CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Ketapang Mengamuk, TKA China jadi Bulan-bulanan, Dipukuli dan Kabur ke Hutan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f67400e365c4f1da04d7ded/warga-ketapang-mengamuk-tka-china-jadi-bulan-bulanan-dipukuli-dan-kabur-ke-hutan

Warga Ketapang Mengamuk, TKA China jadi Bulan-bulanan, Dipukuli dan Kabur ke Hutan

Ribuan Warga Ketapang Mengamuk, TKA China jadi Bulan-bulanan, Dipukuli dan Kabur ke Hutan

Warga Ketapang Mengamuk, TKA China jadi Bulan-bulanan, Dipukuli dan Kabur ke Hutan

Ribuan masyarakat dari beberapa desa di Kecamatan Tumbang Titi melakukan aksi unjuk rasa ke perusahaan tambang milik PT. Sultan Rafli Mandiri (SRM) yang terletak di Dusun Muatan Batu, Desa Nanga Kelampai, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Kamis (17/9) siang.

Kedatangan masyarakat dari empat desa diantaranya Kelampai, Jungkal, Pemuatan Jaya dan Segar Wangi lantaran tidak terima adanya spanduk yang dipasang oleh oknum perusahaan di lingkungan perusahaan yang berbunyikan dukungan warga empat desa atas pengoperasian kembali perusahaan yang sempat berhenti usai didemo sejumlah masyarakat pada akhir bulan agustus lalu.

Dari pantauan, masyarakat yang merasa kesal merangsek masuk secara paksa ke dalam perusahaan dengan merusak pintu gerbang perusahaan. Bahkan massa yang kesal mencoba mematikan mesin tambang yang dioperasikan kembali oleh perusahaan.

Suasana mencekam tak dapat dielakkan, massa yang emosi kemudian melakukan sweping ke dalam perusahaan dan barak karyawan dan semakin memanas ketika menemukan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada dalam camp karyawan. Keributan juga tak dapat dielakkan, sejumlah massa sempat merusak sejumlah barang di perusahaan, sejumlah aparat kepolisian yang berada dilokasi tidak dapat berbuat banyak saat massa merusak bangunan camp baik dengan memukul pintu, jendela hingga memecahkan kaca bangunan.

Bahkan beberapa dari ratusan TKA yang ada diperusahaan sempat menjadi bulan-bulanan warga dengan dipukuli hingga berdarah, dan ada juga TKA yang mencoba melarikan diri ke dalam hutan sebelum akhirnya dievakuasi oleh aparat kepolisian dengan menggunakan beberapa unit truk.

Tokoh Masyarakat Desa Segar Wangi Tumbang Titi, Rudi membenarkan adanya kejadian keributan antara masyarakat di PT. SRM. Keributan diakuinya dipicu dari ketersinggungan masyarakat yang namanya dicatut perusahaan mendukung pengoperasionalan kembali perusahaan di dalam sebuah spanduk yang terpasang di sejumlah pagar perusahaan.

“Kejadiannya sekitar pukul 11.30 WIB, sejumlah masyarakat dari beberapa desa mendatangi perusahaan,” akunya.

Ia melanjutkan, kalau masyarakat merasa kesal karena mereka dijadikan alat seolah mendukung pengoperasionalan kembali perusahaan setelah sempat adanya kesepakatan pada Agustus lalu mengenai penghentian aktivitas perusahaan selama belum adanya kepastian penyelesaian persoalan sengketa lahan.

“Makanya masyarakat protes, dan diketahui juga ada oknum perusahaan meminta tanda tangan dukungan kepada masyarakat yang mana 1 tanda tangan dihargai 100 ribu yang katanya merupakan bantuan Covid namun nyatanya digunakan seolah sebagai bentuk dukungan, masyarakat merasa dibohongi,” terangnya.

Untuk itu, kedatangan masyarakat hendak mematikan mesin perusahaan malah menemukan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada di pabrik atau barak karyawan yang mana sejumlah TKA sempat ketakutan dan mencoba melarikan diri ke dalam hutan sebelum dievakuasi oleh aparat keamanan.

“Kami mempertanyakan apakah TKA mereka ada izinnya sebab setau kami TKA hanya puluhan tapi faktanya ada ratusan,” tanyanya.

Sementara itu, Ahli waris pemilik lahan yang digunakan perusahaan untuk beraktivitas Imran menegaskan bahwa sampai saat ini persoalan ganti rugi lahan belum diselesaikan perusahaan sehingga pihaknya menyayangkan perusahaan yang kembali mengingkari janji dengan mengoperasionalkan kembali mesin tambang.

“Padahal kesepakatannya tidak ada aktivitas selama persoalan belum selesai. Soal masyarakat ribut disana saya tidak tahu pasti tapi saya dapat informasinya memang benar kejadiannya hari ini,” akunya.

Untuk itu, Imran meminta perusahaan agar tidak mengingkari janjinya serta tidak mengatasnamakan masyarakat untuk berlindung dan mengaktifkan perusahaan.

Waka Polres Ketapang, Kompol Jonathan saat dikonfirmasi enggan memberikan komentar begitu juga dengan Kasat Reskrim Polres Ketapang, AKP Primas yang juga tidak memberikan jawaban dengan tidak mengangkat telepon awak media.

ruko

yang lari ke hutan mudah2an gak dimakan macan/buaya atau keseruduk babi hutan emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dimaz.habib dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
jadiin Babi guling aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papa_kumis dan 5 lainnya memberi reputasi
Gantian klo TKI d perlakukan sama d cina ,taiwan & hongkong mewek2 dah .....

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m0de83g0 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 36 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 36 balasan
mampus emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rohaniiblis dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ini yg gw suka.. Basmi warga asing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papa_kumis dan 7 lainnya memberi reputasi
Yach? Gimana? Gimaha? Udah sharing knowledge belum TKA-nya? Udah berbagi ilmu? Berbagi Skill? emoticon-Wkwkwk
Kan mereka itu diimpor dengan dalih seperti itu kan? emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papa_kumis dan 5 lainnya memberi reputasi
Lah masalahnya apa?
Orang Indo jadi TKI di arap, hongkong, taiwan, malesya, dsb ga ada yang reseh.. Kenapa orang aseng diresein.. Sok-sok an ras unggul nih NKRI...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papa_kumis dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
Biasanya ada kompornya yg beginian
profile-picture
.Orenji. memberi reputasi
Waduh ngeri bre mudah2an tdk Ada yg dibantai
luhut harus tanggungjawab emoticon-Marah:
profile-picture
ninipara memberi reputasi
harusnya sih tuh rrc setop invest di mari.
negara ini hanya akan damae kalo setia jadi kacung mamarika aja kayak dulu. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
reid2 dan galuhsuda memberi reputasi
Warga Ketapang Mengamuk, TKA China jadi Bulan-bulanan, Dipukuli dan Kabur ke Hutan
Tampolin aja ampe begok terutama model cina yg dimari @supramasi
profile-picture
profile-picture
narukustation dan soljin7 memberi reputasi
Nih warga ketapang nggk takut nih
Disumpahin unpancasilais,
Anti kenguik nguikan,
Dan tepapar paham ready call,


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kocexs dan 7 lainnya memberi reputasi
Kata temen gue Tionghoa keturunan di ketapang dan yg datang dari cina beda.. Gak punya adab katanya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
keraaad wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kureno23q dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane suka nih kalo perlawanan krisis lahan masyarakat sama korporat dan biar pada tahu kekuatan masyarakat dan sesungguhnya. Meskipun kini korporat banyakan punya bekingan aparatemoticon-Hansip
profile-picture
reid2 memberi reputasi
Alangkah baiknya dimusyawarahkan brsma dngan kpla dngin.klau pkai kkrsan dan prusakan mlah bkin suasana jdi pnas.smga aja keadaan dsna bsa kondusif lgi.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
😂😂😂😂😂😂. gr2 luhut nih
profile-picture
profile-picture
pamansengkuni dan soljin7 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di