CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Minta Tips Biar Rajin Ibadah Dong :)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6573999775133bdb22bac2/minta-tips-biar-rajin-ibadah-dong

Minta Tips Biar Rajin Ibadah Dong :)

Gan sist. Mau nanya.

Gimana ya caranya biar rajin sholat lima waktu? Hehe maaf maaf aja nih ane skrg skrg ini jarang bgt sholat. Padahal usia udah 25 😭😭 . Dulu waktu ane SMA ane rajin banget ibadah, hidup ane juga nyaman tentram bahagia. Nah semenjak kuliah sholat ane sering ane skip skip. Makanya perkuliahan ane dulu gak lancar tapi Alhamdulillah udah lulus. Nah terus karena udah biasa ninggalin sholat gitu eh skrg malah udah jarang bgt sholat emoticon-Frown
Padahal ane tau efek buat hidup ane kalau ane gak sholat. Hidup ane ya berantakan, seperti sekarang huhu emoticon-Frown
Tapi walau ane tau itu, tetep aja tiap ane berusaha sholat , eh gak nyampe seminggu ane mulai males lagi sholatnya 😢.
Gimana ini😭😭😭😭 tips nya dong gan sist biar tetep istiqomah dalam ibadah.
Ane udah coba berbagai cara buat rajin ibadah, ya tapi tetep aja balik lagi ke rasa malas. Ya Allah maafin😭😭😭😭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Cara paling gampang bisa ibadah itu dengan memaksa diri kamu sendiri.
Misalnya lagi enak2 tidur, sudah waktunya solat, paksain diri kamu sholat.
Waktu kerja, azan kedengaran, paksain solat.
Klo enggak, ya bakal tertunda tertunda dan lewat waktunya.
Kebanyakan gitu.
Entar ah, masih lama.
Dibuai omongan setan.
Bablas.

Saya belum bicara niat.
Alhamdulillah, saya pernah solat dalam kondisi yg gak memungkinkan.
Arah kiblat gak tau, air wudu gak ada, sejadah gak ada, hanya beralas tanah beratap langit.
Karena saya maksa, saya mesti solat.
Bisa aja saya nyerah, gak ada air, gak ada mesjid.
Tengah hutan pula.
Bela2in bawa kompas, sejadah gak bawa pake jaket, air diganti tayamum.
Dan itu tiap hari hampir 3 minggu.

Makanya klo air di rumah mu bersih, kiblat tau usahakan solat.
Karena gak semua orang bisa solat dgn layak.

Klo dirunut kenapa ya bela2in sampai segitunya?
Sekarang menurut kamu ibadah itu artinya apa di kamu?
Kewajiban?
Kebutuhan?
Syarat buat masuk surga?
Biar keren dimata manusia?
Biar gak diomelin ortu?
Ato lillahi taala?
Itu kembali ke niat kamu.

Dan manusia itu ada fase dalam ibadah.
Waktu kecil, ibadah karena diajar ortu.
Remaja, ibadah supaua gak kena omel.
Pas kuliah, mulai ragu dengan agama mu sendiri.
Pas udah mandiri, mulai yakin.
Pas udah bau tanah, jadi kenceng ibadahnya.
Itu fase.
Dan niat fasenya juga ngikutin.
Gak mau kena omel, ikut2an temen, malas berinadah, mulai kembali ke jalan lurus, rajin obadah.

Dan menurut gw pribadi.
Kamu bisa ibadah itu sebenarnya kamu udah ngambil hidayah dari tuhan.
Meski lu malas/kepaksa/gak niat.
Dapat hidayah tapi belum dapat hikmahnya.
Hati kamu belum bisa menjabarkan hilmah.
Kayak kamu tidur, enak2 tidur datang nyamuk.
Ngisap darah kamu.
Otomatis gatal/garuk kan.
Klo kamu blm bisa mikir hikmahnya digiigit nyamuk ya bakal kesel aja.
Gw tidur enak2 digiigt nyamuk.
Sue.
Tapi klo kamu bisa ngambil hikmah nya,hidup mu bakal mudah smooth.
Oia gw belum solat malam nich.
Bangun, wudu, sholat.
Lu gak akan kesel digigit nyamuk.

Gak semua orang bisa solat.
Saya pernah meliat orang yg solat dalam kondisi sekarat.
Bayangkan kakek umur sekitar 80an tahun pake kursi roda, selang oksigen di hidung dan dia sholat jamaat di masjid.
Luar biasa.
Dan itu benar2 menampar saya.
Jadi klo masih muda, air bersih ada, kiblat tau tapi gak solat itu rugi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
refer15 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
cara agar seseorang mau melakukan sesuatu itu berbeda-beda!

- ada yang perlu di takut-takutin dulu
- ada yang perlu di semangati dulu
- ada yang perlu di beri reward dulu
- dll

Nah disini kamu harus tahu dulu gimana caranya agar kamu mau melakukan sesuatu?
Kalau gak tau ya susah .. cari tau dulu makanya

====

Mungkin gambar ini membantu

GIF


emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beqichot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kamu muslim? Okay.. ada beberapa cara


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beqichot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MAQ375
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Malas itu kerjaanya setan... tapi knapa setan ko rajin mnggoda manusia? Wkwkkwwk. Biar rajin solat ya g malas. Biar banyak ibadah ya rajin baca bismillah, smua perbuatan akan dinilai ibadah.... insyaallah.
profile-picture
profile-picture
beqichot dan deeazz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cowok apa cewek?
Ane sih ngingetin suami kalo dia ketiduran ato balik suami yang ingetina ne kalo ane lupa sholat, ampe bolak balik sampe kesel juga bodo amat penting dilaksanain, ntar lama lama biasa, toh kalo dilakuin di awal jam lebih lega gak kegrusa grusu
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ibadah itu harus dipaksakan. Kalo ga gitu bakal males selamanya. Inget syarat mati ga pake tua dan sakit. Mati bisa kapan aja. Jangan sampe keburu dipanggil tp blm ada persiapan.
profile-picture
profile-picture
MAQ375 dan beqichot memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mesti merasakan manfaatnya dl baru bisa rutin melakukan dengan sendirinya.
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Metode ini bs dicoba :
1. Ga usah shalat seharian sampe beberapa hari
2. Shalat magrib aja dulu, tp berjamaah (mesjid mushalla, dll)
Rutin aja sampe beberapa hari. Cuman magrib aja. (1x sehari aja, bs isya aja, atau dzuhur aja terserah)
3. Baru kemudian dinaikin jd 2x sehari, tp konsisten sampe beberapa hari or semingguan jg ga masalah.
4. Secara bertahap naikin jd 3x.. dst.

Boleh2 aja kamu shalat cuman 3x sehari selama berbulan2, yg penting konsisten dan kontinue. Jgn bolong bolong.
Diubah oleh meuruwachung
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Coba iku pesantren gan
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba daftar jadi ustad gan emoticon-Recommended Seller
profile-picture
MAQ375 memberi reputasi
Gak ada..
Cara paling gampang: cari temen dan tongkrongan yg rajin sholat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pengen rajin? Ya jgn malas emoticon-Traveller




Minta Tips Biar Rajin Ibadah Dong :)
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Obat hati ada 5 perkaranya emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
1. Harus dipaksakan, Gan. Lama-lama berasa ga enak sendiri kalau ga sholat. Kalau diturutin malasnya nanti berlarut-larut.

2. Cari teman yg rajin sholat dan rada bawel. Kalau lihat agan ga sholat pasti ditanyain terus. Ane punya temen yg kaya gini. Alhamdulillah.
profile-picture
profile-picture
beqichot dan Rainbow555 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baca azab buku hidayah emoticon-Big Grin
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau ane secara personal emang tidak bisa memaksakan orang jadi susah kalau dipaksa-paksa jatuhnya kaya dongkol di hati gitu.

Prinsip ane sih, kalau ada waktu nganggur coba deh ambil air wudhu. Memang sih lama, tapi praktikan saja dulu. Ganti aktifitas cuci muka agan dengan berwudhu. Kalau ini sudah jadi kebiasaan, selanjutnya jadi terasa mudah gan.

Soalnya setelah kita wudhu, pasti ada rasa-rasanya ingin shalat gitu. Ga tau kenapa tapi nanti hal seperti itu muncul. Seperti ga ada yang maksa, tapi ada keinginan untuk shalat gitu.

Kalau sudah dalam tahap seperti ini, biasanya agan akan merasakan bahwa shalat agan pasti nyaman. Rasa-rasanya tulus gitu ngelakuinnya. Enak dan damai. Coba deh.

profile-picture
profile-picture
beqichot dan deeazz memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ini diajarin ustadz, 40 hari sholat 5 waktu berturut turut, adzan berkumandang langsung berangkat.
Nanti tiba tiba jadi kebiasaan.

Jangan lupa sunnah sunnahnya juga ya gan 👍🏻
profile-picture
profile-picture
beqichot dan deeazz memberi reputasi
Diubah oleh adietile
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pas adzan lgsg shalat. Usahakan berjamaan krn ini akan memotivasi kalo rame2. Kalo ga keburu shalat sndr jg gpp. Tp jgn tunda.

Kalo subuh mls, tggalin aja dulu subuh. Yg lain yg ga malas aja dulu.
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane klo gak sholat 5 wktu kya ada yg kurang apa gtu. Emang Ts gak adakah perasaan sprti itu.??
profile-picture
beqichot memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di