CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
KERAS; PERMMAI Ende Sesalkan Etika Paket DM Dan HH
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5e7976f4d69533b823728e/keras-permmai-ende-sesalkan-etika-paket-dm-dan-hh

KERAS; PERMMAI Ende Sesalkan Etika Paket DM Dan HH Dalam Pilkada Manggarai

KERAS; PERMMAI Ende Sesalkan Etika Paket DM Dan HH     (foto Ivan Nagor)

Ende Nusa Tenggara Timur
Perhimpunan Mahasiswa Manggarai ( PERMMAI)  Ende  menanggapi proses Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Manggarai di tengah Pandemi Covid 19. PERMMAI Ende melihat proses pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 desember 2020 akan berdampak pada lahirnya klaster (penamaan sekumpulan kasus penyakit menular yang terhubung oleh sebuah pristiwa atau lokasi) baru. Hal itu disampaikan oleh Tian Masur, Ketua Depertemen Advokasi Kasus Perhimpunan Mahasiswamanggarai Ende. (Minggu, 14/9/2020).

Ia menegaskan, hal itu terlihat sejak proses pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang berpotensi menciptakan penularan Covid 19. Sementara itu, Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2020 pasal 49 ayat (3)  tentang pelaksanaan pilkada di masa Bencana Non Alam Covid 19 menyebutkan Pedaftaran bakal pasangan calon hanya boleh dihadiri oleh bakal calon bersangkutan, ketua dan sekretaris partai politik pengusung atau sebutan lain gabungan partai politik pengusung bakal pasangan calon dan bakal pasangan calon perseorangan. Tegasnya.


Ia menambahkan, dua paket (Deno Madur dan Hery Heri ) yang telah mendaftar di KPU Kabupaten Manggarai  melanggar peraturan tersebut. Selain itu, merujuk pada surat edaran Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) terkait kampanye terbuka dengan melibatkan banyak orang di satu lokasi akan menyebabkan klaster baru. Ungkap Masur.

Dalam proses pendaftarannya, dua paket itu terlihat melakukan konvoi, arak – arakan dan deklarasi tanpa mematuhi protokol kesehatan. Terang Tian.


Saya meminta kepada pihak KPU dan BAWASLU Kabuapten Manggarai untuk menindak tegas persoalan ini. Seharusnya pihak KPU dan BAWASLU memperhatikan secara serius PKPU Nomor 6/2020 pasal 57 tentang metode kampanye yang diperbolehkan dalam pilkada tahun ini. Beberapa metode itu antara lain adalah sebagai berikut: Petemuan Terbatas, Pertemuan Tatap Muka dan Dialog, Debat Publik Antar Pasangan Calon, Penyebaran Bahan Kampanye dan  Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Tutup Tian Masur.


Sementara Itu, Sekretaris Perhimpunan Mahasiswa Manggarai Ende, Ano Wandung kepada media ini mengatakan Perhimpunan Mahasiswa Manggarai Ende menyesalkan tindakan dua paket yang telah mendaftarkan diri di KPU Sebagai Calon Bupati Dan Wakil Bupati Manggarai.

Saya sangat menyayangkan sikap kedua paket itu. Mereka tidak mamatuhi protokol kesehatan. Sementara kami peserta didik, mulai dari tingkat PAUD sampai tingkat perguruan tinggi dilaksanakan pembelajaran secara daring. Tutur Ano.

Ia menambahkan, Seharusnya dua paket yang nantinya akan menjadi pemimpin di kabupaten manggarai memberikan contoh terbaik untuk warganya dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai pandemi covid 19. Tutup  Ano. 

 

Jurnalis: Ven Darung
Diubah oleh vendaroeng


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di