CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Tegal /
[COC. Reg. Tegal] Warteg, Kesederhanaan yang Membawa Kesejahteraan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6833e709b5ca36af174c31/coc-reg-tegal-warteg-kesederhanaan-yang-membawa-kesejahteraan

[COC. Reg. Tegal] Warteg, Kesederhanaan yang Membawa Kesejahteraan

[COC. Reg. Tegal] Warteg, Kesederhanaan yang Membawa Kesejahteraan


Indonesia memang pantas mendapat julukan surga bagi pecinta kuliner. Selain rasa, aroma, dan keunikannya, kuliner Indonesia juga sangat beraneka ragam. Hal ini juga membuktikan bahwa penduduknya memiliki selera dan kreativitas yang luar biasa.

Warung nasi yang berasal dari kota Tegal-Jawa Tengah atau biasa dikenal dengan sebutan Warteg merupakan salah satu yang membuat kuliner Indonesia semakin diperhitungkan dunia.

Image-nya yang terkenal dengan masakan rumahan yang sederhana dengan harga merakyat, namun cita rasa tidak kalah dengan rasa restaurant. Hal demikian membuat Warung Tegal (Warteg) selalu dicari dan dirindukan. Terutama oleh anak-anak kost, buruh bangunan, serta berbagai profesi yang kebanyakan dari golongan berpenghasilan menengah ke bawah.

[COC. Reg. Tegal] Warteg, Kesederhanaan yang Membawa Kesejahteraan


Meski sagat terkenal, namun jarang sekali yang mengetahui sejarah terbentuknya Warung nasi yang berasal dari kota Tegal tersebut.

Konon, Warteg mulai ada di Jakarta sekitar tahun 1960-an. Kala itu terjadi perpindahan ibukota Indonesia dari Yogyakarta ke Jakarta. Hal ini bermula dari keisengan seorang istri warga Tegal yang ber-profesi sebagai buruh bangunan.

Beliau merasa kasian dengan buruh yang merantau sendirian alias tidak berkeluarga dan kesusahan mendapatkan makanan. Selain lokasi yang menyita waktu karena jauh dari tempat kerja, harganya juga cenderung tidak sesuai kantong buruh alias kemahalan. Lalu tercetuslah ide untuk menjual nasi Ponggol khas Tegal yang murah namun lezat dan mengenyangkan.

Pada awal mulanya memang ditujukan untuk rekan buruh sang suami. Seiring berjalannya waktu, dibentuklah bedeng-bedeng persegi khusus, tak hanya Nasi Ponggol tetapi juga masakan rumah lainnya.

Kepopuleran Warteg tersebut kemudian disebar ke berbagai pelosok nusantara. Siapa sangka, masakan sederhana khas rumahan yang lezat dan bisa kantong lebih hemat itu kemudian diminati banyak kalangan hingga kemudian mendunia.


[COC. Reg. Tegal] Warteg, Kesederhanaan yang Membawa Kesejahteraan
Warteg di Berlin




[COC. Reg. Tegal] Warteg, Kesederhanaan yang Membawa Kesejahteraan
Warteg di Korea


Warung nasi dari Tegal yang mencerminkan kesederhanaan dan kedermawanan, mengajari kita bahwa, sesuatu yang dilakukan dengan hati pasti bisa diterima oleh hati.

Warung Tegal yang dipandang simbol makanan murah telah membuktikan tidak selamanya yang sesuatu yang dianggap rendah itu memang rendahan.

Warteg juga telah banyak membuka mata hati bahwa kesederhanaan itu tak hanya menawan, tetapi juga bisa membuat kesejahteraan semakin meningkat alias mapan.


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Narsum : Opini pribadi
Referensi : Ini aja
Pict : Google






profile-picture
profile-picture
profile-picture
ecdavid23 dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
[COC. Reg. Tegal] Warteg, Kesederhanaan yang Membawa Kesejahteraan


Selamat makan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Jadi laper sendiri ane bacanya gan wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Luar biasa, udah sampai luar negeri ya ternyata warteg ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Sing penting olih kasbon emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Wah emang sih favorit banget makan di warteg, selain karena murah tapi makanannya juga enak kok, punya cita rasa tersendiri
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Penyelamatan di tanggal tua pas masih jaman kuliah, wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kalau di tegal, namanya warung kaya gini warung biasa ya gan? Haha
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
resto canggih touch screen emg tiada duanya dahh, solusi makan murah tanpa puyeng wwkwkw
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
warteg ini memang tiada dua nya top bgt lah pilihannya banyak, harga nya murah lagi. penolong di tanggal tua hehe
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
keren ya warteg ini sudah sampai ke luar negeri 😀
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
warteg sekarang udah kaya franchise.. banyak cabang bertebaran dimana mana.. dan emang masakan rumahan itu the best sih.. mau ngambil dikit atau banyak gak bakal takut harga nguras kantong hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Asal jangan salah pilih aja, harganya bisa beda2 lho
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan benche87 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
terimakasih kepada siapapun yang pertama kali bikin warteg, sungguh penyelamat akhir bulan
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan nowbitool memberi reputasi
restoran touch screen, terakhir makan di warteg udah lamaa banget.. jadi kangen milih lauk yang tinggal nunjuk, minum es teh manis sebagai penutup. dan pas bayar pun kaget karena total cuma 10 ribu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
naminaroni dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sahabat di kala akhir bulan wkwkwk
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan badriiiiii memberi reputasi
Di warteg itu byk variasi makannya
Tergantung mood, mo makan yg mana
Tp entah knp, orek tempe nya ttp yg debes ya
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jadi kangen warteg deket kampus. enak dan bisa ngutangemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Wiih mantap jiwa warung pokwe tegal niih.. keliatannya sedap sedap
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
kangen dengan warteg. dulu waktu masih kerja di Jakarta suka makan warteg di daerah Sunter. orek tempe, tahu kuning, peyek udang...langganan wajib setiap sabtu/ minggu pagi.
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di