CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / Buat Latihan Posting /
5 Hal Unik Dalam Permainan Sepakbola Api
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3a07f1e83c72779e4f3f7f/5-hal-unik-dalam-permainan-sepakbola-api

5 Hal Unik Dalam Permainan Sepakbola Api


5 Hal Unik Dalam Permainan Sepakbola Api

Indonesia memang beragam, secara budaya, bahasa, bahkan hal-hal tradisionalnya, termasuk juga olahraga tradisional.

Disini saya akan membahas tentang salah satu olahraga permainan tradisional yang beberapa tahun lalu membuat pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo kagum pada saat itu di tayangan iklan.

Permainan tradisional tersebut yaitu, sepakbola api. Permainan sepakbola yang tak biasa, karena ada apinya. Namun jika kita melihat permainan sepakbola api, ada 5 hal unik didalamnya.

Berikut 5 hal unik dalam permainan sepakbola api:
1. Bola yang tak seperti biasa
Bola pada sepakbola, umumnya terbuat dari bahan yang empuk, nyaman ketika ditendang, ditangkap, ataupun dilempar. Namun tidak demikian dalam permainan sepakbola api.

Bola pada permainan ini, terbuat dari batok kelapa yang dikeringkan, dan direndam pada minyak tanah/minyak kelapa, hingga minyak tersebut meresap ke daĺam pori-pori kelapa yang membuat api bisa berkobar selama permainan.

Hal itula menjadi salah satu sisi menarik dan membuat kagum kita yang melihat pada permainan ini, yaitu bola ada apinya, dan dimainkan...gimana, hebat dan kreatif kan orang indonesia....

2. Teknik dasar dalam permainan
Pada permainan sepakbola, kita mengenal berbagai teknik dasar untuk menunjang permainan hingga menjadi efektif serta efisien dalam terciptanya goal.

Seperti teknik dasar mengoper jarak pendek/passing, teknik lemparan, teknik menyundul, serta teknik lainnya. Namun, pada permainan sepakbola api, teknik yang digunakan cukup unik, yaitu hanya tentang menggiring bola, dan menendang bola tersebut.

Yang lebih penting, teknik tersebut bisa meminimalisir rasa panas pada kaki saat kontak dengan bola, seru kan.....

3. Peraturan permainan/law of the game
Tahukah kalian peraturan permainan pada sepakbola api??
Tidak seperti cabang olahraga lain, peraturan permainan telah ditetapkan oleh suatu organisasi yang menaungi cabang olahraga tersebut.

Nah, pada sepakbola api peraturan-peraturan saat permainan ini dimainkan, hanya sebatas kesepakatan yang akan bermain, tidak ada aturan khusus seperti ukuran lapangan, gawang, lama permainan, dan aturan baku lainnya.

Kita memainkan permainan ini, yang penting tidak merugikan atau menyebabkan orang lain cedera, dan keseruan permainan bisa kita nikmati, juga bagi penonton yang melihatnya...

Adakah aturan lain yang kalian tahu tentang permainan unik ini?

4. Adanya ritual khusus
Bagi sebagian wilayah di indonesia untuk bisa memainkan permainan ini harus ada ritual khusus terlebih dahulu agar tidak terluka/cedera.

Namun, bagi sebagian orang tentang bagaiman caranya saat menggiring dan menendang bola bagaimana caranya agar tidak membakar kulit bahkan bulu kaki.

Tapi terkait hal ini sepertinya, kembali pada diri masing-masing orang tanpa harus diperdebatkan, intinya kita bisa merasakan keseruan permainan yang dapat membuat bule kagum gan....benar kah?

5. Terdapat manfaat dan filosofi
Setiap permainan dalam olahraga, tentunya memiliki manfaat dan filosofi di dalamnya, begitu juga dalam permainan sepakbola api.

Filosofi tentang rasa yakin misalnya, yah yakin aja saat kita memainkan permainan ini kaki tidak terbakar. Bahkan filosofi lainnya, bisa kalian tambahkan pada kolom komentar ya gan.....

Mengenai manfaat, selain menyehatkan karena selama permainan tubuh kita selalu bergerak, tentunya ada rasa senang karena sudah memainkan permainan yang unik bahkan khas ini...

Gimana gan, apakah cukup dengan 5 hal unik ini, atau ada hal lain yang agan-agan ketahui tentang permainan ini? Yuk gan, kita sharing disini...
Sebgai bentuk rasa kagum akan permainan khas indonesia ini..
Merdeka indonesia, kaya negerinya, hebat ramah tamah masyarakatnya....

Love you indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di