tertua ditemukan di sungai musi, lebih tua dari keris dijawa.

bendera merah putih katanya dari majapahit, penelitian malaysia bilang asal usulnya sriwijaya karena kerajaan tertua sriwijaya.

gatot kaca dari india claim dari indonesia

gajah mada gambarnya imajinasi dari m.yamin dan gajah mada sendiri ga menguasai nusantara, cuma kerjasama perdagangan doank

kartini orderan belanda, padahal ada pahlawan wanita lebih tua dari kartini.

kudu di mak erotkan sejarah indonesia ini, banyak kagak valid isinya

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
abdullahrian89 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rajin.meremas
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Sudah dibilang..KPAI ini dibubarkan saja mumpung negara berhemat pandemi corona.
Gak ada kerjaan ,kan??
Selalu memuat berita yg tak rasional..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lah? Klo emg sejarahnya bgtu ya udah tho, ngapain dipermasalahkan. Gabisa kerja bener jadi nyerembet ke mana2 aja dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sehau76 dan 2 lainnya memberi reputasi
sejarah jawa paling lengkap karena ada bukti prasasti, candi, arca, kekimpoi, sastra2, dan dimana pusat peradaban memang dijawa.
kalo daerah lain ada bukti bisa memperkaya, tp kalo hanya cerita turun temurun dan katanya dan katanya, ya susah juga.
profile-picture
profile-picture
abdullahrian89 dan entop memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Maksudlu terlalu islam sentris??

Setuju gue klo itu dirombak.

Tekankan bahwa islam tdak hanya disebarkan dengan jalan damai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jangan setengah setengah... sejarah di manual mu juga penuh dan kekerasan dan tindakan seksual yg memalukan, mau di rubah juga gak. emoticon-Big Grin
profile-picture
entop memberi reputasi
KPAI mau nya pelajaran sejarah juga memasukkan jejak khilafah d nusantara.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
x369963x dan entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
"Barangkali ini perlu diperbaiki agar generasi muda tidak salah menafsir seolah-olah sejarah bangsa kita penuh kekerasan sehingga nantinya dicontoh oleh generasi berikutnya, dikhawatirkan generasi mudanya akan menyelesaikan masalah dengan kekerasan bukan dengan dialog,"

sepanjang sejarah belom ada sejarawan hard core meledug dengan mengagungkan dewa-dewi jaman lampau emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xneakerz
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Muatan lokal kan ada,masukin di situemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di