CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sepeda /
Resmi! Pemerintah Buat Aturan soal Pesepeda di Jalanan, Pahami Aturan nya Disini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6489e768cc95684c77aa2e/resmi-pemerintah-buat-aturan-soal-pesepeda-di-jalanan-pahami-aturan-nya-disini

Resmi! Pemerintah Buat Aturan soal Pesepeda di Jalanan, Pahami Aturan nya Disini

Resmi! Pemerintah Buat Aturan soal Pesepeda di Jalanan, Pahami Aturan nya Disini
Berbicara soal bersepeda, beberapa bulan belakangan ini memang sepertinya waktunya pesepeda naik ke permukaan. Pasalnya, sejak adanya pandemi sejak awal Maret kemarin, orang-orang mulai ‘kerajingan’ bersepeda sebagai alternatif berolahraga yang bisa mereka lakukan dan tidak diam dirumah. Namun berbicara mengenai sesuatu yang viral, tentunya akan selalu ada sisi negatif yang mengikutinya. Salah satunya adalah mereka yang tak mematuhi aturan lalu lintas dan berbuat se-enaknya.

Berbicara mengenai keanehan dan keunikan para pesepeda, kita belum lama ini dihebohkan dengan berita mengenai sekumpulan pesepeda yang membawa masuk sepeda nya kedalam restoran, kemudian juga pesepeda arogan yang tak mau mengikuti rambu lalu lintas dan berjalan tidak pada jalur yang disediakan. Memang jika berbicara soal sepeda, tak akan pernah habis berita mengenai aktifitas mereka. Oleh karena itu, kementrian perhubunga yang mengatur segala macam hal yang berhubungan dengan transportasi dan kendaraan termasuk sepeda mengeluarkan peraturan yang mengatur standarisasi dan aturan mereka dalam bersepeda agar beraktivitas sewajarnya.

Dikutip dari laman detikcom, aturan yang terbagi menjadi 6 bab dan 20 pasal ini mengatur bagaimana sewajarnya para pesepeda harus mengikuti aturan yang dibuat. Pada bab II pasal 2 disebutkan bahwa para pesepeda dalam aktivitas nya harus memenuhi standar persyaratan keselamatan. Pada poin tersebut dijabarkan beberapa peralatan wajib yang harus ada pada pesepeda agar memenuhi standar keselamatan menurut Kementrian Perhubungan. Peralatan tersebut diataranya adalah:

1.      Spakbor

Spakbor adalah bagian yang biasanya tidak tersedia pada sepeda gowes. Spakbor berguna untuk menghentikan percikan air yang ditimbulkan akibat putaran roda pada saat melewati genangan air. Spakbor yang disarankan oleh kementrian Perhubungan adalah minimal sebesar lebar roda sepeda tersebut. Ini berguna agar cipratan air yang dihasilkan tak mengganggu pengendara lain yang berada dibelakang pesepeda.

2.      Bel

Lazimnya bel pada sepeda, memang tidak akan terlalu kencang dan membuat perhatian teralihkan. Namun kewajiban bagi pesepeda untuk memiliki bel ini sebagai tanda untuk memberitahu sekeliling nya akan keberadaan pesepeda. Juga bisa digunakan untuk memberi tanda bagi pengemudi disekitarnya. Jenis bel yang bersumber dari listrik ataupun getaran diperbolehkan.

3.      Rem

Tentu benda ini memiliki peran besar bagi seorang pesepeda. Memperlambat dan mengurangi kecepatan untuk menghindari hal-hal tak di inginkan adalah fungsi dari rem. Dalam aturan ini, tak disebutkan secara rinci aturan nya bagi pesepeda tanpa rem seperti sepeda fixieyang umumnya tak memiliki tuas rem pada sepedanya.

4.      Lampu

Merupakan alat tambahan wajib yang juga direkomendasikan oleh Kementrian Perhubungan. Modern ini kini sudah dijual diluar sana berbagai jenis lampu yang bisa digunakan oleh para pesepeda sebagai alat bantuan tambahan ketika hari gelap.

5.      Alat Pemantul Cahaya

Sepeda umumnya sudah dibekali dengan alat pemantul cahaya. Biasanya terdapat dibawah kursi dan juga dibagian depan rangka sepeda. Alat pemantul cahaya ini berguna bagi pesepeda untuk memberi tahu keberadaan nya dari kendaraan lain terlebih dimalam hari. Minimnya cahaya yang dihasilkan sepeda bisa terbantu dengan alat pemantul ini. Disarankan juga untuk memasang alat pemantul pada bagian jari-jari roda yang berwarna putih. Untuk memberi tanda kendaraan yang mengarah kepada pesepeda.

Selain harus mematuhi aturan peralatan wajib dari kementrian Perhubungan. Seorang pesepeda juga dituntut untuk harus dalam keadaan fit sebelum mulai bersepeda. Hal ini karena stamina akan sangat mempengaruhi performa dan kecepatan pesepeda dijalan. jika bersepeda ketika kondisi tubuh tidak fit, maka akan terjadi beberapa penyakit seperti keram dan berbagai penyakit sejenisnya. Untuk mengatasi agar hal semacam itu tak terjadi, kamu bisa mulai dengan rutin pemanasan sebelum bersepeda.

Selain itu, sebagai pendukung, kamu juga bisa coba pijat refleksi untuk memastikan tubuh kamu fit sebelum bersepeda. Tak hanya sebelum, kamu juga bisa pijat refleksi ini untuk melemaskan tubuh setelah capek bersepeda seharian. Kamu bisa coba layanan halo massage dari halojasa. Perusahaan layanan jasa on-demand berbasis aplikasi ini menyediakan layanan pijat refleksi untuk membuat tubuh lebih segar. Sehingga kamu bisa bersepeda dengan nyaman dan dalam kondisi bugar.

Mereka tengah mengadakan program PSBB – Promo September Banyak Bonus. Dimana kamu yang belum pernah coba layanan halojasa, bisa download dan registrasi untuk dapatkan 50k yang bisa kamu gunakan untuk pesan layanan di halojasa. Tak hanya itu, untuk kamu yang sudah pernah pakai layanan halojasa, mereka menyediakan bonus cashback 20% ekstra 20k untuk setiap order kamu. Promo ini berlangsung mulai dari 14 – 20 September 2020. Jika kamu pesepeda, kayaknya kamu harus mulai manfaatkan metode pijat untuk pastikan tubuh kamu segar dan sehat agar bersepeda makin nyaman.
Resmi! Pemerintah Buat Aturan soal Pesepeda di Jalanan, Pahami Aturan nya Disini
profile-picture
profile-picture
OhmMarco dan orgbekasi67 memberi reputasi
Nah kalo begini kan enak, ada aturannya jadi orang nggak sembarangan nantinya
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
dulu angkot, kemudian motor, skrng sepeda.... apakah nanti pejalan kaki?
Penerapan spakbor di sepeda kayaknya agak sulit juga tuh.
itu layanan halojasa nya tersedia dimana aja?
Masuk tol lagi nggak nih ? emoticon-Ngakak
Gak dijelasin sanksi yang bakal diberikan buat para pesepeda yang melanggar aturan ya? Pengguna kendaraan bermotor aja banyak yang masih melanggar padahal sanksinya gak main-main, apalagi pesepeda belum ada sanksinya.

Jepang bisa jadi acuan tuh soal sanksi pelanggaran aturan bersepeda. Sekali melanggar gaji dipotong buat bayar denda.

Quote:


Sebenarnya ini juga add-ons kayak bel atau lampu yang seringnya dijual terpisah. Jadi pesepeda tinggal beli yang sesuai ketentuan Kemenhub aja.
Bener nih, ane setuju banget klo emg pemerintah mulai aware sm pesepeda. Ya bukannya nyalahin pesepeda jg, ane jg demen sepedaan. Cm bbrp pesepeda tuh lalai bgt sm rambu jalanan smpe kadang bahaya dan ngreguiin pengguna yg laen
Ane pikir aturan berkendara dijalan dan apa yg akan dibuat pemerintah..ternyata cuman anatomi sepeda yg dijabarin..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di