CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Civitas Academica /
PMM Kelompok 93 UMM Membantu UPTD Puskesmas Ngawen Dalam Program PIK-R
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6467d9b84088223c00611e/pmm-kelompok-93-umm-membantu-uptd-puskesmas-ngawen-dalam-program-pik-r

PMM Kelompok 93 UMM Membantu UPTD Puskesmas Ngawen Dalam Program PIK-R

PMM Kelompok 93 UMM Membantu UPTD Puskesmas Ngawen Dalam Program PIK-R

Salah satu faktor yang membuat pergaulan bebas banyak terjadi di Indonesia adalah karena kurangnya pengetahuan mengenai pergaulan bebas, baik dari segi dampak sosial maupun dari segi dampak kesehatan. Terlebih lagi, semenjak adanya pandemi ini, pergaulan bebas dapat menjadi cluster baru penularan Covid-19. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, PMM Kelompok 93 UMM membantu Puskesmas Ngawen dalam melaksanakan program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di Kelurahan Punggursugih, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

PMM (Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat) adalah program dari UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) yang bertujuan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat dan juga sebagai program pengganti KKN setelah dipastikan KKN pada tahun 2020 ini ditiadakan oleh Universitas karena pandemi. Dalam program kerjanya, PMM Kelompok 93 UMM bekerja sama dengan Bidan Kelurahan Punggursugih dalam melaksanakan program PIK-R, yang merupakan suatu wadah kegiatan dari program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga  bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Program yang di adakan pada tanggal 31 Agustus 2020 tersebut di sampaikan oleh 3 pemateri, yaitu Bidan Puskesmas Ngawen yang bertugas, Dokter Internship lulusan UKRIDA Jakarta, dan salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM. Acara yang bertempatkan di Balai Kelurahan tersebut dibuka oleh Kepala Kelurahan Punggursugih. “Dengan adanya program PIK-R ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan konseling yang baik untuk kehidupan remaja-remaja di Kelurahan Punggursugih kedepannya. Diharapkan apa yang akan masuk di kepala kalian-kalian ini, dapat menjadi ilmu yang bermanfaat.” Ucap Pak Ali Mustofa dalam sambutannya selaku Kepala Kelurahan Punggursugih, disertai dengan tepuk tangan dari peserta.

Dalam acara tersebut, terlihat antusiasme remaja-remaja di Kelurahan Punggursugih dari penuhunya kursi yang disediakan, dan juga adanya timbal balik komunikasi antara pemateri dan audience. Materi yang disampaikan yaitu mengenai Covid-19 dan kesehatan reproduksi. Adapun pembagian materi dalam acara tersebut, yaitu Bidan Puskesmas Ngawenmenjelaskan materi mengenai HIV/AIDS, Dokter Internship menjelaskan Covid-19, gejala-gejalanya, cara penularannya, serta cara pencegahannya, dan mahasiswa Kedokteran UMM menjelaskan sistem reproduksi, pubertas, serta seks pranikah.

Di akhir sesi acara, Bu Wita, selaku Bidan Kelurahan Punggursugih, mengingatkan para remaja yang juga merupakan peserta pada acara tersebut, agar benar-benar mengaplikasikan informasi yang didapat, dan juga mengkoordinir untuk program kedepannya. “Mohon dijaga kekompakan kalian untuk program yang selanjutnya, informasi mengenai program selanjutnya menyusul karena harus menyesuaikan dengan keadaan” ungkap Bu Wita. Acara diakhiri dengan foto bersama antara peserta, pihak Kelurahan, dan pemateri.

profile-picture
profile-picture
dhearcl dan fitalingga memberi reputasi
Tema edukasinya bagus
Diubah oleh yogi3755
Mantap


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di