CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f64724a349d0f0589775403/nostalgia-bersama-yamaha-champ-motor-bebek-sport-pertama-dari-yamaha

Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Bicara soal motor jadul memang gak akan ada habisnya gan sist, meski sekarang pasar motor didominasi oleh motor matic. Nyatanya masih banyak orang yang mencari motor klasik, entah untuk koleksi atau dipakai sehari-hari. Kali ini TS mau mengajak nostalgia dengan salah satu produk Yamaha disegmen bebek sport, namanya adalah Yamaha Champ.Langsung saja kita mulai pembahasannya.



Ayago Pertama Dari Yamaha

Kelas bebek sport atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Ayago, merupakan varian tertinggi dalam kelas motor bebek. Ayago atau bebek sport ini memadukan dua gaya yang berebeda, bagian depan mengusung bentuk motor sport sementara bagian belakang masih mempertahankan bentuk motor bebek.


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Ilustrasi Yamaha Champ edisi 1991.

Sumber Ilustrasi


Ayago milik Yamaha ini bernama Champ, hadir mulai akhir tahun 1989. Kehadirannya untuk menantang Suzuki RC Sprinter yang lebih dulu muncul dikelas bebek sport pada tahun 1988.

Kalau kalian ingat Yamaha Alfa, motor bebek dua tak dari Yamaha. Bentuk Champ sama persis dengan Alfa, yang membedakan hanya muka depannya saja. Salah satu ciri khas keluarga dua tak Yamaha adalah suara yang berbunyi saat kita menyalakan lampu seinnya.

Sebenarnya bunyi lampu sein ini sangat berguna. Sebagai peringatan kepada pengendara lain, bahwa kita ingin berbelok, bunyi lampu sein ini sangat bermanfaat terutama saat kita melewati komplek perumahan dengan banyak gang. Di mana terkadang saat melewati gang komplek perumahan, banyak yang kurang awas dengan keadaan sekitarnya. Terutama jika ada kendaraan lain yang hendak berbelok masuk ke gang lain (pengalaman pribadi).

Berbeda dengan RC Sprinter yang mengusung lampu belakang kotak serta lampu sein terpisah, lampu belakang Yamaha Champ dibuat sama persis dengan milik Yamaha Alfa. Dengan lampu sein yang menyatu.


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Lampu belakang Champ.

Sumber Ilustrasi


Untuk tampilan muka depan, motor ini mengusung model lampu utama dan lampu sein depan berbentuk kotak. Untuk speedometer masih sama seperti dengan milik Yamaha Alfa. Perpaduan cat hitam dan merah pada bodynya, semakin menambah kesan sporty dari motor ini.

Perbedaan lain dengan Yamaha Alfa adalah motor ini memakai knalpot racing serta tutup rantainya yang sporty karena hanya setengah dibagian atas. Dengan tampilan sporty, bebek sport ini menyasar pasar anak muda di era 90-an.


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Tampak lampu depan.

Ilustrasi by garassi.com


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Ilustrasi speedometernya.

Sumber Ilustrasi


Untuk bagian kaki-kakinya, diberikan suspensi depan semi teleskopik dan suspensi belakang double shock. Adapun sistem pengereman, menerapkan disc brake di roda depan dan drum brake di roda belakang.

Roda depannya juga sudah dibekali cakram, sementara rem belakang masih menggunakan tromol. Sementara saingan satu negara, yakni Suzuki RC Sprinter masih mengadopsi rem tromol untuk roda depannya.


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Ilustrasi mesin.

Sumber Ilustrasi


Mesin Yamaha Champ sama dengan milik Yamaha Alfa, mengusung mesin 2 tak 1 silinder berkapasitas 102,1 cc. Dengan tenaga maksimal 7,8 HP pada 7000 Rpm dan torsi 8,8 Nm pada 6000 Rpm.

Top speed yang bisa dicapai motor dengan bobot mencapai 82 Kg ini sekitar 90km/jam dalam keadaan sehat dan standar. Untuk perpindahan daya mesin ke roda belakang, digunakan transmisi 4 kecepatan.


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Ilustrasi by garassi.com


Motor ini termasuk laris pada masanya, namun pihak pabrikan memutuskan untuk menyuntik mati Yamaha Champ pada akhir tahun 1994. Meski terlihat garang, namun kebanyakan orang lebih memilih Yamaha Alfa yang terkesan kalem dan bersahaja, serta lebih enak dipakai untuk harian.

Cerita sedikit nih gan sist, ditempat TS sendiri lebih mudah menjumpai Yamaha Alfa versi motor bebek daripada Yamaha Champ versi bebek sportnya. Soal harga jadi pertimbangan, lebih baik memilih Yamaha Alfa dibanding Champ. Karena soal spesifikasi mesinnya pun sama, hanya beda tampilan luarnya saja.

Dulu bapak TS pernah punya Yamaha Alfa langsiran 90-an awal, dulu ane belajar mengendarai motor pertama kali juga memakai motor tersebut. Sayangnya motor ini sudah dijual, padahal sekarang harga motor Two Stroke lagi melambung tinggi.


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Yamaha Alfa, varian motor bebek Two Stroke dari Yamaha. Di tempat TS masih lebih mudah menemui motor ini daripada Yamaha Champ.

Sumber Ilustrasi


FYI harga Yamaha Champ versi restorasi maupun originalnya dibanderol Rp 15 sampai Rp 20 juta, hal ini juga tergantung tingkat originalitas dan niat merestorasinya. Kalau ori gak perlu ditanya, pasti banyak yang menghargai tinggi.

Akan tetapi jika kita melakukan restorasi mandiri dengan unit motor bekas, harganya dilihat dari seberapa niat kita dalam hal restorasi. Mulai dari stiker striping, sampai cat bodynya, jika hasil restorasi motor kita sudah terlihat mendekati versi aslinya. Orang-orang gak akan berpikir dua kali untuk membelinya.

Jadi coba lihat garasi kalian, mungkin masih ada kah motor ini dirumah ? Kalau gan sist ingin menjualnya, harganya bisa diatas Rp 10 juta (tergantung kondisi motor juga). Meski banyak dipandang sebelah mata oleh generasi milenial, harga 'Two Stroke' sendiri tergolong masih sangat tinggi.


Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Barisan pasukan Two Stroke.

Ilustrasi by garassi.com


Yang dihargai dari motor ini bukan hanya originalitas motornya saja, tapi juga kenangan bersamanya, ada kepuasan tersendiri bisa punya motor klasik di era modern ini. Terlebih di era yang didominasi motor matic, membuat peta persaingan kini terkesan membosankan dan hanya mengerucut pada jenis matic saja.

Demikian sedikit ulasan motor klasik kali ini, semoga bisa menambah wawasan buat kita semua dibidang otomotif. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam tulisan ini, jangan lupa tinggalkan kritik, saran, serta komentarnya. Sampai jumpa lagi, dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 45 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Yang klasik memang lebih asik gan, apalagi jika motor klasiknya dinaiki oleh wanita cantik emoticon-Malu

Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha


Ada yang sampai kecelakaan saat naik motor ini, ada yang pernah punya juga dimasa lalu, seru juga ternyata kalau membahas motor tua. Terimakasih sudah share cerita atau fotonya disini emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kawasaki Square-Four 750 keren gan, apa lagi di belakang ama istri tercinta he he atau pacar / cem cem an dll

Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha

Nostalgia Bersama Yamaha Champ, Motor Bebek Sport Pertama Dari Yamaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kwh88
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
temen SMA gw dulu sekolah naik ini (lupa Champ atau Alfa, kemungkinan sih Champ). gak ngerti dimodif gimana, jadinya ceper bgt..emoticon-Hammer (S)

abis keserempet truk lalu dijual, pdahal masi bisa jalan. joknya doang yg mangap..emoticon-Big Grin. kata bapaknya buat buang sial..emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Oalah nee motor kueceng bgt pernah dibikin buat ngedrag 402 memoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
2 tak seolah punya 2 nyawa, tetap melaju ditengah jaman yang memusuhinya.
antara cinta sama gada piliha, lah satu2nya motor yang dimiliki yah riding aja laah emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TuanLi
Wah ini langka bgt, 15tahun terakhir jg kayanya blm pernah liat di jalanan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CoZiA dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yamaha Champ.

Sokbreker depan teleskopik panjang khas sport
Setang jepit
Rem depan cakram
Batok lampu sport sejati
Knalpot racing look

Sayange..
Koplinge sentrifugal
Mesin masih tiduran kaya alfa cs (cmiiw)

Tapi ini motor keren di zamannya.. sebelum digantikan kejayaan f1z

Btw bener juga Om, udah lama nggak naik motor dua tak.. bosen liat dijalanan matik semua.

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Duh yang begini begini seksi bener buat ane emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


wahh terlihat gagah nih gan emoticon-2 Jempol



Quote:


ngeri ya kesrempet truk, yang salah temen agan atau truknya nih ? emoticon-Big Grin



Quote:


wahh mantan jokinya nih sepertinya agan emoticon-Salaman



Quote:


mantap nih quotenya gan, menolak punah emoticon-2 Jempol



Quote:


wahh segitu lamanya gan ? emoticon-Hammer2


ane lihat hampir tiap hari, walaupun gak banyak emoticon-Ngakak




Quote:


takut kena komplain gara2 asapnya gan kalau pakai 2 tak emoticon-Hammer (S)

Fiz R, motor idola anak muda zaman dulu emoticon-Matabelo




Quote:


masih banyak kah gan di Bekasi ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ane belajar pake motor ini, isi premix ngacir dah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh furqonxp
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sekuttttt~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
perkimpoian bebek dan jago emoticon-Leh Uga
Ane malah belum lihat wujud aslinya kayak gimana, sekarang di daerah ane lagi rame komunitas bebek 2tax tapi yang mendominasi alfa sama rc bravo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Nostalgia , itu jaman lg belajar motor tp kaki blm sampai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rudyansyah191 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini kumpulan brosur dari Yamaha Champ

Spoiler for Yamaha Champ versi pertama:


Spoiler for Yamaha Champ versi kedua:


Spoiler for Yamaha Champ versi terakhir:


Yamaha Champ Masih Mulus, Jok Terbungkus Plastik Ada Di Dealer Yamaha
https://kask.us/iEepY
#ForumKaskus via @KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Feraldi.Noval
jenis motor yang jika mulus harganya selangit nih.
emoticon-Ngakak
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


mantap, zaman belum ada matic. motor ini sangat berjasa gan emoticon-2 Jempol



Quote:


Two Stroke Never Die gan emoticon-2 Jempol



Quote:


ane dulu punya rc bravo warisan almarhum kakek, dijual karena sudah banyak masalahnya gan



Quote:


wahh sama, ane juga belum sampai pas belajar naik alfa dulu gan emoticon-Hammer (S)



Quote:


terimakasih tamabahannya gan emoticon-Nyepi



Quote:


masih ada kah ditempat agan ?
Klasik bangey designnya kalau diliat dari jaman sekarang
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
lah baru tau ada ini... ane taunya yamaha 2 F1zr...
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pernah punya dlu,dijual buat beli rx king,.
ampe kini masih nyesel jual rx king dlu cuma 3jt..emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di