CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sosok Di balik Nama Budi dan Ani yang Populer di Mapel Bahasa Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f630722f0bdb2095d693f57/sosok-di-balik-nama-budi-dan-ani-yang-populer-di-mapel-bahasa-indonesia

Sosok Di balik Nama Budi dan Ani yang Populer di Mapel Bahasa Indonesia

Sosok Di balik Nama Budi dan Ani yang Populer di Mapel Bahasa Indonesia

Sumber: gambar

Selamat siang Agan dan Sista. Welcome back to my thread


Pada kesempatan yang indah ini, ijinkan saya untuk mengajak Gansist kembali bernostalgia pada era tahun 1990-an. Terutama dalam hal dunia pendidikan. Sungguh agak disayangkan sih akibat wabah Corona mengharuskan anak sekolah harus belajar dari rumah. Padahal belajar di kelas bersama dengan Bapak/Ibu guru itu lebih menyenangkan. Kemudian kita juga lebih mudah memahami materi karena ada yang menjelaskan.


Memang diakui sistem pembelajaran dulu di era tahun 90-an dengan sekarang ini jauh perbedaanya. Dulu, Guru lebih sering menerangkan materi pelajaran di dalam kelas dan siswa mencatatnya di buku. Meskipun ada yang TS keluhkan yaitu merasa capek menulis berlembar-lembar dan juga cukup boros buku. Namun, tak apalah namanya juga kita sedang belajar di sekolah tentunya hal ini demi kebaikan dan masa depan kita nanti semua.


Masih ingat nggak Gansist kalau dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia jaman old itu ditemui nama Budi dan Ani. TS juga masih ingat banget pertama kali kelas satu SD Ibu Guru mengajari kami membaca dan menulis pasti dengan kalimat Ini Ibu Budiatau Ini Ibu Ani.


Dan, ternyata penggunaan kedua nama tersebut bukan sembarangan loh dan ada filosofi dibaliknya. Filosofinya adalah seorang sosok atau tokoh yang mencetuskan untuk menggunakan nama Ani dan Budi. Beliau adalah seorang wanita asal Padang bernama Siti Rahmani Rauf (sekarang ini beliau sudah meninggal dunia). Dulunya, wanita ini pernah menjadi kepala sekolah di SD Tanah Abang 5 di Jakarta Pusat.


Kemudian, ibu Siti dimintai tolong oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat buku yang di dalamnya terdapat nama Budi dan Ani tahun 1980 silam.


Spoiler for Ibu Siti Rahmani:


Alasan pertama beliau memilih nama Budi dan Ani karena kedua nama tersebut tidak ada kaitannya dengan adat atau suku budaya kita. Walaupun mungkin, nama Ani sendiri masuk dalam serapan bahasa Belanda yaitu Anne.


Untuk alasan lainnya TS kutip saja dari sumbernya ya Gansist biar informasinya utuh.


Quote:


Menurut TS ibu Siti ini sungguh sangat berjasa sekali di dunia pendidikan. Meskipun beliau kini telah meninggal dunia pada tahun 2016 silam di usia ke 96 tahun. Namun, jasanya ini pasti akan dikenang oleh orang banyak, terutama dalam bidang pendidikan.


Jujur saja TS juga baru tahu awal mula kenapa nama Budi dan Ani ini cukup populer di buku pelajaran Bahasa Indonesia dulu. Memang sih fenomena nama Budi dan Ani ini seolah menjadi ciri khas dalam sistem pembelajaran di jaman old atau era 90 an.


Bahkan dulu di masa sekolah apabila ada anak yang mempunyai nama mirip yaitu Budi dan Ani biasanya akan merasa malu karena namanya disebut. Oh ya TS baru ingat kalau nama almarhumah istri Bapak Susilo Bambang Yudhoyono juga bernama Ani Yudhoyono 😁. Kalau sekarang ini mah penggunaan nama-nama orang dalam sebuah buku mata pelajaran sudah beragam. Misalnya saja ada nama Bayu, Sari, Ana, Edi dan masih banyak lagi.


DEMIKIAN THREAD DARI TS. JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK KOMENTARNYA. APAKAH ADA SALAH SATU KASKUSER DI SINI YANG NAMANYA ANI ATAU BUDI?



Sumber:referensiplus opini TS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Halaman 1 dari 6
Bu diman
profile-picture
profile-picture
sslametriyanto dan 666fapfap memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mari belajar lagi Gansist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
Di keluargaku ada cerita legenda soal "Ani"

Pas mbakku kelas 2sd belom bisa baca
Diajarin ibuku : a en i ni dibaca ?
(Tau-tau tetangga depan rumah namanya mbak ani ngintip)
Mbakku : mbak anii
Ibuku : gaada mbaknya, lagi A en i ni dibaca (ibuku ga liat kedepan)
Mbakku : mbak anii
(Dipukul lah mbakku sama ibuku)
Ibuku : iso moco ga ndi ono mbak.e
Mbakku : mbak aniii (sambil nangis sambil nunjuk ke jendela) emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steven245824 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Wah tumben tridnya beda hahahahah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sslametriyanto dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kok nama Iwan adik Budi nggak disebut?

Dan sampai sekarang ane ga tau tuh nama bapak dan ibu Budi
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Teringat jaman TK dulu emoticon-Frown.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ibu ani bapak budi, anak sibuk update instastory emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryayadie dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini ibu budi, ini bapak budi, lalu siapa nama asli ibu budi ? Wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ani, kekasihnya Roma
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Quote:


Hu-um, adiknya Budi namanya Iwan. Kalau kakanya Budi pas ane SD dulu namanya Wati, bukan Ani
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bener bener demokratis banget ya gan alasannyaa itu
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantul nee emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Eh iya yaaak baru nyadar wkwkwkkw ini bapak budi wkwkwkkw
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Budi iwan dan wati jaman skrg udah ga dipake lagi ya
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Hu-um, beda. Mungkin dah beda generasi kali, jadi beda juga kurikulumnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul gan, dari jaman ane SD sampai sekarang belum terungkap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Akhirnya saya bisa iatrahat dengan nyaman
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
ini gan beragam logat budi


Spoiler for ini keluarga budi :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Plag.Boy dan 3 lainnya memberi reputasi
Nice thread gan 😁, termasuk sejarah nih gan thread ente 👌
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
kok ngga donjuan, donwori, karin, sepiaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di