CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Terluas di Asia Tenggara, Inilah Fakta Unik Kompleks Percandian Muaro Jambi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f64415868cc95127b37c83e/terluas-di-asia-tenggara-inilah-fakta-unik-kompleks-percandian-muaro-jambi

Terluas di Asia Tenggara, Inilah Fakta Unik Kompleks Percandian Muaro Jambi

Terluas di Asia Tenggara, Inilah Fakta Unik Kompleks Percandian Muaro Jambi

Saksi Bisu Berdirinya Kerajaan Melayu Kuno

Negeri Melayu Kuno sebuah negeri yang terlupakan dalam peradaban modern dunia. Negeri yang dahulunya kaya akan adat dan ekonomi, kini hanyalah masuk ke dalam salah satu provinsi menengah. Kita hanya mengenal tersohornya Kadatuan Sriwijaya di masa lampau tanpa kenal Negeri Melayu Kuno lebih dahulu diketahui sepanjang perjalanan abad ke-7 M. 

Jambi, sebuah provinsi yang berada di Pulau Sumatra. Jambi sebuah kata yang berasal dari kata Jambe yang berarti pinang merupakan sebuah negeri dengan beberapa kerajaan yang dahulunya lebih muncul dibanding Kerajaan Kutai berdasarkan catatan kuno Cina. Kerajaan Kandis dan Kerajaan Koying namanya, sebuah kerajaan yang telah muncul pada 1 SM dan abad ke-3 awal. 

Sebelum menceritakan luasnya Kompleks Percandian Muaro Jambi, kita intip dulu yuk beberapa kerajaan pendahulu di Sumatra!

Kerajaan Tertua di Indonesia

Spoiler for 1. Kerajaan Kandis:

Spoiler for 2. Kerajaan Koying:

Selain Kerajaan Kandis dan Koying, setelahnya ada beberapa kerajaan yang berdiri baik semasa kedua kerajaan tersebut tumbuh maupun setelah kerajaan ini runtuh. Namun, 2 kerajaan inilah yang dikenal sebagai pendahulu dari Kerajaan Melayu Kuno dan Sriwijaya. Setelah masa berdirinya Kerajaan Melayu Kuno dan Sriwijaya berdiri, kedua kerajaan ini mendapat pengaruh dari India kuno, salah satunya mendapat pengaruh agama yaitu, Hindu dan Buddha. Buktinya, dapat kita lihat melalui kokohan-kokohan tegap berdirinya bangunan-bangunan di Kompleks Percandian Muaro Jambi. 

Fakta-Fakta Kompleks Percandian Muaro Jambi

Spoiler for 1. Kompleks Percandian Terluas di Asia Tenggara:


Spoiler for 2. Singgahnya I-Tsing (Biksu Terkenal Semasa Cina Kuno) di Kompleks Percandian Muaro Jambi:

Spoiler for 3. Kemiripan dengan Situs Nalanda (India):


Spoiler for 4. Terdiri dari Banyak Situs:


Spoiler for 5. Mitos-Mitos Misteri yang Tersimpan:


Menarik bukan? Lewat Kompleks Percandian Muaro Jambi membuktikan tersohornya Indonesia sejak dahulu. Ini bisa ditelusuri juga melalui penemuan-penemuan dari peninggalan Persia, Cina, India, Thailand, dan bangsa lainnya juga di kompleks tersebut.

Kamu bisa komen apa saja nih dari thread ini, semoga berkesan!

Sumber Gambar:

a -  b -  k w - n - u - r - j
Referensi:
s - k - k - h - t - i
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sekeleke dan 47 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Gw kira y terluas tu angkor wat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Altahira dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jadi ingat rekan jiran yang dulu ngotot Sriwijaya ada di Semenanjung Melayu.
Yang sampai bela-belain menggeser garis khatulistiwa, karena I-Tsing bilang Sriwijaya ada di selatan khatulistiwa...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46racing dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ogut pengeng beud kesonoh gan... Ongkosin dong gan... emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Altahira dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wah disana ternyata ada situs candi yang gede banget, baru tau ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Altahira dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Jas merah sih, keren ini
Sedikit demi sedikit. banyak orang yg bakal perhatian sama sejarah indonesia
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Altahira dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
WOW keren
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pengen kesonooo makkk, ayok temenin emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kompleksnya luar biasa besarrrr yakkk hmmmmm
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
harus jadi destinasi wisataemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gtu ya
Bpcb jambi
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kerenn ya..belum pernah lihat ke sana...kapan ya bisa kesana?pengen dong
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Buat peneliti atau akademisi mungkin cocok kalau kesana untuk study tapi kalau cuma untuk wisata tidak ane rekomendasikan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Tak diragukan
Negara ini kaya akan budaya...
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tebengkalai sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tens.kuy dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wah, sayang sekali, jk situs sejarah ini blum begitu terkenal luas di masyarakat lokal, naional, maupun internasional, gan........ mgkn gara2 kurang perhatian dr pihak pemda setempatnya..... semisal foto2 lengkap nya, sept apa saja isinya dlm wilayah 3000 hektar tsb.....
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah kemping disitu kayanya asik kalo bawa suhu dzawin, ken, dll. hahaha
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah, nice info gan. boleh nih yg saling medem perasaan langsung cus ke sana. biar jadian emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kayanya kurang terurus ya?
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Sayang sekali kalo sampai hancur dan musnah, sebaiknya di pugar kembali atao di restorai agar kita bisa mengagumi kajayaan masa lalu leluhur kita.
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Jambi dukuh? Dijual dgn nama dukuh palembang. emoticon-Ngakak

Dilindungi kok di sana, nyebrang bisa lewat pasar atas, ada sodara ane yang tinggalnya di pelita, banyak transmigran yg petani pinang, karet, kelapa sawit, kondisi tanahnya kayak gambut, gali kuburan cepet

15 tahun yang lalu, jembatannya rusak, entah sekarang udah bener atau belum.

Ada suatu larangan di Jambi, kalo tampak sekelompok orang telanjang dada di malam hari, jangan dilihat emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
giee2 dan eyefirst2 memberi reputasi
Diubah oleh wy2312
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di