CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f640608a2d1952ba3495453/viral-curhatan-makan-permen-dari-bank-hukumnya-haram-publik-berdebat

Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat

Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat
Unggahan tentang hukum makan permen dari bank. (Twitter/@subtanyarl)
"Makan permen fasilitas Bank. Permen ini haram hukumnya dimakan, begitu juga air minum, makanan, hadiah tas, jam dinding dari bank..." demikian bunyi unggahan tersebut.

Sebuah unggahan tentang hukum mengambil permen yang disediakan sebuah bank menuai perdebatan publik. Pasalnya, unggahan itu menyebut bahwa mengambil fasilitas yang disediakan bank hukumnya haram

Unggahan itu dibuat oleh seorang warganet dan kemudian dibagikan oleh akun Twitter @subtanyarl untuk mengumpulkan pendapat publik mengenai klaim haram mengambil permen dari bank.

Sebuah gambar permen yang biasa disediakan di meja teller dan customer service bank dibubuhi keterangan bahwa makanan manis itu haram dimakan.

"Terlihat sepele?? Makan permen fasilitas Bank. Permen ini haram hukumnya dimakan, begitu juga air minum, makanan, hadiah tas, jam dinding dari bank... karena sluruh hutang berbuah manfaat, mau itu permen atau yang lain maka hukumnya riba.." demikian keterangan dari unggahan tersebut.

Keterangan dalam unggahan ini lantas memicu perdebatan publik. Banyak yang menganggap bahwa unggahan itu masih belum memiliki dasar yang kuat, namun ada pula warganet yang menyetujui tentang haramnya riba yang disebut dalam unggahan tersebut.

"Kalau semua bilang bank haram mending enggak usah pakai jasa bank deh. Nabung aja di celengan duit yang berjuta-juta, bank juga ambil buga sedikit untuk gaji karyawannya. Gue sebagai keluarga yang banyak kerja di bank engak senang dikatain begini melulu," tulis seorang warganet berpendapat.

"Sebetulnya masalah riba atau enggak tergantung sama akadnya, kalau dari awal udah setuju simpan uang di bank beserta bunganya ya enggak jadi riba, kecuali kalau bank enggak pernah bilang ada bunganya sama sekali terus tiba-tiba ada bunga jadilah riba, karena bunga jatuhnya bayarin jasa kepada bank, CMIIW," warganet lain berpendapat.

"Begini nder, tolong koreksi ya kalau salaj. Dulu pas aku belajar agama, bank itu emang jatuhnya kayak riba kan, makanya dibilangnya haram. Makanya ada syariah yang non bunga. Pajak juga begitu. Mau dibilang haram, ya wallahu a'lam karena dari dulu kan riba itu enggak boleh," tulis warganet.

"Makanya kita disuruh hati-hati, cuma zaman sekarang kan enggak bisa kita hidup tanpa bank/pajak, jadi bismillah aja kalau mau menggunakan 2 hal tersebut. Kalau memang mau berhati-hati ya sudah pindah saja ke syariah, atau hal-hal yang dari bank enggak usah diambil/dipakai," imbuh lainnya.

Ada pula warganet yang langsung bertanya kepada guru agamanya tentang hukum memakan permen dari bank tersebut.

"Hukum bunga bank berdasarkan para ulama antara lain: sebagian ulama mengharamkan bunga bank, sebagian yang lain bunga bank hukumnya mubah," demikian jawaban guru agama tersebut dengan memaparkan perbedaan pendapat ulama tentang hukum riba dan menggunakan barang dari bank.

Sumber : https://www.suara.com/news/2020/09/1...ublik-berdebat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrifzn dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Yaudah gpp.. biar bank gabnyak pengeluaran buat nyediain permen hahahah
baguslah kalo banyak yg resign demi riba, bakalan di gantikan bibit muda yg lebih pinter emoticon-Leh Uga
Kakak sepupu ane orang depok
Sering ikut acara pks

Pertama ane kerumahnya ternyata kata warga dia juga seorang ustad

Tapi kerjaan di asuransi P

Gimana tuh

emoticon-Leh Uga
Iri bilang bos
Dua duanya salah.
Yang muslim juga goblok, penggila syariaat bgt hanya karena sebuah permen acuan hukuman Tuhan dan nyalahin orang lain, setau gua muslim yg taat bakalan bersih pikiran dan hatinya, pasti sebiasanya soal ini gak mungkin nyinggung orang lain.
Non muslim gitu juga, urusannya apa coba orang agamanye die, biarin aja toh nyet ngapain ngurusin mereka udah ajarannya, hargai aja malah dibully.

emoticon-DP emoticon-Traveller
Terlepas itu permen bank riba atau bukan, terus si jidat gosonk yang foto itu ngapain ke bank? emoticon-Leh Uga
Kebiasaan orang Indonesia gak ada habis-habisnya Hal-hal sepele dibikin njlimet kalau sudah ruwet malah tambah mungmet
emoticon-Ngakak

Ketika negara lain udah expansi ketplanet lain, kira2 apakah disini masih sibuk sama permen gratisan di bank?

Wkwkwk ada2 ajaaa
yailah bosen gua, kapan maju kalau begini terus ya gan
Haram halal haram halal...
Merasa berhak menghakimi jg ga halal ko...
Negeri ini berdiri karna utang
ane ikut nyimak ajah deh...
semua terlalu diatur gan jadi ribet
belannja pake uang yang diproduksi BANK indonesia....harap dong?????
Habis klepon..bahas permen, abis ini apa? Kondom ? Atau keramik krn dari cina ?
Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat

emoticon-Cool
kalo permen y dari bank syariah gimana dong?
Coli sebelum tidur apalagi ini?
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di