CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f60a5edb840885ff07b54eb/tips-asyik-membersamai-orang-tua-yang-pikun

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

Menghadapi orang tua pikun memang terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, mereka yang pikun bakal melakukan sebuah aktivitas yang berulang-ulang. Kadang juga, orang tua ngotot menyimpan sesuatu di sebuah tempat, padahal dia tidak melakukannya. Parahnya ada orang tua yang pipis dan BAB di sembarang tempat. Hal ini terjadi karena orang pikun lupa di mana toilet atau tidak sadar saat melakukannya.

Pusing, kan, Agansista?

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

Mau ditegur, orang tua pasti membantah dan merasa tidak melakukan kesalahan sedikit pun. Atau orang tua malah menjadi marah karena merasa dituduh.

Hal yang sama juga sering dipaparkan oleh tetangga ane. "Ya Allah, Mbak, rasanya ingin nangis darah, saat baru saja terlelap. Eh, tahu-tahunya kedengaran lagi suara kompor dinyalakan. Padahal baru saja beberapa menit yang lalu mama hidupin kompor untuk buat air kopi. Saat saya ingatkan, mama malah nangis keras-keras. Dia bilang saya tidak sayang lagi sama dia, sampai nggak bolehin dia buat air kopi."

Serba salah, bukan?

Memang menghadapi orang tua yang pikun, harus mempunyai stok kesabaran yang banyak.

Namun, Agansista tenang saja. Kita, sebagai anak yang wajib merawat orang tua, tetap bisa bahagia kok merawat orang pikun. Caranya?

Yuk, ah, kita simak.

1. Berikan Orang Tua Kasih Sayang secara Penuh dan Iklas

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

Agansista tahu tidak, ternyata pikun itu terjadi bukan karena kehendak orang tua kita, loh. Pikun terjadi karena berkurangnya sel-sel yang ada di dalam otak, beserta fungsinya.

Sama halnya saat kita masih kecil dulu, kita sering berulah atau bertingkah aneh. Membuat orangtua kita menjadi repot, capek, bahkan marah, karena memang otak kita tidak bisa berpikir yang sama dengan orang dewasa pikirkan.

Namun, setelah itu, mereka akan kembali merangkul kita, menyayangi kita dengan sepenuh hati. Lalu, kenapa hari ini kita melakukannya untuk mereka?
Kebayangkan kalau orangtua kita saat itu kesal, terus membiarkan kita begitu saja. Nggak bakalan jadi orang kita hari ini.

Kasih sayang yang penuh dari keluarga juga bikin mereka enjoy dalam menjalani masa-masa pikun, yang mereka sendiri juga tidak menginginkannya. Jika mereka senang, otak mereka tidak akan tegang dan ini dapat mencegah otak sel otak orang pikun berkurang lebih banyak.

2. Memahami Karakteristik Orang Pikun

Nah, bagian ini penting banget. Kalau kita memahami keinginan atau karakteristik orang tua kita yang pikun, kita bakalan mudah merawat mereka. Kita bakalan nyambung dan tahu keinginan mereka.

Misalnya, kita tahu, ibu kita tipenya suka akan pujian. Nah, lakukan pujian saat memintanya melakukan sesuatu. Insya Allah, akan lebih mudah dalam berkomunikasi.

3. Berikan Orang Pikun Kesibukan

Mengapa orang tua pikun selalu melakukan hal yang sama berulang-ulang?

Ya, selain karena mereka lupa dengan apa yang mereka lakukan. Mereka juga bingung mau melakukan apa. Maka, memberikan kesibukan akan membuat mereka memiliki kegiatan yang lebih terarah dan tentunya lebih menyenangkan.

Kegiatannya apa saja?

a. Berdiskusi atau mengajak mereka ngobrol tentang hal yang mereka sukai.

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

b. Mengajak mereka bermain catur

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

c. Mengajak mereka menyelesaikan puzzle

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

d. Mengajak mereka berkebun atau menanam bunga.

e. Mengajak mereka berolahraga.

f. Santai sambil lihat koleksi foto-foto

Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun

Kegiatan-kegiatan di atas selain menyenangkan, juga sangat bermanfaat bagi orang yang pikun. Kegiatan ini bisa membuat mereka yang pikun menjadi tidak bertambah pikun. Dan satu lagi, salah satu penyebab orang pikun itu karena mereka tidak punya aktivitas atau kesibukan.

4. Jangan Menegur Kebiasaan Mereka Mengulang-ulang Sebuah Aktivitas

Mungkin kita akan jengkel melihat orang pikun melakukan hal yang sama berulang-kali. Namun, kita tidak boleh terbawa emosi dan menegur mereka. Karena hal ini akan memicu pertengkaran yang hebat.

Orang pikun yang pelupa tidak akan terima jika diminta untuk tidak melakukan aktivitas yang menurut mereka belum dikerjakan. Jadi, biarkan saja. Awasi saja agar tidak terjadi hal-hal yang dapat membahayakan.

Semoga tulisan ane kali ini bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian dan masukkannya. Biar ane dapat terus berkarya di akun kaskus iniemoticon-Kiss


profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh androidiot
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Thx for sharing gans
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kuncinya 1.. bayangkan ketika posisi kita dulu msh kecil, semua yg kita inginkan selalu di iya kan oleh ortu kita.. skrg kita balas jasa2 mereka.. buat hati mereka senang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fira262 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane ksh ini aja biar pada sabar
Tips Asyik Membersamai Orang Tua Yang Pikun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fira262 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Semoga kita bisa memuliakan orang tua masing-masing
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Makasih infonya gan, kebetulan ayah ane kena stroke ringan dan udah mulai ada gejala pikun emoticon-Mewek
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Nice info
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Selalu ditemenin dan selalu didengerin ketika mereka cerita apapun. Meskipun kita udah apal dan bosen sama ceritanya. Tapi di depan mereka kita harus selalu excited dengerin cerita mereka.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mksih gan infony...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nahhh biasanya buat yg muda2 ini nih yg kudu sabar2 bgttt ngerawat orgtuaaa
nais info.. pokoknya sebisa mungkin memang harus sabar dan ikhlas yak..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nyatanya kalo harus dipraktekin juga tidak sama dengan yang tertulis. Karena karakteristik orang pikun banyak juga.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nahh info menarik banget nih, perlu dipelajari oleh anak ketika harus mengurus orang tua, lakukan dengan ikhlas dan bayangkan susahnya dulu orang tua kita ngurus kita waktu bayi
jadi inget simbah aku dulu. kadang suka lupa aku siapa🥺
cari orang yang kayak di atas, buat ortu saya nanti
nice thread gan! jadi sedih bayangin ibu bapak ane dah tua terus pikun, semoga orang tua kita dalam Lindungan Tuhan dan selalu dikasih sehat sehat ya.
Info bagus gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gangster.desa dan 3 lainnya memberi reputasi
wahhh thread yg bermanfaat! terimakasih
kuncinya 1 yaitu sabar dan bayangkan itu posisi kita saat masih kecil orang tua sabar dan tetap menemani kita sampai tumbuh beaar
Nah emang harua ekstra sabar sih gan kalau kaya gini tu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di