CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Abon KW di Saat Pandemi Corona, Ya Ayam Serundeng Suwir, Penasaran?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f371bd3b8408803f446c664/abon-kw-di-saat-pandemi-corona-ya-ayam-serundeng-suwir-penasaran

Abon KW di Saat Pandemi Corona, Ya Ayam Serundeng Suwir, Penasaran?

Abon KW di Saat Pandemi Corona, Ya Ayam Serundeng Suwir, Penasaran?


Beraneka masakan ayam dapat kita eksekusi, karena ayam adalah bahan dasar dari kuliner yang nggak akan ada habisnya kalau kita bahas. Siapa nih yang suka makan dengan ayam? Hehehe maksudnya lauk ayam gitu loh.

Hallo Gan Sis apa kabarnya hari ini, moga tetap sehat di tengah pandemi virus Corona. Jangan lupa jaga kebersihan dan kesehatan ya, Okey deh!

Jumpa kembali dengan Kuliner Ane, kali ini Ane ingin ngajak Gan Sis buat mengeksekusi ayam. Untuk olahan ayam kali ini ane ingin membuat Ayam suwir serundeng. Kenapa mesti disuwir, biar seperti abon aja sih, dan untuk anak-anak biar lebih mudah aja cara memakannya. Ini bisa dinamakan abon KW juga sih, daripada mau beli abon mahal hehehehe.

Abon KW di Saat Pandemi Corona, Ya Ayam Serundeng Suwir, Penasaran?


Abon KW di Saat Pandemi Corona, Ya Ayam Serundeng Suwir, Penasaran?



Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam serundeng suwir alias Abon KW adalah sebagai berikut:

- 500 gram ayam
- Separuh butir kelapa
- 2 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas parut
- 1 sendok teh merica
- 2 potong serai
- 2 lembar daun jeruk purut
- 2 ruas jahe
- Setengah sendok teh ketumbar
- Garam, gula merah dan gula pasir secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

- 5 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 ruasKunyit
- 3 butir Kemiri
- Merica, ketumbar dan garam


Cara membuat Ayam suwir serundeng adalah srbagai berikut:

1. Ayam dan semua bahan dan cuci bersih
2. Uleg bumbu sampai halus
3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu hingga harum, masukan daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk purut dan serai,ungkep ayam sampai bumbu meresap dan kuahnya tinggal sedikit.
4. Angkat ayam sisihkan.
5. Goreng ayam sampai kuning kecoklatan.
6. Suwir-suwir ayam kecil-kecil pada saat sudah dingin.
7. Panaskan minyak diwajan dan goreng kelapa hingga garing kecoklatan tiriskan untuk cara praktis, bisa juga sangrai kelapa sampai kuning kecoklatan, membutuhkan cukup waktu kurang lebih tiga puluh menit.
8. Masukan kelapa tadi kedalam sisa kuah beserta ayam dan tambahkan gula merah, aduk-aduk sampai kering, siap untuk dihidangkan.


Abon KW atau ayam serundeng suwir ini, paling pas dihidangkan dengan nasi hangat nih Gan Sis, dan anak-anak pasti suka, nggak hanya anak-anak kita juga suka.

Abon KW di Saat Pandemi Corona, Ya Ayam Serundeng Suwir, Penasaran?


Ayam serundeng suwir ini, bisa tahan berhari-hari lho, asal buatnya sampai kering.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya. Ayo buruan dicoba, daripada pusing mikirin menu apa hari ini. Biar KW yang penting anak-anak suka, dan keluarga juga tentunya.

Okey deh Gan Sis, sampai jumpa di resep kuliner Ane selanjutnya selanjutnya. Selamat mencoba!
Jangan lupa bahagia bersama keluarga tercinta.
Mari masak dengan gembira ...
Bye ... bye ...

Abon KW di Saat Pandemi Corona, Ya Ayam Serundeng Suwir, Penasaran?



Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri


profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Hayuk dicoba enak kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Sepertinya boleh dicoba apalagi kita pagi-pagi buru-buru pergi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wah enak nih, apalagi dibubuhkan pada ketan yang masih anget. Yummy.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waduh ayamnya jadi abon. Ayamnya keras ga bun kalo digoreng dulu. Yang pasti sih gurih karena ada serundeng nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah ini kalau di tempatku bisa buat isi Lemper
ketan yang dibungkus daun pisang.😀
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
- Separuh butir kelapa ?

itu untuk bikin gurih ya?
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Buat laper aja nih emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh felixivan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Quote:


Mirip2 serundeng gitu ya sis

Quote:


Ayoklah dicoba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Uh mantab! Nomnom emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Udah sering bikin ini, lebih seneng dicincang sekalian ayam nya.

Jadi nanti bentuknya jadi kaya serundeng, cuma parutan kelapanya nyatu sama cincangan ayam nya.

Makan nya lauk sambel sama kobis... emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wew abon kawe
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak nih, gan. emoticon-Motret
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
nasi goreng kw ada ga mba

kalau bisa lauknya pakai ikan teri rasa sapi panggang

hmmm feels yumy emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan husnamutia memberi reputasi
Di toples kedap udara tahan berapa bulan, bu sist?
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan husnamutia memberi reputasi
Saat lavar semua jadi enak rasanya
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Rainbow555 memberi reputasi
lumayan keknya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
bikin laper njirrr
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Wow ada Wan Abon
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Hehehe enak tuh

Quote:


Nggak pernah sampai lama juga udah abis, buatnya juga nggak banyak, anak-anak mesti pengen gonta-ganti lauk
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di