CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kabar Baik, Sepasang Anak Badak Jawa Lahir di Ujung Kulon
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6808e9e83c7262bd04f4b1/kabar-baik-sepasang-anak-badak-jawa-lahir-di-ujung-kulon

Kabar Baik, Sepasang Anak Badak Jawa Lahir di Ujung Kulon


Kabar Baik, Sepasang Anak Badak Jawa Lahir di Ujung Kulon

Penampakan anak badak yang abru lahir di Ujung Kulon (foto istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kabar mengembirakan datang dari dunia satwa Indonesia. Sepasang anak badak jawa langka lahir di Taman Nasional ujung Kulon, Banten.

Hal itu diumumkan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN).

Kedua individu itu diketahui lewat hasil monitoring tim Balai TN Ujung Kulon sejak Maret hingga Agustus 2020 dengan menggunakan 93 video kamera pemantau.


Dengan begitu, jumlah total badak Jawa di TN Ujung Kulon mencapai 74 ekor, masing-masing 40 jantan dan 34 betina di mana 15 di antaranya berusia anak-anak dan 59 lainnya pada klaster usia remaja-dewasa. Adapun dua anak badak yang baru lahir kali ini berjenis kelamin satu jantan dan satu betina.

Menurut Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiranto, kondisi habitat badak Jawa di TN Ujung Kulon terbukti baik. Ini ditandai dengan lahirnya dua badak Jawa tersebut. Tahun lalu, empat badak Jawa juga dilaporkan lahir di TN Ujung Kulon.


“Kelahiran Badak Jawa di TN Ujung Kulon tersebut juga mempertegas bahwa populasi Badak Jawa terus mengalami perkembangbiakan alami dengan baik, sehingga terus memberi harapan besar bagi kelangsungan hidup satwa langka spesies Badak Jawa” jelas Wiratno dalam siaran pers, Minggu 20 September 2020.


Ia juga memastikan ketersediaan pakan badak Jawa di semenanjung Ujung Kulon masih relatif baik sehingga menjadi daya mendukung kehidupan badak Jawa pada saat ini dan masa yang akan datang. Saat ini, monitoring lapangan terus dilakukan, di antaranya melalui video kamera pengintai. Ini akan terus dilakukan hingga akhir Desember 2020.


“Pengambilan data dan observasi habitat terus dilakukan. Pandemi ini tidak menghentikan kegiatan lapangan KLHK khususnya petugas konservasi di TN Ujung Kulon dan taman nasional lainnya di Indonesia.” ujarnya.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Wahh jarang-jarang neeemoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sehat selalu ya debay badak emoticon-Smilie
sehat selalu badak jawa...

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
syuukurrlahh, ayolah di jaga sama sama biar nggak sampai punah, karena bagaimana pun udah banyak hewan asli indo yang punah, harimau jawa misalnya
Yeaaaay bancakan. Btw lahirnya normal apa sesar?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
yay! ini berita bagus banget, secara badak kan termasuk binatang yang hampir punah kan ya...
Wah mantap nih, semoga bisa terus berkembang biak lah, jangan sampe punah
Wah kabar gembira, semoga bisa terus berkembang biak deh
sehat sehat debay badak emoticon-Peluk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di