CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jaga Ludahmu Bukan Hanya Lidah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f680b598d9b1729a02f180c/jaga-ludahmu-bukan-hanya-lidah

Jaga Ludahmu Bukan Hanya Lidah

Jaga Ludahmu Bukan Hanya Lidah

Lama saya tidak ke pasar, di tempat tinggal, alasannya karena sudah ada pedagang sayur keliling, toh juga yang saya beli tidak terlalu banyak.
Suatu ketika ingin membeli barang yang mau tidak mau harus ke pasar, kebetulan sedang di rumah orang tua jadilah ke pasar terdekat. Masih ingat jaman dulu ketika ke pasar ini pulangnya selalu membeli es puter untuk oleh-oleh, harga rakyat rasa resto memang. Kedai es ini sangat laris hanya sebuah gerobak kaki lima saja.

Tapi hari itu saya urungkan untuk membeli walau aslinya sangat kepingin. Pasalnya saya lihat penjualnya tidak memakai masker, cukup lama saya perhatikan dari angkot, dia ngomong terus entah apa yang diiobrolkan.

Seketika ada sebuah pertanyaan dalam hati, mengapa tidak ada operasi masker untuk penjual makanan di pasar itu, kok longgar sekali?

Menurut saya ketika memasak ataupun menjual makanan wajib memakai masker walau tidak ada pandemi. Karena sekali kita buka mulut dan berbicara itu serpihan ludah berhamburan keluar dari dalam mulut kita, saking halusnya semburan itu, tak nampak oleh mata. Itulah yang disebut droplet. Yang bisa menempel di mana-mana.

Paling bikin geregetan itu bila melihat pedagang makanan, atau orang saat memasak ngomong saja sepanjang aktivitas masak, tanpa memakai masker. Tempo hari tak segan saya menegur penjual nasgor, saya bilang ke orangnya "kalau gak punya masker pakai serbetnya saja." Eh malah ketawa dia.

Hal ini sebaiknya juga berlaku bagi para koki masakan online, para koki rumah tangga, ibu-ibu, adik-adik dan kakak-kakak, serta semuanya wajib memakai masker saat memasak. Sudah waktunya kita tahu tentang menjaga kesehatan diri dan orang lain.

Jangan lagi ada kata tak mudah mengajak pada kebaikan, pembeli pun wajib menyeleksi dimana jajanan yang benar-benar sehat terutama saat memasaknya. Penjual makanan memang harus menjaga kebersihan. Yang beli saja wajib pakai masker kenapa yang jualan tidak mau?
Jaga Ludahmu Bukan Hanya Lidah

Satu lagi selain yang menghadadapi olahan makanan, yaitu penyiar radio atau televisi atau penyanyi dan semua pemakai mikrofon, nah saat bicara di hadapan mikrofon ini harus hati-hati harus ada hijabnya, jadi bungkus mikrofon dengan tisu atau tetap memakai masker saat cuap-cuap. Terutama mikrofon yang dipegang.

Saya kira semua sudah tahj bila pencegahan lebih baik dari lada pengobatan dan pasti sudah memahami perpindahan kuman, bakteri atau virus Korona.

Droplet atau semburan air ludah yang paling kecil dan ringan akan bisa terbawa oleh tiupan angin. Anda tahu spray? Alat semprot untuk parfum juga cairan pembersih tangan? Nah ternyata seperti itulah ludah yang muncrat dari mulut kita saat bicara.

Kita hanya saling mengingatkan dan menghimbau untuk memperkecil korban Covid-19, karena terhitung sampai saat ini sungguh mengejutkan kasus semakin banyak. Mau tidak mau memang ini kenyataan yang harus dihadapi.

Operasi pemakaian masker pun mulai dilakukan di beberapa daerah, bahkan ada yang memberi hukuman menyapu dan memberaihkan halaman kelurahan.
Semoga masyarakat mulai peduli pada kesehatan. Soal memilih masker scuba memang paling enak dan nyaman, modelnya juga pas di wajah. Sebaiknya diberi saran agar menempelkan atau melapisi tisu dalamnya saat memakai. Fungsi tisu juga sebagai penyaring, bahkan bila bersin kita tinggal mengganti tisunya.

Yang penting tutup mulut agar ludah tidak menyembur kemana-mana. Menjaga jarak sudah dilakukan maka menjaga ludah agar tidak kemana-mana juga harus.

Pasti akan ada pertanyaan nanti bagaimana dengan berciuman? Sedang saat ciuman ludah akan saling bertemu, menurut pakar kesehatan ciuman juga menyehatkan, meningkatkan imunitas tubuh dan memberi semangat.

Jawabannya, menggunakan masker untuk menghindari kuman dari luar dari orang yang tidak kita kenal dan tidak kita ketahui kesehatannya.

Salam semangat, jaga selalu kesehatan semua


😷😷😷
🙏

______________

tulisan berdasar opini dan sekitarnya
Gambar pixabay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alizazet
Halaman 1 dari 4
sip gini kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Yg repot itu jd dukun
Kalo disuruh make masker ntar nyembur pasiennya gimana
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
alizazet dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Jaga iler mu emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jaga hati juga nggak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
itu pict ane kira beha, tau nya masker ada 2 emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Jagalah hati jangan kau kotori
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
iya bener tuh mengenai penjual makanan yang harus kudu wajib pake masker, secara gue tinggal sedniri ngekos, kalo lagi ga masak pasti gue beli makanan di luar dan kalo dilihat penjualnya gak pake masker dan gak bersih, mendingan gausah di beli deh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Emang di masa pandemi ini wajib banget sih pake masker terus kalau kemana-mana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 2 lainnya memberi reputasi
Pake masker biar ludah mu gak muncrat ke mana-mana... emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
alizazet dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Saya akan jaga
profile-picture
profile-picture
alizazet dan eyefirst2 memberi reputasi
Jangan asal crot ludah dimana ajah. Masa kalah sama otong yang kalau crot tau tempat 🤣
profile-picture
profile-picture
alizazet dan eyefirst2 memberi reputasi
Ane kira jangan meludah sembarangan gan emoticon-Ngakak
profile-picture
alizazet memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udahh terbiasa pakai maskerr jadi ya nyaman aja sih sekarang mah kalau pakai masker kemana mana, malah kadang dikantor pakai maskerr jug
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tukang bakso di deket rumah gua juga gitu, padahal rame banget, tapi tidak memakai masker. Malah dia bilang, corona itu mitos. Gua rasa, bahan dari baksonya itu adalah urat-urat dari otaknya sendiri.
profile-picture
profile-picture
alizazet dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
serasa dengerin orang ceramah
profile-picture
profile-picture
alizazet dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
setuju sama yg ts ketik
profile-picture
profile-picture
alizazet dan eyefirst2 memberi reputasi
seharusnya meludah jg denda jika memang bisa menulari covid juga kan.....


pedagang makanan jg sebenarnya paling fatal sekarang ini apalagi yg ibaratnya bersentuhan langsung dgn makanannya ( macam kang gado" atau yg lainnya )..... klo sy perhatiin memang belum peka soal kebersihan.. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
alizazet dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di