CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Tanaman Subur Tak Harus Mahal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5cf29a65b24d05e050be34/tanaman-subur-tak-harus-mahal

Tanaman Subur Tak Harus Mahal

Pupuk Organik Murah Meriah, Dijamin Joss

Tanaman Subur Tak Harus Mahal


hai..hai..halo..halo gan/sis semua, ketemu lagi ne sama ane emoticon-Wowcantik

Punya tanaman yang subur tentu dambaan dari setiap pencinta tanaman ya. Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman merawat tanaman agar bisa subur daunnya rimbun dan berbunga banyak. Ingin tahu caranya ? langsung yukkkkk.....



Apa saja yang bisa kita lakukan?
1. Siram tanaman dengan teratur dan porsi yang cukup
Menyiram tanaman sebaiknya dilakukan pagi hari atau sore hari saat mentari ta bersinar garang. Sehingga mengurangi penguapan pada tanaman yang bisa menyebabkan layu pada tanaman dan mati. Penyiraman dapat dilakukan cukup sehari sekali, kalau saat musim kemarau saat musim hujan tidak perlu ya.

Porsinya cukup yaitu penyiramannya jangan terlalu berlebihan sehingga, menyebabkan tanah becek dan terjadi  busuk batang. Jangan pula terlalu jarang menyiram karena kekurangan air tanaman akan mati.

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri



2. Tempat tanaman ditempat yang sesuai dengan karakter tanaman
Letakkan tanaman sesuai karakter tanamannya serta aman dari serangan hewan. Misal tanaman anggrek itu tidak bisa di tempat panas, bisa dilakukan dengan pembuatan kanopi atau diletakkan dibawah pohon rindang.

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangan gambar. Tanaman yang jadi korban serangan keganasan ayam, padahal sudah dipindah tempat sampai 3x 😔


Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangan gambar. Tanaman jenis ini sebaiknya di tempat yang teduh tidak terkena cahaya matahari langsung

Sebaliknya kalau tanaman puring atau pohon pucuk merah letakan di bawah sinar matahari langsung karena keindahan daunnya bisa tercipta karena cukupnya sinar matahari yang menyinarinya.

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangan gambar. Puring bagus di tempat yang panas karena warna daun akan muncul cantik kalau terkena sinar matahari langsung

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri


Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangan gambar. Anggrek bagus di tempat yang teduh, bawah kanopi atau di bawah pohon


3. Pemberian pupuk
 Pemberian pupuk pada tanaman ini merupakan salah satu faktor penting dalam merawat tanaman, bingung kalau membeli pupuk pasti mahal. Gunakan saja bahan yang ada di sekitar rumah, misal ada hewan peliharaan (seperti kelinci, kucing, marmut, unggas, kambing, sapi dsb) kotoran atau air kencingnya serta bahan yang ada di dapur, seperti vetsin atau msg, air cucian beras, air cucian ikan laut/tawar atau ayam (yang mempunyai bau amis), air cucian sayuran dan bahkan sampah dapur pun bisa dijadikan sebagai pupuk lo. 
Pemberian pupuk pada tanaman, sebaiknya dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali. Terlalu sering penggunaan pupuk juga tidak bagus buat tanaman.

Cara pengunaan pupuk :
a. Kotoran dan kencing hewan peliharaan
Pengunaan kotoran dan air kencing hewan peliharaan ini, caranya diamnya dulu selama beberapa hari supaya unsur panasnya hilang. Campur pada media tanam untuk kotorannya sedangkan air kencingnya untuk disiramkan atau disemprot dengan ditambah air dengan perbandingan 1:1.

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

Keterangan gambar. Kotoran kambing bisa dimanfaatkan sebagai pupuk

b. Vetsin atau msg 
[left]Kalau menggunakan vetsin atau msg jangan langsung dituang ketanahnya ya, tetapi campur dulu dengan air. Perbandingannya kurang lebih 1 : 1. Penggunaan vetsin ini untuk yang berbatang keras seperti cabe, murbei, bougenville. Sebaiknya dihindari untuk digunakan pada tanaman yang berbatang lunak karena bersifat panas dan akan membuat layu tanmannya apalagi kalau terkena batangnya secara langsung, bisa layu dan mati.

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangan gambar. Selain sebagai bumbu masak, ternyata bisa juga sebagai pupuk lo

c. Air cucian beras, ikan laut/tawar dkk
Penggunaan air cucian beras, air cucian ikan laut/tawar atau ayam (yang mempunyai bau amis) bisa langsung digunakan tanpa ditambahkan air dan yang paling bagus itu cucian pertama. Air cucian beras ini sangat cocok buat tanaman anggrek dan tanaman gantung yang berbatang lunak. Sedangkan air cucian ikan laut dkk sangat cocok untuk tanaman yang berbunga atau berbuah karena akan merangsang buah menjadi lebat.

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri


d. Sampah dapur atau lindi
Sampah dapur atau lindi yang dijadikan pupuk ini dapat membuat tanaman menjadi subur dan tentunya ramah dikantong dan juga lingkungan emoticon-Blue Guy Smile (S) Pupuk yang terbuat dari sampah dapur ini disebut lindi.

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangn gambar. Lindi yang sudah dijemur siap pakai
Penggunaan pupuk ini setelah siap pakai, dicampur dengan air. 



Lebih lengkapnya, simak saja di tulisan saya ya [DIY]Sampah Dapur dan "Ember Tumpuk" yang bermanfaat.  . Ditulisan tersebut ada bagaimana caranya membuat lindi? Serta pemakaiannya pada tanaman.

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...f6c457a67e00f8


Berikut beberapa tanaman yang sudah menggunakan pupuk lindi

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

perbandingan daun murbei yang pakai lindi dan tidak

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangan gambar. Tanaman bidara, daunnya rimbun setelah diberi lindi

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokpri

keterangan gambar. Bunga melati semakin banyak bunganya dan harum baunya 😍

Tanaman Subur Tak Harus Mahal
dokrpi

keterangan gambar. Pohon cermai yang semakin rimbun daunnya

Demikian tulisan saya tentang Tanaman Subur, Tak Harus Mahal
Semoga bermanfaat emoticon-I Love Kaskus

Jangan lupa cendol, rating dan komen ya


sumber gambar milik pribadi
sumber narasi murni opini pribadi

#ummuza
#pupukorganiksampahdapur



emoticon-Mataharibelajarbersamabisadanterimakasihemoticon-Matahari

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah bagus nih, bisa pake air cucian beras ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah, punya bidara, mau dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalo pake kotoran (tai dan kencing) kita sendiri bisa nggak? Bagaimana memprosesnya? (gambarnya gak perlu di posting, bisa mengurangi selera makan)
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap tips nya
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halo, semua..terimakasih yang sudah mampir di trit saya 😘😘😘
Diubah oleh ummuza
Baca ini dapat banyak info. Itu vetsinnya setelah dikasih air langsung disiram ke tanamannya atau tanah
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Terimakasih, sudah berkenan mampir ☺
Sebaiknya ke tanahnya saja tidak langsung ke tanamannya biar langsung terserap
Wah komplit infonya 😍😍
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
sinih Mas @dalledalminto , ane punya nih.
Keren, Sis. Ane juga punya daun Bidara
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
Punyak banyak sis?
Cara pembiakannya gimana?
Cuma punya satu pengin ta jadiin banyak
Yang penting di rawat dengan baik, disiram teratur, diberi pupuk juga bagus lagi

Ijoijoroyoroyo

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Paling gampang dan nggak ribet pakai air bekas cucian beras ya sist.hehe.. oke nice info sist.. terimakasih emoticon-thumbsup
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg penting rawat dengan baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummuza dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oh ternyata begini ya cara ngerawatnya, gampang tapi emang harus telaten nih
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener banget nih! selama ini ane selalu pelihara taneman cuma d sirem dan d kais matahari ckup aja aman2 aja kok ehhehe, btw thanks gan infonya membantu banget
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di