CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3d25d468cc952753625dd2/inilah-alasan-mengapa-anak-sulung-lebih-cerdas-dibandingkan-adik-adiknya

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
Gigi and Bella Hadid (photo-abcnews.com) 

Gan, sist; siapa disini yang lahir sebagai anak sulung alias anak pertama?
Bagi yang lahir sebagai anak pertama, banyak suka dukanya ya gan, sist.
Ada yang bilang jadi anak pertama itu enak karena "lebih berkuasa" dibandingkan adik-adiknya, tapi ada juga yang merasa kalau jadi anak pertama itu bebannya beratttttttttt banget.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

FYI gan, sist; TS juga anak pertama dan satu-satunya anek cewek di keluarga ane. Kalau menurut TS sih jadi anak pertama itu......beratt, hehehehe. Apalagi sejak kecil ane selalu diwanti-wanti bapak ibu ane agar bisa jadi "rambatan" alias contoh dan penyokong buat adek-adek ane. 
Mungkin karena itu yang bikin ane jadi sosok yang keras dan galak. Tapi sebenarnya ane sih cukup care sama saudara-saudara ane emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment.  Kalau menurut ane sih jadi anak pertama itu memegang tanggung jawab yang cukup gede dan berat. Disini ane ga bermaksud untuk mengesampingkan posisi anak-anak yang lahir setelah kakaknya ya gan sist. Sejatinya setiap anak memang memegang peran dan tanggung jawab masing-masing terlepas urutan kelahirannya.

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

the sibling (photo-huffpost.com)

Tapi meski begitu ada loh kelebihan anak sulung yang bisa bikin agan dan sist bangga. Ini karena menurut penelitian, anak sulung alias mereka yang lahir pertama disebut memiliki keerdasaan lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya. Bahkan ada yang bilang kalau anak sulung itu bisa lebih kaya dan suksesdibandingkan adik-adiknya (sudah ada yang buktiin belum nih gan, sist?)
BTW seperti yang ane singgung diatas, ada peneliti yang menyebut anak pertana alias sulung punya kecerdasan diatas adik-adiknya. Artinya ya kata para ilmuwan ini para anak sulungitu lebih cerdas dibandingkan saudara-saudara. Emang apa sih alasannya? Nih cekidot!
1. Orangtua cenderung lebih keras dan tegas pada anak pertama mereka

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Parents teach their kid (photo-bestlifeonline.com)

Ga dipungkiri sih anak yang lahir pertama pasti menjadi anugerah istimewa untuk orangtuanya. Pasti disayangggg banget awalnya, karena orangtua baru punya anak satu itu aja. Tapi saat si adik lahir, semua berubah gan, sist. Orangtua akan jadi lebih tegas dan keras pada anak pertama mereka, terutama urusan belajar dan sekolah. Bahkan ane pernah denger ada bapak yang ngomong ke anak sulungnya kek gini "Bapak kerja keras buat sekolahin kamu sampia tinggi, jangan disia-siain. Nanti kalau kamu udah kerja gantian sama bapak jadi yang ngurusin adikmu". Jadi intinya orangtua memang lebih tegas ke anak sulung soal urusan sekolah, tapi...ketegasan mereka semakin menurun seiiring dengan lahirnya anak-anak yang lain. Jadi ya orangtua emang jadi lebih longgar soal urusan belajar, seiring denga kelahiran anak-anak mereka yang lain.
2. Anak sulung cenderung ambisius

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Taylor Swift and her yougger brother, Austin Swift (photo-eonline.com)

Dari yang ane baca di sumber, anak sulung terutama perempuan itu cenderung lebih sukses dibandingkan dengan adik-adik mereka (bener dah ane minta FR dai sista yang anak sulungemoticon-Peaceemoticon-Peaceemoticon-Peace). Alasannya, anak sulung itu lebih ambisius dan kompetitif. Sejak kecil mereka udah biasa berebut perhatian dengan adik-adiknya, tapi kemudian mereka sadar bahwa orangtua tentu ga bisa ngasih perhatian full ke mereka. Jadinya ya anak sulung ini lebih bisa fokus pada diri mereka sendiri. Ambisius dan komeptitif dalam belajar membuat anak sulung katanya lebih cerdas dibandingkan adiknya.
3. Orangtua lebih sering ngasih mainan edukatif buat si sulung

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Dad read for his son (photo-broccas.com)

Sejak kecil ane seneng banget baca. Dan kebetulan bapak ane itu guru, makanya ane kerap dibawain buku-buku cerita. Tapi hal itu berubah saat ade ane lahir. Bapak ane semakin jarang bawain buku cerita buat adik-adik ane. Intinya begini, orangtua itu lebih sering ngasih mainan edukatif buat anak sulung mereka. Tujuannya? Ya biar si anak pinter dan pengetahuannya bertambah. Kadang bahkan ada yang dibacain buku cerita sebelum tidur. Tapi untuk anak kedua dan seterusnya? Well orangtua juga semakin santai dan berpengalaman, jadi mereka berfikir bisa lebih santai mengurus anak-anak mereka selanjutnya.
4. Saat pertama kali hamil, ibu lebih memperhatikan gizi yang mereka konsumsi

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Nicky Minaj first pregnancy (photo-metahumanentertainment.com)

Bukan maksud ane buat ngomong kalau si ibu sembrono saat hamil anak kedua dan selanjutnya ya gan. Tapi dari sumber yang ane kutip, saat pertama kali hamil seorang ibu pasti lebih hati-hati menjaga janin mereka. Makanan bergizi penuh nutrisi mereka konsumsi, karena ya baru pertama kali hamil pasti ngerasa cemas dan takut kandungannya kenapa-napa. Makanya mereka lebih memperhatikan gizi banget. Tapi kehamilan kedua dan selajutnya, ibu jadi lebih santai dan berpengalaman. Mereka tahu ga semua makanan harus dimakan atau dihindari selama hamil. Kesimpulannya kalau menurut sumber yang ane kutip, hal ini membuat si anak sulung yang sudah dapat asupan gizi bagus selama sang mama hamil otaknya jadi lebih berkembang dan lebih cerdas dibandingkan adiknya.



Jadi gimana sekarang gan, sist? Bangga ga jadi anak pertama apa masihs ebel aja karena harus berbagi kasih sayang sama adik-adik kalian? Sebenarnya setiap anak punya kelebihan masing-masing kok gan sist. Dan urutan kelahiran ga selamanya menentukan kecerdasan dan kualitas seseorang. Jadi gimana nih pendapat agan dan sist yang lahir sebagai si sulung?
"You can only have one first born child. You may love all your children deeply and with passion, but there is something unique about the first born".-Raymond E. Feist-
emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk



 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Anak sulung jadi eksperimen cara ngasuh anak oleh orang tua emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
online.addict dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ah elaah... gw anak ke3 cuy...sedih baca thread ente! emoticon-Bata (S)

#BATA#
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bodrexsyrup dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gw anak sulung cowo satu2nya.

Berat lahir gw malah terendah dibanding ade2 gw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reynal88 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
gak juga. tergantung orangtua sih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ysury dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mitos belaka.

Ada juga anak tengah lebih sukses drpd kakak dan adiknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ysury dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalo pinter adeknya malu gan wkwk
profile-picture
profile-picture
Drajudge13 dan AtkaHasena memberi reputasi
ada benernya sih.. abang ane yang nomer satu emang paling cerdas secara akademik hehehe emoticon-Jempol

tapi tiap anak punya kecerdasan/kelebihan di bidang masing-masing sih, entah lahir pertama, kedua, ketiga, dst emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nolaby29 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
adik bontot ane malah paling pintaremoticon-Ngakak
tapi malas sekolah makanya home schooling smanya tapi dia pintar banget, jarang belajar tapi ranking
kalo ada ulangan mendadak dia dapat nilai 8/9 pas sd/smp karena dia mendengar penjelasan guru dgn baik
IQnya 130an

sekarang udah kuliah

BATA!emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chumiganteng dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh red.bezos
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gak juga tergantung orang tua & anaknya sendiri kalau menurut ane berdasarkan kenyataan yang sering dijumpai
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan turkusuma memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane setuju sama semua poin yg disampein sama ts. Ane juga anak sulung. Emang berat jadi anak pertama, tapi rasanya puas bgt kalo bisa bantu ortu dan adik2. Ambisius bener bgt. Dan emang di antara saudara ane bisa dibilang ane yg paling cerdas, walaupun semua anak pasti punya kelebihan masing2.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
nyoooh.... bangga jadi anak sulung dengan kelebihan & kekurangannya
hehehhe
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
Hooh nihhh
Ane ga sepaham gan.
Nomor 1 bener banget gan 😁, dulu waktu ndidik kakak ane sama ane beda banget caranya 😂
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane ank sulung dn paling kuntet dibanding adek adek gueeh... kadang pengen nangis sendiri jdi kakak gk ada wibawanya.. ya bisa dibilang dulu sih malnutrisi krna gk sanggup beli susu. Dibanding adek adek gueeh yg idupnya udah enak sejak bayi. Ya efeknya kepertumbuhan. Ane yg paling kuntet dibanding adek" gueh.. emoticon-Ngakak
So happy aja sih.. sing penting seger waras akeh rejekine. Amin gusti. emoticon-Nyepi
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane anak pertama dan satu satunya alias anak tunggal emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan fitriasarina memberi reputasi
Diubah oleh mine388
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
iya deh kayaknya kalo udh anak ke2 dst treatnya bedaa
Ah kata siapa, ane gak gitu tuh haha mgkn lbh banyak pengalaman karena lahir lebih dulu, iya
profile-picture
shotgunBlues memberi reputasi
Aku pun anak sulung, gan 😁
profile-picture
shotgunBlues memberi reputasi
trueeeee anak sulung knp lebih ambis jg yaa? tuntutan idup kayanya deh krn hrs jd role model buat adik adik, tanggung jwbnya gede bgt. ngeliat kakak ane bnr2 se berjuang itu buat keluarga, susah payah jd role model, ane kayanya gabakalan sanggup deh jd kakak ane
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di