CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nanas, Dari Buahnya Para Bangsawan Sampai Menjadi Simbol Keramahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f60016a0577a969c56e0c16/nanas-dari-buahnya-para-bangsawan-sampai-menjadi-simbol-keramahan

Nanas, Dari Buahnya Para Bangsawan Sampai Menjadi Simbol Keramahan

🍍🍍🍍

Selamat Datang di Hirarahmi Area


🍍🍍🍍


Siapa di sini yang suka makan nanas? Nah, kalau Agan dan Sista beneran pencinta nanas, udah tahu nggak nih sama fakta nanas yang akan Rahmi ulas berikut?

Wah, kalau belum, pecinta buah nanas wajib baca, nih!

Yuk simak!

Nanas, Dari Buahnya Para Bangsawan Sampai Menjadi Simbol Keramahan
Foto: Wikipedia

Dahulu, di Eropa nanas merupakan buah yang sangat istimewa. Buah dengan nama Latin Ananas comocus. L ini, harganya sangat mahal. Oleh sebab itu, nanas menjadi buah yang hanya disantap oleh golongan bangsawan saja.

Ceritanya, buah yang dibudidayakan oleh suku Aztec dan Maya di Karibia ini, Crishtophorus Colombus-lah yang membawanya dari Amerika Selatan ke Eropa. Tepatnya pada November 1493. Tak disangka, buah yang disebut pina de Indies (pinusnya orang India) oleh Colombus ini, membuat orang Eropa jatuh cinta akan rasanya yang manis dan menyegarkan.

Orang Eropa pun mencoba menanam nanas di daerah mereka. Namun, hasilnya failed. Sebab, buah tropis ini tak tumbuh sehat di sana. Sehingga, terpaksa mereka harus mengimpor nanas dari daerah seberang Atlantik sana.

Agan dan Sista tahulah, proses ekspor-impor zaman dulu nggak secanggih zaman sekarang. Prosesnya sangat lama karena harus menyeberangi lautan atau samudera yang luas. Karena sangat sulit dan lama inilah, banyak dari nanas hasil impor itu ketika sampai di Eropa, buahnya sudah membusuk. Hal ini pun kemudian membuat harga nanas menjadi sangat mahal.

Bahkan, zaman itu nanas bisa dijadikan dasar pengukur kekayaan seseorang. Yang bisa makan nanas, berarti ia adalah orang bangsawan atau setidaknya memiliki kekayaan kelas menengah ke atas. Kadang bukan untuk dimakan, hanya sebagai pajangan ketika jamuan berlangsung. Sampai-sampai ada pula jasa penyewaan nanas loh. Alhasil, ada yang menyewa untuk dipamerkan di pesta mereka selama semalam.

Wah, unik juga, ya, Agan dan Sista!

Nanas, Dari Buahnya Para Bangsawan Sampai Menjadi Simbol Keramahan
Momen ketika Raja Charles ll melihat nanas pertama yang berhasil tumbuh di Inggris. Sc : Wikipedia

Butuh waktu dua abad, barulah Eropa bisa membuat holtikultura rumah kaca untuk membudidayakan nanas. Hasilnya bagus. Maka sejak itu pula, nanas pun menjadi buah yang pasaran dan diperkenalkan oleh orang-orang kolonial tersebut ke berbagai negara. Ke Belanda (1719), Perancis (1730), Hawai (I800), dan Filipina (1900).

Eits, sebab sudah pasaran, bukan berarti prestise nanas di masyarakat Eropa menurun, ya.

Di New England, nanas berubah menjadi buah keramahtamahan. Orang-orang New England akan menyambut para pelaut yang kembali dari pelayaran panjang dengan memotong nanas di pelabuhan. Sementara masyarakat tradisional, menjadikan nanas sebagai hadiah bila ada sahabat atau tamu berkunjung ke kediaman mereka.

Nilai nanas terus melaju. Sampai-sampai para pemilik penginapan di masa kolonial dulu, tak ragu menambahkan gambar nanas di plang nama penginapan mereka. Hal itu bahkan masih berlangsung hingga sekarang.

Jika Agan dan Sista berkunjung ke New England maka menemukan ukiran nanas di tempat tidur atau di lobi, pun mendapat hadiah pin nanas, bukanlah hal yang aneh lagi.

Wah, ada nilai historis dan simboliknya juga buah nanas ini, ya, Agan dan Sista. Apa daya di kampung Rahmi kadang nanas hanya terbuang saja di kebun. Atau malah dibiarkan membusuk dan dimakan babi hutan.

Malahan di kampung Rahmi, pokok nanas difungsikan sebagai pagar kebun agar tak dimasuki hewan pengganggu seperti babi hutan. Karena duri-duri di daun nanas yang lumayan tajam, membuat hewan tersebut takut.

Hmmm, btw di tempat Agan dan Sista banyak tumbuh nanas nggak?

Oiya, kalau Agan dan Sista lebih suka makan nanas secara langsung atau diolah menjadi manisan atau selai dulu, nih?

🍍🍍🍍

Sekian dulu thread Rahmi hari ini. Sampai jumpa di thread selanjutnya!


Referensi:
1 / 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Hirarahmi39
Halaman 1 dari 4
Wah baru tahu ane gan/sist emoticon-Malu (S)

Nice info emoticon-Kiss (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice thread
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nanas memang enak
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Malah ditempat antah berantah nanas difegmentasi kemudian diambil airnya untuk menjadi minuman beralkohol..
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
apa benar buah nanas bisa buat menggugurkan janin>????
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
nanas enak , seger
apalagi buat rujak buah , mantepp

profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau ane menanam beberapa pohon nanas gan, sudah pada hidup. Jadi nantinya bisa berbuah dengan bagus dan bisa dipetik. Meskipun memang usia nanas lama, dan kalau dimakan sekejap saja.
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Uwow...nanas seger🍍🍍🍍
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nanas favoritku dr dijus sampe dibikin kue mantap gila emoticon-Toast emoticon-Traveller
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah berarti dulu Nanas buah bangsawan...beda banget sama sekarang emoticon-Hammer2
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Aduhh.. nanas bener nih udaranya.. emoticon-Smilie
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wohhh baru tau ane dulu nanas buah bangsawan, kirain sebangsa durian gitu
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pitik walik saba kebon
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Apalagi sekarang nanas bisa diolah buat jadi bahan masakan, makin top
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Hayoo habis ngapain itu kok makan nanas
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantep nih nanas.
Ane pake bonggolnya buat nyembuhin polip dan sinus πŸ‘πŸ»
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice info emoticon-Toast
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah jadi makanan mewah ternyata emoticon-Big Grin
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baru tau ane nanas dulu mempunyai nilai simbolik juga di bagian eropa sana
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak tuh nanas, apalagi dibuat rujak.
profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di