CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / MotoGP /
Kenapa Ketika Motor MotoGP Terjatuh, Mesinnya Langsung Mati? Simak Penjelasannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f68499f28c9915d1a33aa9f/kenapa-ketika-motor-motogp-terjatuh-mesinnya-langsung-mati-simak-penjelasannya

Kenapa Ketika Motor MotoGP Terjatuh, Mesinnya Langsung Mati? Simak Penjelasannya!

Hampir disetiap gelaran MotoGP, ada aja pebalap yang alami kecelakaan atau terjatuh. Baik itu kecelakaan yang menimbulkan resiko buruk (highside) atau kecelakaan ringan (lowside). Kecelakaan lowside biasanya cukup sering terjadi, dan ketika alami kecelakaan seperti ini, pebalap akan berusaha untuk tetap melanjutkan balapan. 

Pebalap yang dibantu oleh beberapa orang marshal akan berusaha untuk menyalakan motor yang mati saat terjadi kecekaan. Proses menyalakannya adalah dengan cara mendorong motor. Nah, pernyataanya GanSis, kenapa pas jatuh atau kecelakaan, motor langsung mati. Kan pasti bakalan ngabisin waktu banget kalau harus nyalain lagi.

 Kenapa Ketika Motor MotoGP Terjatuh, Mesinnya Langsung Mati? Simak Penjelasannya!

Ternyata GanSis, mesin motor MotoGP mati ketika kecelakaan adalah karena sensor memutus tenaga mesin ketika motor jatuh. Jadi ini dibikin sengaja dimatiin GanSis, dengan menggunakan sensor. Sensor yang disebut dengan lean angle atau bank angle ini akan membaca kemiringan motor. Ketika kemiringannya melebihi batas dan terdeteksi motor jatuh, maka sensor dengan otomatis akan menonaktifkan mesin demi keamanan.

Pengadaan sensor ini bukan tanpa alasan GanSis, semua ini adalah untuk alasan keselamatan pengendara dan mencegah adanya kerusakan yang lebih parah dari motor. Misalnya ketika tangki bensin mengalami kebocoran dapat menyebabkan kebakaran jika mesin tetap menyala saat motor terjatuh. Atau bisa jadi si pebalap akan terseret motor jika mesin masih menyala saat motor terjatuh, dan ini akan membahayakan pebalap.

Sensor ini sebenarnya gak hanya digunakan di motor MotoGP GanSis, motor – motor yang dijual massal juga udah dilengkapi dengan fitur serupa. Mesin akan mati ketika motor terjatuh. Namun, sensor lean angle yang digunakan di MotoGP udah lebih canggih dan memungkinkan pebalap menikung dengan sudut kemiringan yang lebih ekstrem.

Ketika motor MotoGP terjatuh dan mesinnya mati, pebalap harus bersusah payah menyalakan mesinnya lagi. Sebab, motor MotoGP tak dilengkapi dengan kick starter atau tombol electric starter seperti motor yang dipakai di jalanan umum. Sebab, komponen-komponen tersebut akan menambah berat motor MotoGP jika disematkan. Cara menyalakannya adalah dengan cara di dorong. Tapi jika lagi di paddock atau sebelum start, motor akan dinyalakan menggunakan roller starter.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 39 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Motor lama juga gitu kalo jatoh... Kagak ada sensor lean angle.. tapi karburatornya nya jadi banjir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
ternyata semua udah didesain demi keamanan dan kenyamanan pembalap emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
oalah gitu.. tp pernah tuh satu kasus, dua pembalap jatuh gegara bersenggolan.. tp motornya masih nyala.. lucunya kedua motornya nyangkut dan muter² sendiri wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sibrown dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
O.....jd seperti itu to desain dr motor pembalap ya gan....hemmm
profile-picture
jlamp memberi reputasi
emoticon-Wow Motor mahal ya gitu emoticon-Cool emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jlamp dan mulivw memberi reputasi
Kalau NMAX jatuh meledak atau gimana gan ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
motor nya ngambek emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Moto gp pake karbu apa injeksi yaa?
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
setau ane kalo di motor produksi masal di negara kita mulai dari 2006-sekarang biasanya pake angle bank sensor tapi kebanyakan yg pake versi injeksi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmm.. pantes pas pinales menjatuhkan diri itu motornya maju terus sampe nabrak sendiri dan matiemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardus96 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
Ok kakak
Balapan internasional, semua nya udah dipikirin secara mateng yak emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Kenapa pemvalap moto gp kalo jatuh bisa langsung berdiri bahkan jalan2. Keren bgt anjir. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Safety gaes
sensor ya
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Oh ternyata mesin motor MotoGP mati ketika kecelakaan adalah karena sensor memutus tenaga mesin ketika motor jatuh.

Jadi ini dibikin sengaja dimatiin dengan menggunakan sensor. Sensor yang disebut dengan lean angle atau bank angle ini akan membaca kemiringan motor. Ketika kemiringannya melebihi batas dan terdeteksi motor jatuh, maka sensor dengan otomatis akan menonaktifkan mesin demi keamanan.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Kan sering juga kejadian pas lagi nikung tiba2 mesin langsung mati, mungkin krn settingan kemiringannya gak pas jadi pas lagi nikung dikemiringan tertentu motor langsung mati alhasil ya seluncuran deh tu motor sampe gravel emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
masa didorong bisa nyala sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di