CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Bunglon betina anda tidak mau makan bisa jadi ini penyebabnya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f59fff22637727bdd2c4962/bunglon-betina-anda-tidak-mau-makan-bisa-jadi-ini-penyebabnya

Bunglon betina anda tidak mau makan bisa jadi ini penyebabnya?


Bunglon betina anda tidak mau makan bisa jadi ini penyebabnya?
Ketika bunglon betina anda tidak makan selama beberapa hari, tentu akan membuat hati anda sebagai pemiliknya cemas. Salah satu penyebab bunglon tidak mau makan adalah ketika ia sedang ingin bertelur. Biasanya setelah 10 hingga 15 hari melakukan perkimpoian dengan pejantan, bunglon betina menjadi tidak nafsu makan yang artinya ia sudah siap mengeluarkan telurnya.

Bunglon Tidak Mau Makan Karena Ada Telur yang Tertahan

Bunglon betina secara alami hanya mau bertelur pada media tanah. Oleh karena itu, ketika bunglon anda sudah tidak mau makan maka tugas anda adalah memasukkan bak yang berisi tanah ke dalam kandang. Bak tanah ini usahakan memiliki panjang minimal 25 cm, biasanya bila kurang dari itu bunglon menjadi enggan untuk meletakkan telurnya disana. Tanah yang diisikan kedalam bak sebaiknya memiliki kelembapan tinggi serta mengandung pasir didalamnya. Jangan menggunakan tanah lempung karena reptil ini tidak akan menyukainya.

Bunglon betina ketika tidak dibuahi tetap akan bertelur, telur yang dikeluarkan ini sama seperti telur ayam yang tidak dibuahi. Telur tersebut tidak bisa menetas menjadi anakan bunglon. Akan tetapi, jika tidak disediakan tempat untuk bertelur maka si bunglon betina ini akan mogok makan selama ia masih menyimpan telur didalam tubuhnya. Akibat mogok makan ini bisa fatal, karena tak jarang bunglon menjadi mati karena sang pemilik tidak peka bahwa sebabnya adalah karena ada telur yang belum dikeluarkan. Kejadian ini seringkali terjadi, khususnya bagi para pemelihara pemula.

Jika reptil betina peliharaan anda tidak mau makan seperti ini, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memasukkan wadah untuk bertelur. Siapa tahu sebab si reptil tidak mau makan karena ada telur yang tertahan di dalam perutnya sehingga menyebabkan ia menjadi tidak nafsu makan.

Bunglon Ternyata Ada yang Mengandung Bayinya

Selain melakukan bertelur, sebenarnya ada lho bunglon yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Bunglon Jackson misalnya, induk betina akan mengandung selama 5 bulan baru setelah itu anakan akan dilahirkannya. Dalam sekali mengandung, si reptil betina ini dapat mengandung hingga berjumlah 30 ekor lho. Sungguh luar biasa ya pejuangan si ibu bunglon ini.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di