Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizuki77Avatar border
TS
rizuki77
lomba hias kelas tema kemerdekaan saat masih putih abu-abu
lomba hias kelas tema kemerdekaan saat masih putih abu-abu    
      17 Agustus tahun 1945, hari dimana negara Indonesia dilahirkan dan berdiri diatas dunia ini. Para pejuang bersusah payah untuk membangun bangsa ini agar dapat meraih kemerdekaan. Kita sebagai generasi penerus bangsa tugas kita ialah untuk selalu menjaga kemerdekaan Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Sebentar lagi bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Terdapat hal-hal yang menjadi agenda wajib pada umumnya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia seperti: Mengibarkan bendera merah putih di sepanjang jalan dan rumah, upacara bendera baik dari tingkat kecamatan hingga nasional, dan semarak lomba 17 agustus-an contohnya panjat pinang.

lomba hias kelas tema kemerdekaan saat masih putih abu-abu

 Sumber:https://pixabay.com/photos/flag-indonesian-flag-857988/

            Sekitar tiga tahun yang lalu saat masih memakai seragam putih abu-abu, Osis di sekolah mengadakan event 17 agustusan. Berbagai lomba diadakan mulai dari lomba balap karung, lomba lari, lomba bawa sedotan, lomba daster ball( khusus para cowok wajib pake daster) hingga lomba hias kelas tema kemerdekaan. Dari sekian banyak rangkaian lomba yang diadakan tidak semuanya aku ikuti, tetapi kebetulan aku ketua kelas, aku lebih fokus pada lomba hias lokal karena butuh banyak keperluan untuk menghias. Pengalaman yang paling berkesan ialah saat lomba hias kelas, dari kelas 10 sampai kelas 12 semua bersemangat untuk menghias lokalnya masing-masing. Bahkan kami sampai maghrib hias lokal karena besoknya akan dinilai oleh juri dan akan dicek ke lokal masing-masing.

            Kelasku kebetulan kelas 12 ips 3 jadi kami anggota kelas ingin membuat kelas kami beda dari kelas yang lain. Kami putuskan untuk permak dan mempercantik kelas agar sesuai dengan tema kemerdekaan 17 agustus. Hal-hal yang kami rencanakan ialah

1. Mengecat ulang lokal dengan warna merah putih.

2. membeli gantungan untuk mempercantik lokal dan agar terlihat menarik.

3. Karena penilaian tidak hanya dari segi penampilan tapi juga ada nilai kebersihan dan lingkungannya, seperti adanya tong sampah organik dan anorganik serta tanaman penyejuk ruangan.

4. Menghias taman depan kelas yang menjadi penilaian tambahan.

            Berbagai persiapan telah kami rencanakan dengan matang. Tinggal  berapa dana yang dibutuhkan hingga apa saja yang akan dibeli untuk menghias lokal dengan tema kemerdekaan. Peralatan yang perlu dibeli ialah:

             1. Kuas cat dengan catnya sekali yaitu merah, putih, dan hitam

             2. Pernak-pernik gantungan untuk mempercantik kelas

          3. Jangan  lupa konsumsi agar kuat dan semangat dalam menghias kelas ( wajib satu bungkus nasi padang)

            Setelah semua peralatan lengkap saatnya kami menghias kelas. Masing-masing kelas saling bahu membahu untuk mempercantik kelasnya masing-masing dan tak mau ketinggalan. Oh iya, lomba ini diadakan pertingkat kelas yaitu kelas 10 ipa ips, kelas 11 ipa ips, dan kelas 12 ipa ips.Semua siswa sangat antusias datang beramai-ramai ke sekolah untuk menghias kelas. Ada yang bawa pupuk, bunga-bunga an, hiasan kerlap kerlip dan hiasan bendera merah putih.

            Saat itu kebetulan hari minggu dan penilaian akan dilakukan pada hari senen. Kami mulai menghias lokal dari jam 09.00 pagi sampai dengan maghrib. Yang agak ribet ialah mengecat lokal yaitu merah putih dan juga ada sedikit hiasan pada catnya yaitu mengecat dengan bentuk pola memanjang atas bawah merah putih dan ditengah-tengahnya ada tulisan 72 tahun dan Hut RI serta dilengkapi dengan gambar doodle biar sedikit lebih fun. Yah, kami rela berjam-jam di kelas dan meninggalkan rutinitas di rumah agar dapat ikut serta dalam perlombaan ini. Kesan yang dapat diingat saat itu hingga sekarang ialah adanya semangat gotong royong, ikhlas, serta semangat dan saling tolong menolong. Itulah yang dapat terus dipertahankan oleh generasi muda saat ini yaitu semangat gotong royong untuk membangun bangsa ini menjadi yang lebih baik, gotong royong untuk mempertahankan NKRI dari hal-hal yang memunculkan perpecahan.

Walau demikian, kami sangat senang mengikutinya. Tibalah hari pengumuman penilaian lomba hias lokal pada hari senen. Saat selesai upacara bendera osis mengambil alih dan membacakan hasil lomba 17 agustusan dalam rangka memperingati Hut RI yang ke 72. Pengumuman pertama yaitu hasil lomba balap karung, lomba sedotan, lomba lari, lomba daster ball dan yang terakhir lomba hias lokal. Tibalah pembacaan hasil lomba hias lokal dan kelas kami di tingkat kelas 12 meraih harapan 1 atau peringkat ke empat juara 1,2, dan 3 diraih oleh kelas ipa. Ya, walaupun tidak sebagai juara pertama kami cukup bangga dan senang karena diantara kelas ips kami yang juaranya.

            Pengalaman lomba 17 agustus saat masih putih abu-abu, menjadi momen yang tak akan pernah dilupakan. Banyak sekali hal-hal lucu, konyol, fun yang ditinggalkan. Yang paling penting kita sebagai generasi penerus terus saling bahu membahu mempertahankan kemerdekaan dan mengenang jasa-jasa yang telah dilakukan oleh para pejuang untuk meraih kemerdekaan. Selamat hari kemerdekaan Hut RI yang ke 75 tahun semoga semakin jaya indonesia dan maju. Terima kasih....

 

0
472
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan