CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f56d34f28c991678b72a63d/pemanfaatan-pekarangan-dengan-tanaman-selada-kemangi-dan-tanaman-apotek-hidup

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Mau lalapan tinggal petik
Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Penggemar lalapan sini merapat. Hai apa kabar Agan sista semuannya semoga tetap sehat dan selalu bahagia.

Jumpa kembali di Thread Ane yang akan ngebahas tentang tanaman di sekitar rumah yang bisa dijadikan lalapan, juga bisa dijadikan obat-obatan serta bumbu dapur.

Siapa nih yang suka makan pakai lalapan, kalau ane sih suka banget, makan ikan bakar, ikan goreng, ayam goreng nggak mantap kalau nggak ada lalapannya.

Lalapannya yang masih seger tentunya, yup tinggal petik aja di pekarangan rumah, mau lalapan kemangi atau selada ada, tinggal maunya yang mana.

1. Selada

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Lalapan ini favorit ane banget, colek dengan sambal trasi wow mantapnya.
Bagaimana cara menanam selada ini.
Karena Ane tinggal di desa yang udaranya masih sejuk, dan airnya cukup mudah, maka menanam tanaman ini tidaklah sulit.

Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama-tama, kita letakkan dua benih atau biji selada di lubang yang telah dibuat pada masing-masing pot atau polybag.

Kemudian timbun biji dengan campuran tanah dan pupuk. (Untuk pupuk Ane gunakan pupuk kandang, tinggal minta deh ke tetangga atau saudara yang punya kambing disini lumayan banyak yang ternak kambing jadi urusan pupuk tidaklah sulit )

Sesudah itu kita padatkan tanah dengan menepuk-nepuk secara perlahan. Kemudia jangan lupa untuk menyiiram dengan air secukupnya, lakukanlah dengan lembut agar tidak melukai biji di dalam tanah ya Gan Sist.


Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


2. Kemangi

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Ini juga lalapan favorit Ane, eh kok semuanya favorit ya. Itu sih karena Ane emang hobby makan pake lalapan. Menanam kemangi ini tidaklah sulit Gan Sist, kita cukup mengambil bijinya lalu sebar aja di polybag atau pot yang sudah diberi tanah tentunya. Mudah banget, entar kalau dah tumbuh baru deh kita pisahin.
Makan dengan lalapan daun kemangi juga mak nyusss!

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


3. Jahe

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Selain lalapan Ane nanam jahe juga Gan Sis, untuk menanam jahe juga nggak sulit. Beli aja beberapa rimpang jahe kemudian ditanam di polybag atau pot, jangang lupa siram dengan air pagi dan sore hari. Bisa buat bumbu dapur dan wedang jahe tentunya.

4. Kencur

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Selain itu ada juga kencur yang untuk tambahan bumbu membuat urap, seblak, juga bisa buat jamu beras kencur. Menanamnya juga seperti jahe.

5. Serai

Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Selada, Kemangi dan Tanaman Apotek Hidup


Ada juga serai, serai ini selain untuk bumbu dapur juga, bisa dijadikan obat pegal-pegal, dan minuman campuran alang-alang.

Nah itulah pemanfaatan pekarangan selain ditanami apotek hidup juga tanaman untuk lalapan. Sekian Thread dari Ane semoga bermanfaat.


Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 2
Siapa yang suka lalapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mau buat wedang jahe juga oke
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah lengkap ya Bun, kalo mau pake masak atau lalap tinggal petik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu kemangi sama selada lalapan favorit ane juga bundemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
gan, kalo nanem di ember cat perlu dikasih lubang kaya polybag ngga sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane suka lalapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Banget sist, apalagi pake sambel terasi, eummm, mantabz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 5 lainnya memberi reputasi
Lengkap banget bun, keren nih, coba dekat aku pasti minta meluluemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-excitedemoticon-excited
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Emangnya generasi milenial jjaman now tahu apa itu toga? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane suka lalapan, asal jangan pahit. Anti dah ama yg pahit2 macem pare.

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah lengkapnya tanaman sayuran lalapnya. Keren, Sist.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Senangnya kalo masih ada lahan bisa ditanami beebagai macam tanaman. Di tempat aku udah sempit lahannya tinggal buat nanam bunga ajah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
bruntunglah yg punya lahan bisa buat nanem dan kena matahari... emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah ide bagus nih sist.. kebetulan ane lagi pengen bercocok tanam.. lagi mulai nanam bunga sih, tapi kayanya nanam tanaman lalapan seperti selada dan kemangi serta kencur dan jahe bagus juga, bermanfaat untuk tubuh.. apalagi ane juga suka makan sambal dan ikan pakai lalapan.. dan tiap malam ane sekeluarga ngunyah kencur + garam untuk menjaga kesehatan tubuh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wuih, selada keriting, ane setiap nanem biji kemangi kenapa nggak bs tumbuh, bun??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak buat tanaman toga gans kalau memang ada lahan kosongnya. Ane diperumahan juga gitu dibelakang ada fasum yang tidak terurus. Rasanya sayang kalau tidak dimanfaatkan untuk kepentingan bersama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waaah enaknya ya klo tinggal petik tanaman sendiri. Klo ane punya tanaman sereh biasa, sereh merah.jahe merah baru nanam, jagung, kacang tanah dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
selada kirain aku, bisa tanam juga langsung gak dari biji. kemanginya subur, kalau nanam di tanah bagus Bun. Aku nanam di tanah
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Rainbow555 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mantap nih apotek hidup bisa hemat belanja
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane nanem jahe sama kencur,, sama binahong sama sirih
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di